Sifat Optik Keramik

Untuk sifat optik dari suatu material, ada 3 poin utama yaitu :

  1. Refreksi : Pembengkokan sinar cahaya saat mereka berpindah dari satu medium ke medium lainnya. Misalnya, batang yang direndam dalam cairan akan tampak bengkok.
  2. Refleksi : Pemantulan
  3. Absorpsi : Penyerapan (transmitansi T melalui media transparan sebanding dengan jumlah cahaya yang tidak dipantulkan maupun diserap)

Bahan bervariasi dalam kemampuan untuk mentransmisikan cahaya, dan biasanya dideskripsikan sebagai transparan, translusen, dan opaque.
OPTIK

Suatu sifat optik juga dipengaruhi dari susunan molekul pada keramik itu sendiri, yaitu dari kristalinitasnya., sebagai contoh yaitu :
Tiga spesimen aluminium oksida . Dari kiri ke kanan; Bahan kristal tunggal (safir), yang transparan; Bahan polikristalin dan padat penuh (tidak berpori), yang tembus; Dan bahan polikristalin yang mengandung sekitar 5% porositas, yang buram. (Specimen preparation, P. A. Lessing; photography oleh S. Tanner.)

aplikasi dari sifat optik ini adalah pada fiber optik dimana jenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus, dan digunakan sebagai media transmisi karena dapat mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu lokasi ke lokasi lainnya dengan kecepatan tinggi.

Fiber optik ini terdapat 2 jenis, yaitu :

  1. Single mode
    Adalah fiber optik yang hanya memiliki satu inti. Jadi, hanya dapat meredakan cahaya melalui satu inti pada satu waktu. Ukuran diameter intinya sekitar 9 mikrometer.

  2. Multi mode
    Adalah fiber optik yang bisa mentransmisikan banyak sekali cahaya karena memiliki inti yang besar dengan diameter inti sekitar 625 mikrometer