Simulasi Tes SBPTN SOSHUM yang tidak diminati

Bagi para pelajar, bank soal merupakan salah satu yang dapat membantu mereka dalam berlatih mengerjakan soal-soal dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian. Bank soal adalah kumpulan dari butir-butir tes. Nmun bank soal tidak hanya mengacu pada sekumpulan soal-soal saja, tetapi juga pada proses pengumpulan soal-soal, pemantauan dan penyimpanannya dengan informasi yang terkait hingga mempermudah pengambilannya untuk merakit soal-soal (Thorndike, 1982)

Dalam dunia pendidikan, startup digital Indonesia patut diacungin jempol karena banyak mengeluarkan produk-produk yang berhasil. Seperti di lansir oleh Tech in Asia, Indonesia merupakan pelopor starup pendidikan di Asia. Tidak dapat dipungkiri jika banyak startup-startup Indonesia dibidang pendidikan yang berhasil.

Namun, ada juga beberapa startup Indonesia khususnya dalam bidang Bank Soal dan simulasi tes yang gagal. Seperti yang dilihat pada playstore pada kategori pendidikan, Simulasi Tes SBPTN SOSHUM hanya didownload oleh 4 orang dan mendapat rating yang sangat rendah. Hal ini dikarenakan software ini merupakan software sampingan dari buku “MEGA BANK SOAL SBMPTN SOSHUM 2017” terbitan Shira Media Group.

1 Like

Menurut saya hal tersebut merupakan kegagalan pasar.
Kegagalan pasar, yaitu ketika pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien; serta menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna. Bidang-bidang penelitian yang penting dalam ekonomi mikro, meliputi pembahasan mengenai keseimbangan umum (general equilibrium), keadaan pasar dalam informasi asimetris, pilihan dalam situasi ketidakpastian, serta berbagai aplikasi ekonomi dari teori permainan. Juga mendapat perhatian ialah pembahasan mengenai elastisitas produk dalam sistem pasar.

Terdapat 6 (enam) faktor penyebab kegagalan pasar yaitu:
a. Kegagalan dari persaingan (failure of competition).
b. Adanya barang publik (public good).
c. Eksternalitas.
Eksternalitas timbul karena tindakan konsumsi atau produksi dari satu pihak mempunyai pengaruh terhadap pihak yang lain dan tidak ada kompensasi yang dibayar oleh pihak yang terkena dampak tersebut.
f. Adanya pengangguran, inflasi, dan ketidakseimbangan (unemployment, and other macroeconomic disturbances).

Source :
Mangkoesoebroto Guritno, 1993, Ekonomi Publik. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.


http://pustaka.ut.ac.id

1 Like

produk sampingan itu maksudnya gimana yas? jadi dia punya produk lain yang sejenis sama produk yang dia buat ini?

1 Like

Bisa jadi untuk produk ini penyebab kegagalan pasar terdapat pada poin pertama, yaitu kegagalan karena persaingan karena aplikasi untuk bank soal sendiri sudah banyak dan cukup berkuaitas.

1 Like

Iya, Nis. Jadi produk iniada bukunya juga gitu dijual dipasaran. Jadi ini produk lain dari penjualan buku itu.

1 Like

Para pengembang harus bisa membuat aplikasinya ‘terlihat’ dulu oleh konsumen. Layaknya menjajakan dagangan, ada strategi tertentu yang dapat diterapkan developer untuk meningkatkan kans aplikasinya dilirik pengguna smartphone dan dipakai secara massal.
Mengutip dari blog resmi Windows (15/01/16), mungkin pengembang bisa menerapkan trik ini :

  • Nama, brand, ikon, dan konten wajib orisinal : Berjubelnya aplikasi di app store pada dasarnya tak cuma membuat para developer pusing karena harus bisa mengalahkan developer lain. User pun kerap merasa kebingungan saat mencari mana aplikasi yang menarik atau benar-benar mereka butuhkan. Nah, di sinilah nama, brand, ikon, hingga konten dari aplikasi Anda selayaknya orisinal. Jangan sampai user dibingungkan dan merasa terjebak.

  • Usahakan aplikasi Anda bisa mendobrak yang sudah ada : Kunci yang bisa dipegang para developer ialah berikan aplikasi yang menonjol dan berbeda. Pasti akan ada saja pengguna smartphone yang berniat mencoba aplikasi yang menawarkan perbedaan dibanding aplikasi yang mereka pakai sekarang. User dari kelompok inilah yang sebenarnya mudah dijaring.

  • Buat satu aplikasi yang sempurna daripada bikin banyak tapi biasa saja : Merilis beberapa aplikasi yang konten, fitur, dan gunanya bisa digantikan oleh satu aplikasi saja adalah hal yang merugikan. Maka dari itu, usahakan untuk menghasilkan satu karya saja tetapi dengan sifat yang paling sempurna ketimbang membuat berbagai macam tetapi tidak lengkap. Sebab, nilai ini bisa memperkaya user experience dari aplikasi tersebut.

  • Paparkan metadata seakurat dan semenarik mungkin : Saat user sedang mengakses toko aplikasi digital, cara terefektif untuk mempengaruhi mereka supaya mau mengunduh aplikasi Anda ialah lewat deskripsi metadata. Maka dari itu, pastikan aplikasi Anda bisa memberikan impresi yang baik dan akurat pada para calon pengguna. Elemen seperti screenshot layak mendapat perhatian lebih. Mengingat gambar bisa mengutarakan ribuan kata, pilihlah konten atau bagian dari aplikasi Anda yang paling spesial. Potongan gambar itu juga sebaiknya bisa menceritakan bagaimana aplikasi Anda bekerja dan memberi manfaat bagi user.

  • Ikuti aturan yang berlaku : Sebelum sebuah aplikasi boleh diunduh oleh user, aplikasi tersebut harus lulus proses sertifikasi dari app store penampungnya. Tahap yang wajib dilalui misalnya pengecekan terhadap virus dan malware.

1 Like

Berati sebelum produk ini di pasarkan bukunya sudah diterbitkan?
Brarti yang memasarkan aplikasi ini percaya dari buku yang di terbitkan bakal bawa kesuksesan aplikasinya?

1 Like