SIR MARTIN SORRELL : CEO WIRE AND PLASTICS PRODUCTS (WPP)
Martin Sorrell membeli saham di Wire and Plastic Products Plc pada tahun 1985, sebuah perusahaan induk untuk sekelompok perusahaan manufaktur kawat dan plastik yang bisnis utamanya adalah produksi keranjang belanja kawat dan produk kawat dalam negeri. Perusahaan ini telah go public pada tahun 1971. Martin Sorrell menjadi CEO pada tahun 1986 dan mengubah nama perusahaan menjadi WPP Group Plc.
Dengan dukungan direksi lain, pada tahun 1986, WPP melakukan sejumlah akuisisi yang berfokus pada pengembangan kemampuan below-the-line (BTL). Keuntungan WPP meningkat tajam, terlepas dari pinjamannya, dari 1,7 juta pound pra-pajak pada tahun 1986 menjadi £ 40,3 juta pada tahun 1988. Reputasi Sorrell sebagai pengakuisisi yang terampil juga tumbuh, dan WPP terus melakukan akuisisi lainnya. Pada tahun 1988, WPP terdaftar di bursa NASDAQ di New York. Kudeta yang lebih besar terjadi pada tahun 1989, ketika WPP mengakuisisi Grup Ogilvy. Setelah akuisisi WPP ini melampaui Saatchi & Saatchi, grup iklan terbesar saat ini, dalam tagihan di seluruh dunia.
WPP terus melakukan akuisisi. Dalam beberapa tahun terakhir, akuisisi yang paling menonjol adalah 24/7 Real Media di tahun 2007 seharga $ 649 juta dan TNS - akuisisi yang berkepanjangan pada tahun 2008 seharga £ 1.2bn. TNS sedang terintegrasi dalam Kelompok Kantar untuk menciptakan kelompok riset pasar terbesar kedua di dunia. WPP telah menyisihkan £ 100 juta pada tahun 2010 dan 2011 untuk pembelian lebih lanjut.
Jumlah akuisisi WPP dan taruhannya dari tahun 1986 sampai sekarang adalah 315, dan WPP telah mengajukan saham di 176 perusahaan lainnya.
WPP mengalahkan saingan lamanya Omnicom untuk pertama kalinya di tahun 2008 untuk menjadi grup layanan pemasaran terbesar di dunia, serta perusahaan jasa pemasaran yang paling menguntungkan. WPP terdiri dari sejumlah merek yang mencakup iklan, media, informasi dan konsultasi, perawatan kesehatan, hubungan masyarakat, desain dan branding, pemasaran langsung dan hubungan, dan komunikasi khusus. Mereka beroperasi secara individual sebagai merek khas dengan hak mereka sendiri dan ini adalah salah satu kekuatan WPP.
Sir Martin Sorrell adalah salah satu eksekutif kepala FTSE 100 yang paling dikenal. Dia telah menciptakan dari awal perusahaan jasa pemasaran terbesar di dunia dengan penjualan dan keuntungan. Dia sangat dikagumi dan dihormati atas prestasinya.
Sir Martin juga memiliki ketertarikan pada manajemen pendidikan yang sudah lama ada. Di sini, kami mendapat kehormatan untuk mewawancarai Sir Martin Sorrell dan menemukan secara lebih mendalam strategi yang telah dia gunakan untuk menciptakan perusahaan yang sukses.
Sir Martin Sorrel berbagi perspektif tentang tren yang mendefinisikan pasar global dan tindakan anggotanya. Waktu yang ditandai oleh pertumbuhan PDB yang rendah dan inflasi minimal, meningkatnya tekanan biaya, munculnya teknologi yang mengganggu, dan semakin banyak investor aktif, merupakan tantangan unik bagi pemimpin saat ini dan masa depan. Tantangan yang paling signifikan diidentifikasi sebagai pengejaran keseimbangan sambil menghadapi tekanan yang berlawanan. Sorrell menyoroti pentingnya pemimpin untuk menyeimbangkan meningkatnya permintaan akan pengembalian jangka pendek dan pemotongan biaya, di samping meningkatnya kebutuhan bahwa perusahaan mengadopsi perspektif jangka panjang yang lebih berkelanjutan terhadap pertumbuhan, investasi modal, dan penciptaan nilai.
Pada tingkat individu, Sorrell menerjemahkan ini ke dalam kemampuan untuk menyeimbangkan pelaksanaan dan strategi, yaitu bahwa pemimpin yang sukses memiliki kapasitas untuk mengilhami dan mengembangkan visi strategis, tanpa kehilangan rincian teknis yang diperlukan untuk membawa mereka ke hasil. Sir Martin juga berbagi dengan para siswa nilai-nilai kepemimpinan pribadinya yang ditandai dengan kombinasi ketekunan dan kecepatan, penolakan untuk terhalang oleh tantangan, dan keyakinan yang kuat bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Bagi para pemimpin masa depan di antara penonton, wawasan ini sangat berharga dan membawa perasaan baru untuk bergerak maju dalam mengejar perubahan yang berarti, terlepas dari kondisi ekonomi sekarang yang agak tidak pasti.
Jalan Sorrell menuju kepemimpinan dipengaruhi oleh saran yang diberikan kepadanya oleh ayahnya yang menyatakan bahwa
“Anda harus menemukan industri yang Anda sukai, menemukan perusahaan yang Anda sukai, membangun reputasi di perusahaan itu, dan jika pada tahap tertentu, Anda ingin pergi dan memulai sesuatu dengan tujuan Anda sendiri dan lakukanlah itu.”
Sir Martin berpendapat bahwa nasihat ini harus benar untuk semua posisi kepemimpinan yang mengejar saat ini, dengan pemahaman bahwa jalan menuju kepemimpinan tidak singkat dan tidak linier, namun memerlukan sebuah komitmen jangka panjang terhadap penciptaan nilai sambil menghadapi perubahan siklis, hambatan yang muncul, dan tekanan ekonomi yang berlawanan.
Sumber :