Skill Apa Saja yang Wajib Dimiliki di Era Sekarang?

images (13)

Seiring perkembangan dunia yang telah memasuki era revolusi industri 4.0, pemanfaatan robot atau kecerdasan buatan (AI) sudah sangat lazim digunakan di dunia industri maupun start-up. Dengan ini, saingan para pelamar kerja bukan lagi manusia, tetapi juga robot. Lulusan perguruan tinggi tak menjamin seorang pencari kerja langsung mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan. Di luar sana masih banyak lulusan S1 yang menjadi pengangguran. Agar tetap bisa survive, maka seorang pencari pekerja harus memiliki kemampuan yang tidak akan bisa dilakukan oleh robot/mesin.

Lalu, skill apa saja yang wajib dimiliki dan sangat dibutuhkan oleh perusahaan mana pun di era sekarang?

1 Like

menurutku skill yang wajib dimiliki di era saat ini pastinya kemampuan berbahasa asing, mampu mengolah microsoft, selain itu skill di bidang IT itu juga sangat dibutuhkan. Karena hampir semua perusahaan start up khususnya membutuhkan tenaga kerja lulusan IT.

1 Like

Wah menarik banget topiknya ya, dan memang tidak bisa dipungkiri ya saat ini adalah jamannya digital merajalela, kayaknya kalau ga pake smartphone atau gak memiliki kemampuan digital akan lebih sulit untuk pencarian kerja, berarti skill kemampuan mengolah perangkat dan aplikasi digital salah satu skill yang dibutuhkan oleh banyak instansi saat ini, namun selain itu beberapa skill yang harus dimiliki oleh seseorang untuk merambah dunia kerja antara lain public speaking dan problem solving sih, karena tanpa memiliki skill tersebut terkadang banyak orang yang menilai ‘kurang’ dalam kemampuan komunikasi dan intelektualnya.

1 Like

Menurut saya skill yang harus dimiliki saat ini adalah soft skill yang baik seperti contohnya, public speaking, kepemimpinan, berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan adaptasi yang baik. selain itu juga diperlukan hard skill yang baik juga. jaman sekarang adalah jaman digital, jadi skill digital seperti coding, design, digital marketing saya rasa itu perlu untuk skill yang diperlukan jaman sekarang ini

1 Like

Menurut saya ada beberapa keterampilan yang dibutuhkan oleh generasi milenial di era digital ini yaitu sebisa mungkin menguasai teknologi terkini atau menguasai dunia IT. Selain itu, mampu berbicara bahasa asing, menggunakan perangkat komputer seperti Microsoft Office dan aplikasi desain, public speaking, problem solving, manajemen waktu, team work, dan harus berwawasan luas. Seperti yang dikatakan pak himawat, yang dibutuhkan di era digital ini yaitu soft skill. Karena itu skill" tersebut sangat dibutuhkan.

Dalam web binus menyebutkan bahwa Soft skill adalah kunci. World Economic Forum juga merilis 10 skill yang mutlak dibutuhkan para pekerja untuk bisa menghadapi perubahan pada 2020 dan seterusnya, terutama karena adanya Industri 4.0. Skil tersebut di antaranya pemecahan masalah yang komplek, berpikir kritis, kreativitas, manajemen manusia, berkoordinasi dengan orang lain, kecerdasan emosional, penilaian dan pengambilan keputusan, berorientasi servis, negosiasi, dan fleksibilitas kognitif.

Menariknya, lebih dari setengah skil tersebut merupakan soft skill. Artinya, soft skill menjadi salah satu faktor paling penting untuk dimiliki para pekerja di masa depan, seperti kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain, memecahkan masalah, serta aspek kecerdasan emosional lainnya.

1 Like

Skill yang wajib dimiliki di era sekarang bisa dibagi menjadi dua yaitu hard skill dan soft skill . Hard skill bisa diartikan sebagai kemampuan spesifik dan yang menjadi jobdesc teman-teman sekalian. Di sisi lain, Soft Skill adalah kepribadian, atribut personal, serta kemampuan komunikasi yang dibutuhkan untuk sukses dalam sebuah pekerjaan.

Mungkin disini bisa lebih membahas di daerah soft skill untuk seluruh generasi penerus bangsa ini adalah salah satu faktor yang akan menentukan apakah kita akan sukses atau tidak. Kita harus menguasai soft skill semaksimal mungkin, contohnya : komunikasi, public speaking, relasi, dan lain sebagainya. untuk hard skill harus disesuaikan dengan pekerjaan impian kamu ya teman-teman.

1 Like

Menurut argumentasi saya Skill Apa saja yang Wajib dibutuhkan di Era Sekarang?
World Economic Forum dalam future jobs report tahun 2016, mengkomparasikan 10 skills yang dibutuhkan pada tahun 2015 dan yang dibutuhkan pada tahun 2020. 10 skills yang menjadi pedoman dalam bersaing pada tahun 2021 sebagai puncak revolusi industry 4.0 adalah Complex problem solving, Critical thinking, Creativity, People management, Coordinating with others, Emotional intelligence, Judgement and decision making, Service orientation, Negotiation, dan Cognitive flexibility.

Sepuluh skills ini adalah kemampuan yang seharusnya mampu menjadi acuan untuk membentuk generasi milenial yang mampu terjun dalam pesaingan global di negeri ini. Sebab tanpa sadar, 10 skills ini pula lah yang merepresentasikan kebutuhan pekerjaan di masa depan. Indonesia sebagai negara yang harusnya mampu menghadapi arus globalisasi, sudah sepantasnya untuk mulai mengimplementasikan agar skill ini dapat diimplementasikan di masa depan.

1 Like

Menurut saya, skill yang harus dimiliki diera sekarang ini adalah mampu berbahasa asing dengan fasih karena sebagian prsahan baik BUMN maupun swasta lebih melirik pencari kerja dengan memiliki kemampuan bahasa asing sebagai point’ plus dari daya saing didalam pekerjaan. Selain itu juga dibutuhkan skill analisis, komunikasi yang baik serta mampu mengoperasikan ilmu digital. Sebab diera sekarang yang sangat serba digital mengharuskan kita harus mampu menguasai sub-sub bidang diluar keilmuan kita. Agar nantinya kita memiliki point’ plus yang berbeda dengan pelamar yang lain.