Sistem hidroponik apa yang mudah dibuat dirumah?

image
Dari beberapa sistem hidroponik yang bermacam-macam, sistem WICK menjadi salah satu sistem yang cukup mudah dilakukan oleh pemula ataupun diterapkan dirumah

1 Like

Kelebihan teknik hidroponik wick system adalah:

  • Bahan yag dibutuhkan tergolong sangat murah
  • Bentuknya sangat sederhana, sehingga sangat cocok untuk pemula;
  • Tidak membutuhkan listrik seperti sistem menanam sistem budidaya hidroponik lainnya;
  • Sangat mudah untuk dipindahkan ke sudut manapun.

Kekurangan teknik hidroponik wick system adalah:

  • Tidak bisa menanam terlalu banyak karena akan sulit untuk mengontrol pH air;
  • Sumbu kapiler terbatas menyalurkan nutrisi, sehingga hanya cocok untuk tanaman yang tidak memerlukan banyak air.

Wick (Metode Sumbu)
Wick system adalah metode hidroponik yang menggunakan perantara sumbu antara nutrisi dan media tanam. Cara ini mirip dengan mekanisme kompor, dimana sumbu berfungsi untuk menyerap air. Sumbu yang dipilih adalah yang mempunyai daya kapilaritas tinggi dan tidak cepat lapuk. Sumbu yang dianggap baik digunakan dalam wick system adalah flannel. Boleh dibilang, sistem ini adalah yang paling sederhana karena dapat memanfaatkan botol plastik bekas, kaleng cat bekas, atau styrofoam box bekas.
image
Kelebihan sistem wick adalah tanaman dapat mendapat suplai air dan nutrisi secara terus menerus, biaya pembuatan yang murah, mempermudah perawatan tanaman karena tidak perlu melakukan penyiraman dan tidak tergantung listrik. Namun sistem wick ini juga memiliki kekurangan seperti penyerapan nutrisi oleh tanaman tidak dapat optimal dan tidak semua tanaman tumbuh dengan baik dengan pasokan air konstan.