Situs Panduan Restoran OpenRice Tutup

OpenRice Indonesia merupakan salah satu situs panduan restoran yang resmi hadir di Indonesia pada tahun 2010 silam, OpenRice juga merupakan aplikasi mengenai ulasan restoran pertama di Indonesia, jauh sebelum hadirnya Zomato, Qraved, Pergikuliner, dan Foody di Indonesia.
Kehadiran OpenRice sebagai situs terpercaya untuk rekomendasi restoran dan ulasan diperkuat dengan diluncurkannya OpenSnap pada tahun 2014, sebagai aplikasi mobile sosial berupa album foto pribadi tentang makanan dan restoran favorit pengguna yang bisa dibagikan secara umum. Untuk mencapai target jumlah unduhan OpenSnap sebanyak empat juta unduhan, pada tahun 2014 lalu telah dialokasikan dana sekitar Rp 6.5 miliar untuk keperluan promosi ke delapan negara yang disasar. Hal tersebut membuktikan keseriusan OpenRice untuk menjadi situs panduan dan ulasan restoran unggulan di Indonesia.

Namun menurut DailySocial beredar kabar bahwa situs panduan restoran OpenRice telah menutup kantor perwakilannya di Indonesia pada bulan Mei 2016 silam. Selanjutnya OpenRice Indonesia ini langsung diambil alih kantor pusat OpenRice yang berbasis di Hong Kong. Salah satu penyebab ditutupnya OpenRice Indonesia bisa makin banyaknya layanan serupa, baik buatan lokal hingga asing, yang mengguncang industri restaurant listing di Indonesia seperti Zomato, Qraved, dan Foody. Akan tetapi OpenRice masih beroperasi di beberapa negara seperti China, Jepang, Inggris, dan Thailand.

Setelah saya bandingkan website OpenRice yang di Indonesia dan Hongkon ternyata sebagian besar sama saja. Hanya saja yang membedakan yang di Indonesia tidak ada menu untuk melakukan reservasi. Yang anda katakan, OpenRice di Indonesia kalah bersaing dengan pesaingnya yang ada di Indonesia.
yang menjadi pertanyaan, apa yang membuat OpenRice kalah bersaing dengan kompetitornya sehingga menu reservasi tidak ada pada OpenRice Indonesia??

Menurut saya bahwa OpenRice kurang memunculkan Inovasi, pembaruan, dan ciri khas dari produk OpenRice tersebut. hal tersebut merupakan merupakan kunci keberhasilan dalam persaingan antar sesama produk. Pada intinya produk yang bersaing harus sesuai dengan tren masa kini dan sesuai kebiasaan dari masayarakat yang menggunakannya.

kalau menurut saya, walaupun OpenRice Indonesia kalah dengan kompetitor setidaknya tidak menghilangkan menu reservasi pada websitenya. Berarti OpenRice ini tidak berani mengambil resiko dari dunia bisnis masa sekarang.

Inovasi memang memegang peran kunci dalam dunia startup, untuk itu perlunya ide cemerlang dalam mengembangkan bisnis. Penting untuk mencari pegawai yang memiliki ide inovasi yang beragam guna mengembalikan OpenRice dapat bersaing lagi.

menurut saya seharusnya openrice melakuka inovasi yang belum ada sebelumnya dan beda dari kompetitor" startup yang lain nya supaya bisa bertahan dalam berkompetisi di dunia startup.bila ada inovasi’ yang bersifat menarik pasti masih bisa survive dalam dunia startup di masa kini.