Skydiving Great Blue Hole of Belize

Lubang biru adalah sebutan untuk fenomena gua bawah air yang terbentuk dari sinkhole atau lubang runtuhan yang terisi air. Disebut demikian karena jika dilihat dari permukaan lubang berisi air laut tersebut tampak berwarna biru pekat, lebih tua daripada warna biru air laut di sekitarnya. Di dunia ini terdapat banyak sekali fenomena lubang biru.

Menurut para ahli, The Great Blue Hole ini terbentuk 150.000 hingga 15.000 tahun. Lubang biru ini terletak di lepas pantai Belize, sebuah negara kecil di pesisir timur Amerika Tengah. Lubang yang memiliki kedalaman mencapai 108 meter ini berada di dekat pusat Lighthouse Reef, yakni sebuah kumpulan terumbu karang yang membentuk lingkaran atau biasa disebut atoll.

Bagi para penyelam dunia, The Great Blue Hole of Belize dijadikan menjadi spot penyelaman favorit berkat keindahannya. Menyelam di sini, kamu akan dimanjakan dengan ikan warna-warni berenang di antara koralnya. Kamu juga bisa bertemu beberapa jenis udang, anemon, ikan gobi neon, Angelfish, juga Butterflyfish. Jangan kaget apabila melihat beberapa jenis hiu yang melintas. Ada Nurse Shark, Carribean Reef Shark, Blacktip Shark, Bull Shark, juga Hammerhead Shark.

Sumber: