Siapakah yang memecahkan kaca jendela?

Lima anak kecil sedang bermain sepak bola. Salah satu dari mereka merusak kaca jendela rumah seseorang. Ketika ditanyai tentang kejadian tersebut, masing-masing anak membuat tiga pernyataan yang mana dua pernyataan adalah benar dan satu pernyataan adalah salah. Pernyataan anak-anak tersebut dapat dilihat di bawah ini:

Jojo: Aku tidak melakukaknnya. Salih akan memberitahu siapa yang melakukannya. Salah satu dari kita dalam masalah besar.

Mata: Joya yang melakukaknnya. Aku tidak melakukannya. Aku bahkan tidak suka sepak bola.

Vincen: Aku tidak melakukannya. Aku dan Joya berteman baik. Salih tidak tahu siapa yang melakukanya.

Joya: Mata berbohong kalau dia bilang aku yang melakukannya. Aku baru bertemu Vincen hari ini. Aku tidak pernah memecahkan kaca jendela.

Salih: Aku melihat Joya yang memecahkannya. Aku tidak memecahkan kaca jendelanya. Aku ingin pulang.

Siapakah yang memecahkan kaca jendela?

Vincen yang melakukannya.

Pernyataan ke-1 dan ke-3 Joya adalah benar. Jika dia memecahkan kaca jendela, kedua pernyataannya menjadi salah. Tetapi karena masing-masing anak berbohong satu pernyataan saja, maka kedua pernyataan tersebut adalah benar. Dengan begitu, pernyataan ke- 2 Joya adalah satu-satunya yang salah.

Pernyataan semua anak dapat dibuktikan benar atau salahnya menggunakan informasi tersebut.

Karena kita tahu bahwa pernyataan ke-2 Joya adalah salah, pernyataan Salih ke-1 dan pernyataan Mata ke-1 adalah salah. Karena Salih tidak memberitahui siapa yang melakukannya, maka hanya tersisa satu orang yaitu Vincen.