Software video editing apa yang terbaik dan terpopuler ?

perangkat lunak video editing

Software video editing adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan editing video sehingga hasil video yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Aplikasi video editing apa yang terbaik dan terpopuler ?

1. AVS Video Editor

AVS Video Editor adalah salah satu aplikasi edit video PC terbaik. Dengan antarmuka yang intuitif, software ini mudah digunakan dan memiliki fitur yang sangat lengkap dan berguna untuk proses editing video dibandingkan Corel VideoStudio dan Adobe Premiere yang harga lisensinya mahal. Nah, kamu bisa menjajal AVS Video Editor sebagai langkah alternatif yang lebih terjangkau.

Aplikasi ini memiliki ukuran file yang terbilang kecil. Namun, fitur yang dihadirkannya tidak kalah lengkap. Salah satu keunggulan software edit video ini adalah penggunaan teknologi video cache sehingga proses penyuntingan video Full-HD dapat berjalan lebih lancar dan cepat. Untuk melakukan penyuntingan, disediakan opsi Timeline yang akan memisahkan penyuntingan antara video, efek, teks, dan audio. Kamu dapat melakukan trimming, pemotongan, serta penggabungan beberapa efek dan menjadikannya sebuah file video utuh. terdapat lebih dari 300 efek video atau transisi.

2. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro tentunya sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Adobe Premiere Pro adalah software edit video terbaik dari yang terbaik, program video editing ini dikembangkan oleh Adobe. Program ini sudah umum digunakan oleh rumah-rumah produksi, televisi, dan praktisi di bidangnya. Buat pemula mungkin melakukan edit video menggunakan Adobe Premiere terasa sangat rumit, namun program ini sebenarnya mudah dipelajari dan dalam waktu singkat kamu dapat mencapai tingkat mahir walaupun sekarang masih pemula dengan latihan tentunya.

Dengan menguasai Adobe Premiere Pro, kamu bisa menyusun video event seperti pernikahan, musik video klip, film, video profil, showreel, dan lainnya secara profesional. Program Adobe Premiere adalah bagian dari Adobe Creative Suite, sebuah rangkaian dari desain grafis, video editing, dan pengembangan aplikasi web yang dibuat oleh Adobe Systems. Premiere Pro mendukung banyak kartu video editing dan plug-in untuk percepatan proses, tambahan mendukung format file, dan video/audio efek.

Berikut merupakan aplikasi video yang terpopuler dan terbaik di kalangan editor:

_

Adobe Premier Pro CC

Aplikasi edit video keluaran Adobe ini tentunya tidak bisa diragukan lagi kualitasnya. Selain memang sangat mengesankan, aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap dan juga dapat diintegrasikan dengan produk keluaran Adobe lainnya seperti Photoshop dan After Effects. Dengan resolusi layar 1280 x 800, 4GB RAM, dan 4GB ruang hard disk sebagai syarat sistemnya, aplikasi ini sekarang sudah banyak digunakan oleh kalangan professional yang bekerja dalam dunia multimedia.

Apple Final Cut Pro X

Jika kamu sudah terbiasa untuk bekerja menggunakan Mac, aplikasi pengedit video keluaran Apple ini tentunya dapat dijadikan pilihan utama. Dengan diintegrasikan dengan Macbook Pro Touch Bar, aplikasi ini tentunya akan semakin modern dan canggih. Bahkan aplikasi ini sudah dapat mendukung hingga 99 video tracks dan audio tracks dalam suatu pengeditan.

Lightworks

Aplikasi edit video yang tidak berbayar alias gratis ini memungkinkan kekuatan aplikasi edit video yang nyata. Namun, software ini bukan tergolong software edit video untuk pemula atau mereka yang hanya melakukannya untuk coba – coba. Kamu mungkin harus menghabiskan waktu ekstra untuk mempelajarinya. Namun, aplikasi ini memungkinkan penggunaan jumlah video tracks dan audio tracks yang tidak terbatas (unlimited).

Corel VideoStudio Pro X10

image

Aplikasi edit video yang berbayar ini memiliki hampir semua fitur editing video yang diperlukan oleh banyak orang. Kamu bisa bekerja dengan lebih mudah dengan menggunakan software ini. Selain itu, aplikasi ini memungkinkanmu untuk membuat video stop motion dan time lapse yang mengagumkan.

AVS Video Editor

Jika kamu membutuhkan software pengedit video yang mudah digunakan, berkualitas professional, dan kaya akan fitur untuk komputer Windows kamu, software ini menjadi jawabannya. Aplikasi ini menonjolkan berbagai fitur utama seperti banyaknya efek yang tersedia, dukungan video Blu-ray, dukungan multibahasa, sampai pada kemampuan untuk berbagai video langsung melalui platform seperti Facebook, Flick, dan MySpace.

Pinnacle Studio Ultimate

Software pengedit video yang berbayar ini bisa dibilang cukup keren, dengan berbagai fitur lengkap yang akan memuaskan penggunanya. Lebih dari 1.800 efek, judul, template, dan transisi dapat kamu jadikan pilihan untuk memperkaya kualitas videomu. Software ini juga sudah banyak digunakan oleh kalangan professional, meskipun juga tidak menutup kemungkinan untuk dapat digunakan oleh kalangan pemula dalam dunia multimedia.

Windows Movie Maker

image

Kamu memiliki tugas sekolah ataupun kuliah untuk mengedit video namun belum pernah mengedit video sebelumnya? Jangan khawatir, Windows Movie Maker dapat dijadikan sebagai pilihan. Kemudahan dalam pengerjaannya pasti akan sangat mudah dimengerti meskipun untuk para pemula sekalipun. Tenang saja, aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan oleh OS Windows, namun juga Linux dan Mac sekalipun.

MAGIX Movie Edit Pro

Aplikasi ini lebih ditujukan untuk pengguna tingkat lanjut yang sudah berpengalaman sebelumnya. Software berbayar ini menggabungkan semua fitur baru dan versi pro dengan pilihan unik dan fitur serta efek terbaik, semua dalam satu paket. Aplikasi ini memungkinkan sebuah pengeditan yang kompleks untuk sebuah projek yang cukup rumit dan professional.

Sony Vegas Movie Studio

Software ini merupakan bentuk penyempurnaan dari Vegas Movie Studio. Sony Vegas Pro memungkinkan kamu untuk menggunakan semua tool dan fitur yang ada pada software pengedit video papan atas lainnya. Fitur unggulan lainnya, aplikasi ini tidak terlalu banyak membutuhkan ruang penyimpanan dan tidak perlu menggunakan memori yang besar di PC ataupun laptopmu.

CyberLink PowerDirector Deluxe

Salah satu software edit video premium lengkap ini cocok digunakan untuk pemula yang menginginkan fitur video yang lengkap dengan berbagai kemudahan dalam penggunaannya. Aplikasi ini didukung oleh fitur – fitur yang membantu pengguna untuk mempelajari dasar – dasar editing video tanpa mengorbankan kebutuhan pengguna yang lebih maju. Aplikasi ini tersedia dalam berbagai versi sesuai kebutuhan pengguna, namun semuanya merupakan aplikasi berbayar.

__

nah itu lah kira-kira aplikasi video terbaik dan terpopuler di kalangan editor, semoga bermanfaat mengenai jawaban yang saya berikan, terimakasih :pray: