Software apa yang sebaiknya dipakai oleh desainer grafis pemula?

desain_grafis

(Kevin Raharjo) #1

Setiap orang pasti memiliki saat memulai belajar sesuatu, sama halnya dengan mempelajari desain grafis.

Apakah software yang paling baik untuk dipelajari desainer grafis pemula?


(Muhamad Rifky) #2

Awal yang bagus untuk design grafis adalah menguasai Photoshop, soalnya saya awalnya mulai dari situ, dan jika kita ingin mencoba software lain, tidak akan terlalu kagok. Photoshop juga karena mudah dan kita bisa lebih bebas berkreasi.


(Bima Satria) #3

Dikutip dari teksnologi.com, ada beberapa software yang cocok digunakan oleh para designer pemula untuk belajar. Diantaranya Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator dan Corel Draw. Kita akan membahas singkat satu per satu.

Adobe Photoshop

Photoshop sudah menjadi standar dalam industri desain grafis saat ini. Banyak kalangan profesional menghasilkan karya editing dan manipulasi foto yang luar biasa dengan bantuan Photoshop tersebut.

Sumber: dhaka.newhorizons.com

Mengganti background, manipulasi foto, membuat antarmuka desain suatu program (user interface), membuat rancangan desain web, gambar 3D, dan masih banyak lagi dapat dilakukan dengan menggunakan Photoshop.

Software Terbaik Alternatif Adobe Photoshop yang Gratis:

  • Gimp
    Gimp sangat populer di kalangan pengguna Linux, terutama karena sifatnya yang gratis dan open source. Namun Gimp tidak hanya tersedia untuk Linux saja, melainkan juga tersedia untuk Windows dan Mac OSX.

    Sumber: gimp.org

  • Krita
    Krita mempunyai antarmuka atau tampilan program yang mirip dengan Adobe Photoshop CC. Krita bisa digunakan untuk mengedit foto, namun lebih difokuskan untuk menggambar. Yang juga menjadi nilai plus Krita adalah bisa digunakan untuk membuat gambar vektor seperti halnya Adobe Ilustrator.


    Sumber: freesmug.org

Adobe Ilustrator

Ilustrator dirancang khusus untuk membuat desain vektor. Kamu bisa membuat logo, karakter animasi, atau apapun itu yang menyangkut ilustrasi desain vektor.

Membuat berbagai bentuk (shape) dari karakter yang akan kamu buat nantinya akan semakin mudah dilakukan dengan bantuan software Adobe Ilustrator tersebut. Asyiknya, kamu akan bisa memadukannya dengan Photoshop untuk mempercantik efek visual, misalnya dalam segi pewarnaan untuk memberi efek-efek warna atau style tertentu.

Sumber: twitter.com/illustrator

Corel Draw

Corel DRAW adalah software desain grafis untuk editing dan membuat gambar vektor seperti halnya Adobe Ilustrator. Bedanya, CorelDRAW dibuat oleh perusahaan Corel Corporation dengan fitur khas mereka sendiri.

CorelDRAW bisa digunakan untuk membuat logo, karakter animasi vektor, membuat brosur, desain kalender, poster, sketsa foto, dan hal-hal yang berkaitan dengan desain vektor lainnya. CorelDraw juga menyediakan template khusus yang memudahkan pengguna untuk membuat desain tertentu sesuai kebutuhan.

Sumber: freeiconspng.com

Sedikit ulasan ini semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. :smile: