Sir Martin Sorrell : CEO Wire and Plastics Products (WPP)

SIR MARTIN SORRELL : CEO WIRE AND PLASTICS PRODUCTS (WPP)

Martin Sorrell membeli saham di Wire and Plastic Products Plc pada tahun 1985, sebuah perusahaan induk untuk sekelompok perusahaan manufaktur kawat dan plastik yang bisnis utamanya adalah produksi keranjang belanja kawat dan produk kawat dalam negeri. Perusahaan ini telah go public pada tahun 1971. Martin Sorrell menjadi CEO pada tahun 1986 dan mengubah nama perusahaan menjadi WPP Group Plc.

Dengan dukungan direksi lain, pada tahun 1986, WPP melakukan sejumlah akuisisi yang berfokus pada pengembangan kemampuan below-the-line (BTL). Keuntungan WPP meningkat tajam, terlepas dari pinjamannya, dari 1,7 juta pound pra-pajak pada tahun 1986 menjadi £ 40,3 juta pada tahun 1988. Reputasi Sorrell sebagai pengakuisisi yang terampil juga tumbuh, dan WPP terus melakukan akuisisi lainnya. Pada tahun 1988, WPP terdaftar di bursa NASDAQ di New York. Kudeta yang lebih besar terjadi pada tahun 1989, ketika WPP mengakuisisi Grup Ogilvy. Setelah akuisisi WPP ini melampaui Saatchi & Saatchi, grup iklan terbesar saat ini, dalam tagihan di seluruh dunia.

WPP terus melakukan akuisisi. Dalam beberapa tahun terakhir, akuisisi yang paling menonjol adalah 24/7 Real Media di tahun 2007 seharga $ 649 juta dan TNS - akuisisi yang berkepanjangan pada tahun 2008 seharga £ 1.2bn. TNS sedang terintegrasi dalam Kelompok Kantar untuk menciptakan kelompok riset pasar terbesar kedua di dunia. WPP telah menyisihkan £ 100 juta pada tahun 2010 dan 2011 untuk pembelian lebih lanjut.

Jumlah akuisisi WPP dan taruhannya dari tahun 1986 sampai sekarang adalah 315, dan WPP telah mengajukan saham di 176 perusahaan lainnya.

WPP mengalahkan saingan lamanya Omnicom untuk pertama kalinya di tahun 2008 untuk menjadi grup layanan pemasaran terbesar di dunia, serta perusahaan jasa pemasaran yang paling menguntungkan. WPP terdiri dari sejumlah merek yang mencakup iklan, media, informasi dan konsultasi, perawatan kesehatan, hubungan masyarakat, desain dan branding, pemasaran langsung dan hubungan, dan komunikasi khusus. Mereka beroperasi secara individual sebagai merek khas dengan hak mereka sendiri dan ini adalah salah satu kekuatan WPP.

Sir Martin Sorrell adalah salah satu eksekutif kepala FTSE 100 yang paling dikenal. Dia telah menciptakan dari awal perusahaan jasa pemasaran terbesar di dunia dengan penjualan dan keuntungan. Dia sangat dikagumi dan dihormati atas prestasinya.

Sir Martin juga memiliki ketertarikan pada manajemen pendidikan yang sudah lama ada. Di sini, kami mendapat kehormatan untuk mewawancarai Sir Martin Sorrell dan menemukan secara lebih mendalam strategi yang telah dia gunakan untuk menciptakan perusahaan yang sukses.

Sir Martin Sorrel berbagi perspektif tentang tren yang mendefinisikan pasar global dan tindakan anggotanya. Waktu yang ditandai oleh pertumbuhan PDB yang rendah dan inflasi minimal, meningkatnya tekanan biaya, munculnya teknologi yang mengganggu, dan semakin banyak investor aktif, merupakan tantangan unik bagi pemimpin saat ini dan masa depan. Tantangan yang paling signifikan diidentifikasi sebagai pengejaran keseimbangan sambil menghadapi tekanan yang berlawanan. Sorrell menyoroti pentingnya pemimpin untuk menyeimbangkan meningkatnya permintaan akan pengembalian jangka pendek dan pemotongan biaya, di samping meningkatnya kebutuhan bahwa perusahaan mengadopsi perspektif jangka panjang yang lebih berkelanjutan terhadap pertumbuhan, investasi modal, dan penciptaan nilai.

Pada tingkat individu, Sorrell menerjemahkan ini ke dalam kemampuan untuk menyeimbangkan pelaksanaan dan strategi, yaitu bahwa pemimpin yang sukses memiliki kapasitas untuk mengilhami dan mengembangkan visi strategis, tanpa kehilangan rincian teknis yang diperlukan untuk membawa mereka ke hasil. Sir Martin juga berbagi dengan para siswa nilai-nilai kepemimpinan pribadinya yang ditandai dengan kombinasi ketekunan dan kecepatan, penolakan untuk terhalang oleh tantangan, dan keyakinan yang kuat bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Bagi para pemimpin masa depan di antara penonton, wawasan ini sangat berharga dan membawa perasaan baru untuk bergerak maju dalam mengejar perubahan yang berarti, terlepas dari kondisi ekonomi sekarang yang agak tidak pasti.

Jalan Sorrell menuju kepemimpinan dipengaruhi oleh saran yang diberikan kepadanya oleh ayahnya yang menyatakan bahwa

“Anda harus menemukan industri yang Anda sukai, menemukan perusahaan yang Anda sukai, membangun reputasi di perusahaan itu, dan jika pada tahap tertentu, Anda ingin pergi dan memulai sesuatu dengan tujuan Anda sendiri dan lakukanlah itu.”

Sir Martin berpendapat bahwa nasihat ini harus benar untuk semua posisi kepemimpinan yang mengejar saat ini, dengan pemahaman bahwa jalan menuju kepemimpinan tidak singkat dan tidak linier, namun memerlukan sebuah komitmen jangka panjang terhadap penciptaan nilai sambil menghadapi perubahan siklis, hambatan yang muncul, dan tekanan ekonomi yang berlawanan.

Sumber :

Martin Sorrell and WPP

Selama lebih dari tiga dekade, Sir Martin Sorrell telah menjalankan WPP - kelompok periklanan terkemuka di dunia yang dibangunnya. Kepala perusahaan periklanan terbesar di dunia memiliki pandangan tentang perubahan dan inovasi. Martin Sorrell memiliki pandangan di Timur Tengah. Dan semua ini melawan tiga dekade perubahan sosial, politik dan ekonomi yang penting. Inilah kemegahan
spektakuler Sorrell. Kepala WPP yang berusia 66 tahun mengawasi operasi di lebih dari 100 negara dan angkatan kerja ribuan orang. Dia adalah seorang penginjil untuk teknologi baru yang membentuk dunia. Dia juga tidak bisa keluar dari mata publik. Sehari setelah Kanselir Inggris dari anggaran Exchequer George Osborne di tahun 2011 mengumumkan garis miring besar untuk pajak perusahaan, Sorrell mengumumkan bahwa dia akan membawa WPP kembali ke Inggris, setelah pindah ke Dublin pada tahun 2008.

Pada Februari Mobile World Congress di Barcelona, ​​Sorrell memberikan sebuah ceramah berjudul ‘The Power of Apps’. Bisnisnya semakin berkisar seputar komunikasi bergerak dan apa yang bisa mereka tawarkan kepada kliennya. WPP mendorong merek yang mapan untuk berinvestasi pada bakat mobile, dan menasihati agen online untuk merangkul ponsel. “Mobile untuk kita adalah bagian dari revolusi online”, katanya.

Dengan jangkauan dan profil globalnya, apakah WPP terlalu besar untuk menjadi inovatif? Argumen Sorrell adalah bahwa Wire and Plastic Products plc sendiri merupakan game changer sejati. Sebuah produsen keranjang belanja Inggris yang diakuisisi oleh Sorrell saat ia casting untuk shell perusahaan yang terdaftar pada tahun 1985, sekarang memiliki merek iklan terkenal seperti JWT, Ogilvy & Mather, Young & Rubicam dan Gray - serta raksasa investasi media GroupM.

Pertemuan dewan WPP yang pertama di China terjadi pada tahun 1989, sekarang negara itu menyumbang sekitar $ 1 miliar bisnis, dan Sorrell menggambarkan rencana lima tahun pemerintahannya sebagai “piagam untuk WPP”. Dia memegang kendali yang ketat, namun dengan cepat menunjukkan bahwa WPP adalah aglomerasi amorf dari 12 perusahaan yang berbeda.

Hal yang menarik adalah apakah seorang inovator seperti Mark Zuckerberg dari Facebook bisa berkembang di perusahaan seperti WPP. “Mark Zuckerberg tidak akan merasa nyaman bekerja di perusahaan manapun - selain pergi ke garasi dan memulai pekerjaannya sendiri”, jawab Sorrell. “Itulah yang saya lakukan pada tahun 1985. Garasi saya adalah Wire and Plastic Products”.

Sejak terjun dalam pekerjaannya sebagai kepala keuangan di Saatchi & Saatchi untuk memulai bisnisnya sendiri pada usia 40, Sorrell telah membangun Wire & Plastic Products - perusahaan shell yang dia gunakan sebagai wahana untuk dominasi global, dan yang masih membuat barang logam sampai hari ini - menjadi bisnis dengan valuasi pasar saham sebesar 22 miliar. Investor telah dihargai
dengan hebat, 1.000 yang diinvestasikan pada awal WPP pada tahun 1985 akan bernilai 63.000 hari ini. Sorrell juga mendapat ganjaran. Dua tahun lalu dia membawa pulang lebih dari 70 juta, salah satu transaksi pembayaran terbesar dalam sejarah perusahaan Inggris, dan selama lima tahun terakhir telah
mengantongi 210m.

WPP mengungkapkan bahwa Sorrell telah membayar 48 juta pada tahun 2016, tahun terakhir dari skema insentif “Leap” yang kontroversial yang terpaksa dipecat. Sebuah kebijakan baru yang membatasi gaji tahunannya sekitar 19m telah disetujui. Martin Sorrell, harus mengambil potongan gaji dalam upaya untuk mencegah bentrokan dengan investor mengenai skala remunerasinya. WPP akan mengkonfirmasi pada hari Jumat bahwa Sorrell dianugerahi hampir £ 50 juta tahun lalu, dengan total pembayaran ke pendiri perusahaan periklanan terbesar di dunia itu lebih dari £ 200 juta selama lima tahun terakhir. Pembayaran terakhir akan menjadi yang terakhir dari skema Leap kontroversial WPP, yang telah memicu
pemberontakan investor pada pertemuan tahunan perusahaan, dan harus diganti dengan kesepakatan yang kurang menguntungkan yang diharapkan dapat membayar di bawah £ 20 juta setiap tahunnya.

Namun kerusuhan yang berlanjut di antara para pemegang saham membuat perusahaan mengumumkan akan mengurangi pembayaran lebih jauh hingga maksimal lebih dari 13 juta. Hal ini akan membuat dia lebih sesuai dengan teman-temannya. John Wren, chief executive yang paling lama dari grup iklan terbesar kedua di dunia, Omnicom, dibayar 26 juta tahun lalu. Michael Roth, chief executive IPG saingan,
dibayar 18 juta. Namun, 13m tidak akan masuk sampai tahun 2021, saat Sorrell berusia 76 tahun. Hal ini menimbulkan masalah dari apa yang WPP sebut sebagai “gajah suksesi”, yang kini telah menggantikan gaji karena masalah No 1 yang dihadapi perusahaan dan pendirinya.

Sumber :

Sir Martin Sorrell : WPP

CEO perusahaan tersebut menjelaskan bagaimana badan global tersebut menerapkan sumber dayanya untuk terhubung secara efektif dengan klien dan konsumen di seluruh industri dan wilayah geografis.

Sir Martin Sorrell adalah salah satu pemimpin paling abadi di industri yang terkenal dan fokus pada rentang perhatian manusia yang menyusut: layanan periklanan dan pemasaran. Sebagai CEO WPP, dia memimpin perusahaan induk yang memiliki lebih dari 160 perusahaan operasi. Aset WPP mencakup biro iklan ikonik seperti J. Walter Thompson, Ogilvy & Mather, Gray, dan Young & Rubicam; agen media seperti MediaCom, Mindshare, dan MEC; lengan pengelolaan data Kantar (termasuk Millward Brown dan TNS); perusahaan digital seperti Wunderman, VML, Possible, dan AKQA; titans hubungan masyarakat seperti Strategi Burston-Marstellar dan H + K; dan pakaian urusan publik seperti Glover Park Group dan Penn Schoen Berland - belum lagi bisnis operasi, asosiasi, dan investasi lainnya yang dimiliki sepenuhnya.

WPP adalah kerajaan global dengan total tagihan tahun 2015 sebesar £ 47,6 miliar (US 67,5 miliar) dan pendapatan sebesar £ 12,2 miliar ( 17,4 miliar). Perusahaan ini mempekerjakan 190.000 orang yang tersebar di 3.000 kantor di 112 negara. Seperti yang dikatakan tentang Kekaisaran Inggris lama, matahari tidak pernah terbenam di WPP. Operasinya menyentuh setiap bagian industri media global, dan semakin banyak industri lainnya: teknologi, perangkat lunak, ritel. Dan, tidak seperti banyak lainnya di bisnis media, WPP berhasil membukukan pertumbuhan laba yang stabil. Penghasilan per sahamnya naik lebih dari 10 persen di tahun 2015.

Pertumbuhan dan soliditas yang konsisten dari perusahaan ini menjadikannya perusahaa yang terus berputar seperti air dimana beroperasi. Istilah gangguan telah terlalu sering digunakan karena hampir menjadi klise. Tetapi sulit untuk memikirkan industri yang terganggu lebih banyak daripada iklan, pemasaran, branding, dan komunikasi, kotak pasir tempat WPP bermain. Pertimbangkan kemampuan DVR dan teknologi lainnya untuk memblokir dan menyaring iklan; pertumbuhan pergeseran waktu; pengenalan alat ukur baru; dan arus deras konsumen untuk mengakses media di layar ponsel kecil (dan kemudian melakukan pembelian di sana).

BOTHUN: Di PwC Global Entertainment dan Media Outlook, mencoba melihat ke depan untuk melihat tren industri media seperti apa yang akan terjadi selama periode lima tahun dan yang sulit dilakukan. Seperti apa bisnis Anda dalam lima tahun?

SORRELL: Dalam arti ada perubahan kekerasan, dan dalam artian tidak ada. Arahnya tetap sama. Kita akan menjadi bisnis yang lebih terintegrasi. Kita akan menjadi bisnis pasar yang tumbuh lebih cepat, meskipun pasar pertumbuhan cepat tidak secepat dulu.

BOTHUN: Apakah Anda masih menjadi biro iklan? Karena Anda baru-baru ini mengatakan WPP tidak berada dalam bisnis periklanan.

SORRELL: Sudah setengah bisnis kita adalah media dan data. Dan kita akan menjadi bisnis yang lebih digital dan bisnis berbasis data lebih banyak. Tapi saya tidak melihat ada perubahan besar dalam arah dari mana kita telah pergi selama 5, 10, atau 15 tahun terakhir. Digital akan menjadi 40 sampai 45 persen; itu tak terelakkan Data mungkin akan sama, mungkin sedikit lebih besar. Tapi mesin besar WPP adalah media senilai $ 73 miliar yang kita beli setiap tahunnya. Tagihan kami lebih besar dari Google. Jika Anda menambahkannya, terutama data dan media, tiga perempat bisnis kami berasal dari barang-barang yang tidak dikenali Don Draper 30 tahun yang lalu. Kita mungkin tidak akan mengenalinya 15 tahun yang lalu. Selalu sangat sulit untuk mengetahui apa yang akan terjadi ke depan karena sifat persaingan kita berubah.

GROSS: Mengingat lingkungan yang sulit, apa yang Anda lakukan?

SORRELL: Tiga hal. Pertama, Anda perlu memindahkan bisnis tradisional Anda dengan cepat ke dalam ruang digital. Yang kedua adalah mendapatkan merek digital Anda - kami memiliki lima atau enam merek digital besar seperti Wunderman dan Possible and AKQA and VML - untuk bergerak lebih cepat di dalam ruang digital. Yang ketiga adalah [untuk mengatasi] kanibalisasi. Jika Anda tidak makan anak Anda sendiri, orang lain akan melakukannya. Tetapi orang-orang dalam bisnis tradisional tersebut, terlepas dari apakah mereka tahu apa yang terjadi secara digital atau beta-wise atau media-bijaksana, secara emosional terkait dengan bisnis ini. Jadi sangat sulit untuk berubah.

BOTHUN: Selama beberapa tahun terakhir khususnya, Anda telah membeli banyak perusahaan yang merespons gangguan besar di industri ini. Bagaimana Anda menggunakan akuisisi ini untuk mendukung strategi Anda?

SORRELL: Sebagian besar akuisisi, jika tidak semua, kita dicangkokkan ke salah satu dari 11 vertikal kita. Saya tidak ingat akuisisi terakhir yang saya sebut sebagai pelampung bebas, meningkatkan rentang horizontal. Kami biasanya memiliki penghasilan lima tahun. Jadi selama periode lima tahun, kita belajar banyak tentang klien dan orang-orang, yang cukup dalam pikiran kita untuk memastikan bahwa segala sesuatu tidak menyenangkan. Beberapa dari akuisisi tersebut dicangkokkan ke bisnis warisan. Beberapa mendapatkan dicangkokkan ke bisnis digital. Dan ada pula bisnis kanibalisasi murni. Fakta bahwa seseorang bersaing dengan Anda, atau bersaing dengan layanan yang Anda miliki, atau mengancam untuk melumpuhkan Anda, tidak berarti Anda harus mengabaikannya. Apa yang seharusnya Anda lakukan adalah menciptakan inovasi atau investasi Anda sendiri di dalamnya. Jika kita telah berhasil, yang kita miliki, agar tetap hidup (karena semua orang mengatakan bahwa kita akan dibunuh oleh Google, dan kita belum terbunuh), itu karena kita telah melakukan itu.

Pasar layanan periklanan dan pemasaran lebih dari satu triliun dolar, barang baru 500 miliar dolar, dan pasar terus tumbuh dalam 30 tahun yang telah kita saksikan. Jadi, kami mencoba untuk menjaga agar kepala kita tetap di atas air dengan mencoba menemukan, di dunia yang tumbuh 3,5 sampai 4 persen secara nominal.

Sumber:

Martin Sorrell membangun perancang WPP raksasa dari nol, dan baru saja terpilih sebagai MT’s Britain’s Most Admired Leader untuk pertama kalinya. Dengan perceraian yang menyakitkan di belakangnya, pada saat dia tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.

Sir Martin Sorrell senang karena Punch menjadi Pemimpin Paling Dikagumi di Inggris untuk tahun 2012 adalah sebuah pernyataan yang meremehkan. Hal itu perlu memberi tip kepadanya tentang kesuksesannya dan, dengan cara normal, sebuah email dikembalikan beberapa menit dari dinamo berukuran sedang dengan BlackBerry tersibuk di planet ini.

Sorrell menyukai penghargaan dan penghargaan. Dia selalu menikmati prestise yang hadir dengan posisinya, didengarkan dan dihargai. Dalam elemennya yang diwawancarai untuk Saluran 4 Berita di salju yang turun di Davos, Sorrell juga menyukai Radio Disc’s Escape Island Disc - penampilan langka seorang pelaku bisnis di acara terhormat ini - dan dia membebaskan dirinya dengan baik. (Favorit lagu: Chet Baker’s My Funny Valentine Buku Favorit: The Talmud Item mewah: tongkat kriket, bola dan tunggul.) Menjadi salah satu harta nasional kita bersama Stonehenge dan Constable’s The Hay Wain yang cocok untuknya.

Tapi dia jelas bukan peninggalan. Dia sekarang berusia 67 tahun, dengan 27 tahun di WPP di bawah ikat pinggangnya - selama waktu itu berkembang menjadi bisnis marcomm terkemuka di dunia - namun Sorrell tidak kehilangan keunggulan kompetitif sebelumnya. Dia menyaksikan penghargaan MT Leader tahun demi tahun diraih oleh Sir Terry Leahy. Dan dia ingat bahwa pemenangnya pada tahun 2002 adalah Lord Browne. Dia mengikuti hal-hal seperti itu dengan tekun.

image

Selama bertahun-tahun, Sorrell telah membuat banyak musuh di industrinya. David Ogilvy dengan terkenal menganggapnya sebagai ‘omong kosong nakal’. Dan Alain de Pouzilhac, ketua Havas, saingannya dari Prancis, mengatakan tentang Sorrell: "Biasanya orang Prancis yang sombong, tapi saya telah menemukan satu orang yang lebih sombong daripada seluruh bangsa kita. Dia pasti memiliki sedikit orang Prancis di dalam dirinya. Anda memiliki orang baik dan orang jahat dalam hidup, dan menurut saya Sorrell ada di kategori kedua. ’

Beberapa pengusaha Inggris membangun perusahaan seukuran WPP - yang paling banyak diraih sebelum penciptaan mereka menjadi besar dan internasional dalam jangkauannya. Beberapa mungkin keberatan dengan gayanya, tapi Inggris membutuhkan lebih banyak Sorrells, dengan ketekunan dan determinasi membangun kerajaan jangka panjangnya. Meskipun dia memiliki para pengkritiknya, dia juga memiliki pendukung setia setia yang mengagumi kekuatannya yang besar.

"Martin tidak berubah. Dia punya lebih dari itu, "catat seorang rekan yang telah bekerja dengannya selama bertahun-tahun. "Dia tidak pernah menjadi pria iklan klasik. Sebenarnya, dia bukan pria iklan jarak jauh, dan selalu ada hal cinta / kebencian ini dengan industri ini. Dia tidak sentimental dan sepenuhnya fleksibel, tidak pernah membiarkan strategi menghalangi taktik. Anda tidak akan pernah bisa memahaminya sepenuhnya jika Anda tidak memahami pentingnya fakta bahwa dia adalah pendiri bisnis ini. Hal ini membuatnya tidak seperti CEO lainnya. Dalam pikirannya, WPP masih miliknya. Salah satu alasan mengapa suksesi tersebut tidak menjadi masalah baginya adalah karena dia tidak suka banyak berbagi: prestise, kekuasaan, otoritas. ’

Rekan kerja jangka panjang lainnya mengatakan: 'Dia lebih santai dalam dirinya sendiri. Perceraian itu mengerikan, tapi dia langsung menelpon. Istrinya yang baru membuatnya tetap beralasan, meski ia masih bekerja seperti orang gila. Tidak ada yang bisa melakukan pekerjaan seperti dia melakukannya, dan juga tidak tepat bagi mereka untuk melakukannya. Siapa pun yang akhirnya menggantikannya, itu tidak akan menjadi seperti-untuk-seperti. Salah satu hal yang jarang dia terima adalah keahliannya dalam menilai bakat. Dia sangat intuitif tentang di mana bakat sebenarnya ada dalam bisnis. "