Skill apa saja yang diperlukan untuk menjadi product manager yang handal?

image

Penting bagi product manager untuk mengerti bahwa mereka lah yang menjadi inti dalam menentukan produk pada suatu organisasi. Pengetahuan mereka mencakup informasi mengenai produk, pasar, dan analisis industri. Sumber-sumber tersebut dikumpulkan sekaligus dipertimbangkan untuk keperluan analisis data sehingga dengan bantuan decision making tools, product manager akan bisa menentukan evolusi pada peta produksi kedepan.

Interaksi dengan para board director dan stakeholder perlu dilakukan untuk meyakinkan suksesnya suatu produk. Karena dengan interaksi tersebut, persepsi antar beberapa pihak menjadi searah dan satu tujuan. Kejelasan dan konsistensi tersebut harus tetap dijaga karena posisi sentral mereka sebagai penentu suksesnya produk yang diukur dari persetujuan atasan dan aspirasi pelanggan. Dengan beberapa skill pendukung yang tepat, maka product manager bisa tetap menjaga konsistensinya dalam menghadapi segala permasalahan dan pilihan.

Source: Maddy Kirsch, Marketing of ProductPlan

Ada banyak skill yang perlu dikuasai oleh product manager. Yang paling utama diantaranya adalah skill kritis manajerial.
Beberapa skill kritis tersebut adalah:

-Skill Interpersonal
Product manager terhubung dengan banyak pihak mulai dari pelanggan hingga tim teknis, tim finansial, dan tim pemasaran. Maka dari itu, visi dari seorang product manager harus dikomunikasikan dengan baik. Skill presentasi juga menyertai seorang product manager. Dia memiliki prioritas yang harus dikerjakan. Dan ketika sumber terbatas, dia harus berjuang untuk memenangkan produk bagaimanapun caranya untuk bersaing dengan kompetitor.

-Strategic Thinking
Dimulai dari sebuah pertanyaan mengenai produk dan dilanjutkan dengan memahami kondisi pasar beserta segmentasinya. Kompetisi produk di pasaran sangatlah keras dan product manager harus siap dengan hal itu. Maka product road map membantu timeline dari seorang product manager agar lebih terstruktur. Pada akhirnya, strategi yang telah diformulasikan oleh product manager bermanfaat dalam mengatur aliran kas beserta resikonya.

-Analytical Skills
Skill analisis juga tak kalah penting dengan dua skill diatas. Skill tersebut mengikuti pola pikir strategis untuk membuat keputusan produk menjadi tepat dengan orientasi keuntungan. Maka dari itu, product manager sedikit banyak akan berkutat dalam pengolahan data untuk menciptakan solusi dan strategi bisnis yang tepat.

Sumber: Important Skills for Product Manager Jobs