Simplisia apa yang mengandung Alkaloida?

Alkaloid adalah sebuah golongan senyawa basa bernitrogen yang kebanyakan heterosiklik dan terdapat di tumbuhan (tetapi ini tidak mengecualikan senyawa yang berasal dari hewan).

Simplisia apa yang mengandung Alkaloida ?

Beberapa simplisia apa yang mengandung alkaloida antara lain :

1. Golongan Priridin, Piperidin

Dapat dibagi menjadi tiga golongan, yaitu:

a. Turunan piridin

Contohnya adalah lobelina dari Lobeliae Folium (Lobelia inflata). Daun Lobelia dikenal dengan nama Indian tobacco, digunakan daun kering dari tanaman Lobelia inflata Linne (familia Lobeliaceae). Lobelia berasal dari nama botanis Mathias deL’Obel dan inflataadalah nama buah, tanaman ini banyak terdapat di Amerika Serikat dan Canada.

Kandungan utama adalah lobelina, dengan efek farmakologis adalah mirip dengan nikotina dengan efek yang lebih ringan, dan biasanya digunakan untuk mengentikan kecanduan pada rokok.

image
Gambar Struktur kimia Lobelina

b. Turunan Asam Nikotinat

Contohnya adalah Arecae Semen. Merupakan biji buah pinang yang telah masak. Tanaman penghasilnyadalah Areca cathecu familia Palmae, areca adalah bahasa Spanyol dan Portugis yang artinya betel nut (buah pinang), sedangkan cathecu menurut Indian Timur sebagai ekstrak astingent atau juice. Tanaman ini dibudidayakan di Asia Tenggara, India Timur dan beberapa kawasan Afrika Timur.

India adalah negara penghasil buah pinang terbesar, dan sebagian besar dikonsumsi untuk kebutuhan domestik. Negara pengimpor terbesar adalah Amerika Serikat yang mengimpor buah pinang dari Sri Lanka. Buah pinang sering diracik dengan kapur dan sirih (Piper betle) dan juga gambir, campuran ini digunakan sebagai masticatory stimulat bagi masyarakat India maupun Indonesia.

Kandungan utamanya adalah alkaloida piridina, antara lain arekolina, arekaidina, guvasina dan guvakolina. Kandungan alkaloida total 0,45%, dengan aktivitas farmakologis yang menonjol dari arekolina adalah sebagai antelmetik untuk vermisidal maupun cacing pita.

c. Turunan Piridin Dan Pirolidin

Contohnya adalah Nicotinae Folium. Tanaman penghasil adalah Nicotiana tabacum familia Solanaceae, dengan kandungan utamanya adalah nikotina. Kegunaan nikotina digunakan untuk pembuatan permen karet untuk pencadu rokok.

image
Gambar Struktur Kimia Nikotina

2. Golongan Alkaloida Tropan

Tropan adalah disiklik, terbentuk dari hasil kondensasi ornitin (prazat pirolidin) dengan piperidina (dari 3-asetat). Sumber alkaloid tropan adalah beberapa jenis tumbuhan dari suku Solanaceae dan jenis tumbuhan penghasil kokain.

3. Alkaloid Solananaceae

Penamaan alkaloid Solanaceae ini kurang tepat, karena tidak semua alkaloid dari suku Solananceae termasuk ke dalam golongan ini, misal nikotin termasuk golongan piridina- piperidina, tomatidin termasuk golongan steroid alkaloid. Yang termasuk ke dalam alkaloid Solanaceae ini adalah alkaloid turunan tropin dari suku Solanaceae, yaitu hiosiamin, atropin, skopolamin dan atpoatropin dengan stereoisomernya beladonin. Atropin kadang-kadang dapat dihasilkan sebagai artefak. Hiosiamin, atropin dan skopolamin, bersifat antikolinergik dan sangat beracun (makan daun tumbuhan ini dapat menyebabkan keracunan). Contoh simplisia dari Solanaceae adalah:

a. Belladonae Folium, Belladonae Herba, Belladonae Radix

Simplisia ini diperoleh dari tanaman Atropa belladona (familia Solanaceae), dengan kandungan alkloida total tidak kurang dari 0,35%. Atropa berasal dari kata Atropos (bahasa Latin) yang berarti who cut the thread of life, sifat racun dari obat; sedangkan bella artinya beatiful dan dona artinya lady. (Jus dari buah jika diberikan pada mata akan terjadi dilatasi dari pupil, dan akhirnya akan diperoleh striking appeareance ”penglihatan indah”). Tanaman ini tumbuh di Eropa seperti Inggris, Jerman dan di Asia. Perbandingan kandungan alkaloid setiap bagian tanaman adalah: akar (0,6%); kayu (0,05%), daun (0,4%); buah belum masak (0,19%), buah masak (0,21%) dan biji (0,33%).

Kandungan utama alkaloida adalah atropina dan beladonina. Kegunaannya adalah untuk spasmolitikum, antara lain untuk tukak lambung, anti kejang, obat diare. Sediaan farmasi yang ada antara lain:

  1. Tincture Belladona dengan kandungan alkaloida 30 mg/100 ml.
  2. Ekstrak Belladona dengan kandungan alkaloida 1,25 g/100g.

Dosis lazim yang digunakan adalah 0,6-1,0 ml untuk tincture dan 15 mg untuk ekstrak dengan penggunaan 3-4 kali sehari.
image
Gambar Atropina

b. Hyoscyamus Folium

Simpliasia ini diperoleh dari tanaman Hyosyamus niger (Familia Solanaceae), dengan kandungan alkaloida tidak lebih dari 0,04%. Tanaman ini tumbuh di Eropa, Asia, Afrika dan Rusia. Kandungan alkaloida terdiri atas hiosiamina dan skopolamina. Dengan kegunaan atau khasiatnya sebagai parasimpatolitik.

c. Tanaman Famili Solanaceae yang mengandung alkaloida tropan di Indonesia

Beberapa tanaman Indonesia yang mengandung alkaloida tropan adalah Brugmansia suavaolens (Kecubung gunung). Kandungan utamanya adalah skopolamin (hiosin). Daunnya oleh penduduk digunakan sebagai obat asma dalam bentuk rokok. Datura stramonium disebut juga kecubung, tumbuh di kebun-kebun bersama dengan kentang dan palawija lain (di daerah Lembang, Bandung, Jawa Barat). Biji dari kecubung digunakan oleh pencuri untuk membius dengan membakarnya

d. Cocae Folium

Tanaman penghasilnya adalah Erythroxylum coca Lamarck (Famili Erythroxylaceae), dan digunakan simplisia daun. Tanaman dengan dengan tinggi hampir 2 meter, dengan daerah tumbuh sangat yang sangat baik di daerah Amerika Selatan atau Amerika Latin seperti di Colombia, Peru, Bolivia dengan ketinggian sekitar 500- 2000 dpl (diatas permukaan laut); dahulu juga pernah dibudidayakan di pulau Jawa dan di Sri Lanka. Produksi daun koka di Peru dan Bolivia mencapi 50.000 metrik ton.

Daun koka mempunyai tiga kandungan utama, yaitu:

  1. Turunan ekgonin (kokaina, sinamilkokain dan truxillena);
  2. Turunan tropin (tropokain, valerin) dan
  3. Turunan higrin (higrolin dan kuskohigrin). Yang penting dalam perdagangan hanya turunan ekgonin.

Komposisi alkaloid dalam daun berbeda-beda secara kualitatif dan kuantitatif, berdasarkan keadaan umur daun pada waktu di panen.

Alkaloida kokain pertama kali di isolasi pada tahun 1860.Proses produksi kokain dari daun koka dengan cara pembuatan pasta daun, untuk mempermudah transportasi dari ladang ke tempat pengolahan lebih lanjut. Diperlukan lebih dari 100 kg daun kering untuk memperoleh 1 kg pasta.

Cara pembuatan pasta daun adalah daun kering diserbuk dan campur dengan air yang mengandung kalsium karbonat atau air kapur untuk membuat suasana basa dan kemudian dicampur dengan minyak tanah atau bensin dan di-stirer. Kemudian fase minyak dipisahkan, dan ditambah air (suasana asam) kemudian dipisah fase air yang mengandung alkaloida dalam bentuk garamnya. Selanjutnya fase air ditambahkan ammonia sehingga alkaloida akan mengendap dan diperoleh pasta kokain. Pasta kokain ini masih mengandung beberapa jenis alkaloida.

Kokain ini berbentuk serbuk atau kristal putih. Kokaina adalah metil ester dari benzoil- ekgonina. Jika dihirolisis maka akan dihasilkan ekgonin dan asam benzoat. Sinamilkokain jika dihidrolisis akan menjadi ekgonin dan metil alakohol dan asam sinamat dan truxillena jika dihidrolisis akan menjadi ekgonin, metil alkohol dan asam asam truxillik. Kokain memiliki aktivitas lokal anastesi, CNS stimulant dan analgesik.

4. Golongan Alkaloid Kuinolina

Yang termasuk ke dalam golongan alkaloid kuinolina ini adalah alkaloid cinchona dan alkaloid acronychia.

a. Cinchonae Cortex

Tanaman pengahasil adalah Cinchona succirubra, dan spesies lain adalah Cinchona ledgeriana dan Cinchona calisaya (Famili Rubiaceae). Simplisia yang digunakan adalah korteks batang.
Tanaman ini tumbuh di daerah dengan ketinggian 1000-3000 meter dpl. Daerah asal adalah Peru, Ekuador, India dan sebelum perang dunia II pulau Jawa (Indonesia) sebagai pemasok terbesar di dunia sekitar 90%. Perkebunan kina bisanya melakukan penyilangan antara Cinchona ledgeriana dan Cinchona calisaya. Kandungan alkaloida dalam korteks kina hampir terdapat lebih kurang 25 jenis alkaloida, tetapi kadar yang terbesar adalah kinina, kinidina, sinkonina, dan sinkonidina dengan kadar 6 – 7%.

Khasiat kinina dapat digunakan untuk antimalaria, sedangkan kuinidina yang merupakan steroisomer dari kinina digunakan untuk obat jantung–antiaritmia dan kinidina biasanya tersedia dalam bentuk kinidin sulfat dengan dosis 20mg/kg/4- 6 dosis terbagi. Tanaman lain penghasil alkaloida kinolina adalah Remijia purdieana Triana dan Remijia pedunculata Fluckiger (Famili Rubiaceae).

b. Acronychia

Terdiri dari kulit Acronychia baueri Schott (Rutaceae). Pohon 15-20 m, berasal dari New South Wales dan Queensland. Kulit mengandung berbagai macam alkaloid kuinolin, antara lain akronisin yang terhadap hewan telah diketahui sebagai antitumor spektrum luas. Sebenarnya akronisin ini tidak mempunyai struktur yang berhubungan dengan senyawa antitumor lain. Akronisin merupakan N-metilakridon.

5. Golongan Alkaloid Isokuinolin

Alkaloid turunan isokuinolin ini mencakup sejumlah besar alkaloid dan tersebar di berbagai suku tumbuhan. Meskipun alkaloid opium (tebain, kodein, morfin) mempunyai inti fenantren, tetapi sebagian besar alkaloid opium tersebut adalah turunan isokuinolin. Di samping itu, alkaloid fenatren secara biosintesis berasal dari hasil antara benzilisokuinolin, sehingga alkaloid opium ini dapat dimasukkan ke dalam golongan isokuinolin. Contoh simplisia golongan alkaloid isokuinolin adalah:

a. Hydrastis Rhizoma dan Radix

Simplisia tersebut berasal dari rhizoma dan akar dari tanaman Hydratis canadensis Linne (Famili Ranunculaceae). Tanaman ini tumbuh di daerah Amerika Serikat dan kanada. Kandungan utamanya dalah alkaloida hidrastina, berberina dan kanadina – dengan kadar tertinggi adalah kandungan hidrastina dengan kadar 1,5-4,5%. Kegunaannya adalah untuk astrigensia pada inflamasi dari membran mukosa.Pada umumnya kristal alkaloidanya berwarna putih, namun berberina berwarna kuning.

b. Sanguinariae Rhizoma

Simplisia ini sering disebut dengan bloodroot dari rhizoma tanaman Sanguinaria canadensis Linne (Famili Papaveraceae), disebut akar darah karena dari akar tersebut mengandung lateks berwarna orange kemerahan. Kandungan utamanya adalah sanguiranina (1%). Kegunaannya adalah untuk ekspektoran dan emetikum.

c. Curare atau Racun Panah dari Amerika Selatan

Racun panah ini berasal dari batang atau kayu tanaman Strychnos castelnaeni, Strychnos toxifera dan Strychnos crevauxii (Famili Loganiaceae) dan Chondodendrone tomentosum (Famili Menispermaceae). Kandungan utama alkaloidanya adalah tubocurarina, yang merupakan alkaloida tipe kuartener – sehingga sediaan farmasinya biasanya dalam bentuk garam klorida atau bromida. Kegunaannya adalah sebagai muscle relaxant.

d. Opium

Opium adalah simplisia yang berasal dari eksudat atau getah dari buah yang belum masak dari Papaver somniferum(Famili Papaveraceae). Kata opium berasal dari bahasa Yunani opion, artinya poppy juice (jus buah untuk madat/memabukkan) Kata papaver berasal dari bahasa Latin yang berarti poppy (buah untuk madat) dan somniferum berarti menyebabkan tidur. Tanaman Papaver somniferum herba tahunan yang sangat indah dan menarik, dengan bunga yang soliter berwarna pink dan ungu. Memiliki buah jenis kapsul yang mengandung banyak getah pada saat masih muda.

Tanaman ini pertama kali budidayakan di India pada abad ke-15, kemudian pada abad ke-15 dibudidayakan di Iran. Daerah penghasil opium terbesar adalah daerah ”Golden Triangle” Burma, Laos (Myanmar) dan Thailand; kemudian Pakistan, Afganistan, dan Meksiko. Produksi opium di India pada tahun 1985 mencapai 750 metrik ton (750.000kg). Tanaman Papaver somniferum sering disebut dengan buah poppy, biasanya berbunga pada bulan April-Mei dan buahnya akan masak pada bulan Mei–Juni, dan biasanya satu tanaman akan berbuah 5-8 buah kapsula, dengan diameter 4 cm dengan warna hijau kekuningan.

Berikut ini adalah cara pengambilan opium: Buah kapsula yang belum masak ditoreh dengan pisau, biasanya 2-3 torehan dengan posisi melingkar atau vertikal. Pada saat menoreh diharapkan tidak sampai menyayat bagian endocarpiumnya sehingga aliran latek atau getah akan menjadi lambat dan bisa tidak keluar. Getah yang keluar pertama berwarna putih selanjutnya terjadi koagulasi sehingga berubah warna menjadi coklat kehitaman. Setelah dibiarkan satu hari, kemudian getah yang sudah menggumpal pada buah tersebut dikumpulkan dengan menggunakan spatel dari besidan akhirnya diperoleh opium yang dibuat dalam bentuk persegi atau silinder.Kandungan dari opium adalah lebih dari 30 jenis alkaloida, tetapi kandungan utamanya adalahmorfina (4- 21%); kodeina (0,8- 2,5%);

papaverina (0,5- 2,5%); noskapina (4-8%) dan tebaina (0,5-2%). Disamping itu, opium juga mengandung asam mekonat (3-5%), dan akan memberikan warna merah dengan feri kloridasehingga dapat digunakan untuk identifikasi secara kualitatif dari opium. Kegunaan atau khasiat morfina adalah sebagai sedatif-hipnotik dan analgesik yang sangat kuat, kodeina sebagai obat batuk, papaverina sebagai spasmolitikum, sedangkan noskapina dan tebaina sebagai obat batuk.

Untuk meningkatkan aktivas morfina, maka dibuat beberapa turunan atau derivatnya antara lain adalah heroin (diasetil morfina), dengan cara mereaksikan morfin dengan asam asetat anhidrat. Morfin dan turunannya, serta kodein termasuk dalam obat golongan narkotik karena disamping memiliki aktivitas terhadap CNS stimulan juga dapat menyebabkan habituation atau ketagihan. Untuk papaverina, noskapina,dan tebaina tidak termasuk dalam obat golongan narkotika. Sediaan farmasi dari simplisia opium adalah antara lain Pulvis Doveriyang terdiri atas serbuk opium dengan kandungan morfina minimal 10%, ekstrak ipeka dan K2SO4.

e. Ipechae Radix

Simplisia ini dihasilkan dari akar atau rhizoma Cephaelis ipechacuanha atau Chephaelis acuminata (Rubiaceae). Tanaman berasal dari Nikaragua dan Panama. Kandungan utama adalah alkaloida emetine dengan kadar 2 - 2,5%. Kegunaan dari estrak ipeka adalah untuk emetikum, ekspektoran bersama-sama dengan opium, yaitu pada sediaan Pulvis Doveri dan untuk antiamuba.

6. Golongan Alkaloida Indol

Alkaloid indol yang berguna dalam pengobatan, pada umumnya merupakan molekul multisiklik yang agak kompleks. Biosintesis dari alkaloid indol ini berasal dariprazat monoterpenoid, yang memberikan tiga macam alkaloid indol kompleks, yaitu Aspidosperma, Corynathe dan Iboga. Berikut ini merupakan contoh dari berapa obat-obatan penting yang dihasilkan dari alkaloida indol, antara lain adalah:

a. Rauwolfiae Radix

Simplisia ini adalah akar kering dari tanaman Rauwolfia serpentina Linne (famili Apocynaceae). Selain akarnya, batangnya juga mempunyai aktivitas penting untuk kesehatan. Tanaman ini berasal dari India, Burma, Sri Lanka, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia. Tanaman ini tumbuh tegak, dengan tinggi sekitar 1 meter dengan bentuk silindris–dan bergetah. Di Indonesia, tanaman ini disebut dengan Pule pandak (biasanya tumbuh di Gunung Kidul, Jawa Tengah). Kandungan alkaloida total tidak kurang dari 0,15% dengan kandungan utamanya reserpina dan resinamina. Khasiatnya adalah sebagai antihipertensi.

b. Cantharanthi Herba

Simplisia ini terdiri dari seluruh tumbuhan Catharanthus roseus atau Vinca rosea dari Famili Apocynaceae. Tanaman ini tumbuh tegak dan merupakan tanaman yang mudah berbunga, dengan bunga warna putih atau violet. Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan nama tapak doro. Kandungan utamanya adalah vinblastina dan viskristina dengan kegunaannya sebagai antidiabetes dan antikanker (leukemia)

c. Ergot

Ergot atau Secale cornutum adalah simplisia dari sklerosium kering dari jamur Claviceps purpurea (Famili Clavicepitaceae) yang tumbuh pada tumbuhan Secale cereale (Famili Gramineae) secara parisitik atau saprofitik. Ergot ini banyak dibudidayakan di Eropa dan Amerika. Penyebaran sporanya dilakukan oleh angin atau serangga sehingga dapat menempel langsung kepada kepala putik dari bunga gandum. Selanjutnya spora mengeluarkan miselium yang akan menembus putik, kemudian membentuk jaringan padat berwarna ungu dan menjadi keras yang disebut dengan sklerosium, dan sklerosium inilah sebagai sumber alkaloida ergot.

Sejarah keracunan ergot sudah dikenal sejak 600 tahun sebelum Masehi, ketika orang Assyria makan gandum yang terkontaminasi dan mengakibatkan keguguran. Setelah itu, banyak dilaporkan kejadian serupa akibat makan gandum. Baru pada tahun 1670 ditemukan, penyebab keracunannya adalah ergot. Walaupun secara etiologi dan pencegahan keracunan telah diketahui, epidemi keracunan ergot masih sering terjadi di beberapa negara seperti di Rusia, Irlandia dan Perancis.

Sekarang ini ada peraturan bahwa kandungan ergot adalah tidak kurang dari ),15% alkaloid dihitung sebagai ergotoksin dan alkaloid larut air 0,01% dihitung sebagai ergonovin.Kandungan alkaloid ergot utama, antara lain adalah ergonovin, ergotamin, dan campuran ergokristin, ergokriptin, ergokornin yang dalam perdagangan telah lama dikenal sebagai ergotoksin. Kegunaan dari alkaloid ergot seperti ergotoksina dan ergometrina (ergonovina) adalah sebagai uterotonik (meningkatkan kontraksi uterus).

Berdasarkan biogenesis alkaloid ergot dapat dibagi menjadi tiga golongan, yang strukturnya menunjukkan bahwa secara biogenensis alkaloid ergot dapat dibagi menjadi tiga golongan, yang strukturnya menunjukkan bahwa secara biogenensis ketiga sekerabat. Ketiga golongan itu adalah:

  1. Tipe klavin (misalnya elimoklavin, agroklavin, khanoklavin);
  2. Turunan asam lisergat larut air (misalnya ergonovin);
  3. Turunan asam lisergat tak larut air (misalnya ergotamin, ergokornin, ergokriptin).

Selain alkaloida ergot alam ada juga hasil semisintesa dari asam lisergat dengan dietil amina sehingga terbentuk senyawa LSD (Lisergic (Sauure) Acid Diethylamine). LSD adalah senyawa semisintetik yang aktivitasnya dua kali lebih kuat yaitu stimulasi simpatetik pusat yang sekaligus menimbulkan depresi ringan. Baik digunakan dalam psikiatri. Obat ini masuk golongan obat psikotropika kelas 1, yang tidak boleh digunakan untuk pengobatan tetapi hanya boleh digunakan untuk tujuan riset atau penelitian.

7. Golongan Alkaloida Imidazol

Contoh sumber dari alkaloid dengan cincin imidazol (glioksalin) adalah Pilocarpus Folium. Berasal dari simplisia dari daun Pilocarpus jaborandi (Rutaceae), dan ada beberapa spesies lain yaitu Pilocarpus microphyllus, Pilocarpus pinatifolius dan tanaman berasal dari Brazil. Daun kering mengandung alkaloida sebesar 0,5 -1% dengan kandungan utama pilokarpina. Dan kegunaanya adalah sebagai kolinergik pada oftalmologi yaitu anti-glaukoma (obat mata.

8. Golongan Alkaloida Steroid

Alkaloida steroid mempunyai inti siklopentanofenantren, dan dapat berasal dari kolesterol atau mempunyai prazat yang sama dengan kolesterol. Sumber alkaloid steroid adalah:

a. Veratri Rhizoma

Simplisia yang digunakan adalah rhizoma atau akar dari tanaman Veratrum viride (Famili Liliacae), tanaman in banyak tumbuh di daerah Inggris, Amerika dan Kanada. Kandungan utama dari adalah protoveratrine A dengan kegunaanya sebagai antihipertensi, obat jantung dan sedatif.

b. Solanum mammosum Fructus

Simplisia ini berasal dari buah terong susu (Solanum mammosum) dari famili Solanaceae. Dari buah terong susu ini dihasilkan solasodina. Pada beberapa pustaka dimasukkan dalam klasifikasi senyawa steroid. Solasodina digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat kontrasepsi oral.

9. Golongan Alkaloida Amina

Alkaloida golongan amina tidak memiliki struktur nitrogen yang heterosiklik. Berasal dari fenilalanin atau tirosin. Contoh sumber alkaloid amina adalah:

a. Ephedra Herba atau Ma Huang

Simplisia ini dipereleh dari herba Ephedra sinica famili Gnetaceae. Tanaman ini berasal dari Cina dan sudah berabad-abad digunakan sebagai pengobatan. Kandungan utama herba ini adalah efedrina dengan kegunaannya adalah sebagai vasokonstriktor dan stimulan jantung.

b. Colchii Semen

Simplisia ini diperoleh dari biji Colchicum autumnale (Famili Liliaceae), tanaman ini tumbuh didaerah Eropa dan Afrika. Biji ini mengandung alkaloida kolkisina sebanyak 0,8. Serbuk kolkisina berwarna agak kekuningan dan akan berwarna kecoklatan jika terkena cahaya. Kegunaan kolkisina adalah sebagai supresan gout.

c. Khat atau Abyssiana tea

Simplisia ini berasal dari daun Catha edulis (familia Chelastraceae). Tanaman ini ukurannya kecil dan banyak tumbuh di Afrika Timur dan dibudidayakan di Etiopia. Tanaman ini dapat menyebabkan habituasi dan adiksi karena mengandung alkaloida kationina karena memiliki aktivitas farmakologis yang hampir sama dengan ampfetamina.

d. Peyote atau mescal button

Simplisia ini diambil bunga paling atas dari Lopophora williamsi (famili Cactaceae), tanaman ini tumbuh di daerah Amerika Serikat dan Meksiko. Kandungan utama adalah meskalina sebagai halusionogen, sama seperti psilosibina dari Psilocybe mexicana atau LSD sehingga hanya dapat digunakan untuk penelitian.

10. Golongan Alkaloida Basa Purin

Purin sendiri tidak terdapat dalam alam, tetapi banyak turunananya mempunyai aktivitas biologi berarti. Contoh sumber alkaloid golongan ini adalah:

a. Kola, Colae Semen atau kolanuts

Simplisia yang diambil adalah kotiledon dari biji Cola nitida (famili Sterculiaceae), dengan kandungan tidak kurang dari 1% kafeina anhidrus. Kola sangat penting karena selain mengandung kafeina juga mengandung flavor yang sangat khas sehingga di Amerika Serikat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minuman. Di daerah tropis juga tumbuh jenis kola tersebut seperti Afrika, Sri Lanka, Indonesia, dan Brazil. Kandungan biji kola adalah kafeina (3,5%) dan teoobromina (1%). Kegunaan sebagai CNS stimulant.

b. Coffeae Semen

Simplisia yang diambil adalah dari biji kopi (Coffea arabica) atau (Coffea liberia) dari famili Rubiaceae. Coffea berasal dari bahasa Arab qahuah yang berarti minuman. Tanaman kopi tumbuh baik di Etiopia, Afrika, Indonesia, Sri Lanka, Amerika Selatan. Biji kopi mengandung 1- 2% kafeina, 3- 5% tanin, 15% glukosa dan dextrina, 13 minyak lemak. Kegunaan sebagai CNS stimulan dan diuretik.

Sediaan kopi adalah kopi dengan kafeina dan kopi yang dekafeinasi (kopi tanpa kafeina).

c. Tea Folium

Simplisia berasal dari daun teh (Camelia sinensis) famili Theaceae. Teh tumbuh dengan baik di Cina, Jepang, India, dan Indonesia. Ada dua sediaan teh yang beredar di masyarakat, yaitu teh hijau yang dibuat tanpa proses fermentasi dan teh hitam yang dibuat dengan proses fermentasi lebih dahulu. Teh hijau diproduksi di Cina dan Jepang, sedang teh hitam diproduksi di Sri Lanka, India, dan Indonesia. Kandungan kafeina daun teh adalah sebesar 4%, selain itu juga mengandung teofilina, teobromina, tanin atau polifenol. Kegunaan teofilina adalah sebagai muscle relaxant untuk kasus asma, sedangkan kafeina sebagai CNS stimulan dan diuretik.

d. Theobromae Semen

Simplisia berasal dari biji coklat (Theobroma cacao) famili Sterculiaceae. Kandungan utamanya adalah teobromina, dengan kegunaan sebagai muscle relaxant.

11. Golongan Alkaloida Pirolizidin

Senyawa alkloida pirolizidin ini memiliki sifat toksik pada jaringan hewan dan manusia, sehingga Badan Kesehatan Dunia (WHO) memberikan peringatan dalam sebuah buku yang khusus memuat tentang tanaman-tanaman yang mengandung alkaloida, yang biasanya tersebar hampir seluruh dunia dan pada umumnya digunakan sebagai obat tradisional maupun sebagai sayuran. Berikut merupakan contoh sumber tanaman yang merupakan golongan alkaloida pirolizidin.

Beberapa tanaman yang mengandung alkaloida pirolizidina:

image

Alkaloida pirolizidina bersifat toksik karena pirolizidina jika masuk dalam tubuh akan teroksidasi di dalam mitokondria menjadi senyawa metolit yang reaktif, yaitu 1- dihidroksimetil-1:2 dehidropirolizidina dan senyawa tersebut yang bersifat toksik pada jaringan.

Sumber :
Lully Hanni Endarini, Farmakognisi dan Fitokimia, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan