Siapakah yang Harus Menyatakan Cinta Lebih Dulu?

image

Dalam lingkungan sosial yang ada umumnya seorang lelaki yang terlebih dahulu menyatakan perasaan kepada perempuan, hal itu berasumsikan dengan sikap gentle yang dimiliki oleh seorang lelaki. Dan perempuan akan merasa gengsi untuk menyatakan perasaanya terlebih dahulu. Oleh karena itu kebanyakan perempuan yang menunggu si lelaki untuk menyatakan perasaannya. Namun, tidak sedikit pula perempuan yang menyatakan perasaannya terlebih dahulu karena merasa si lelaki terlalu lama dalam mengambil keputusan.

Menurut pendapat Youdics, siapakah yang harus menyatakan cinta lebih dulu? Si lelaki atau perempuan?

Jaman sekarang tidak ada batasan bahwa hanya laki-laki yang harus menyatakan terlebih dahulu.Namun, memang jika diperhatikan memang kebanyakan laki-laki yang menyatakan perasaanya terlebih dahulu. Namun, menurut saya, baik laki-laki maupun perempuan boleh menyatakan perasaannya terlebih dahulu

Kalo menurut saya pribadi, laki-laki maupun perempuan boleh saja menyatakan perasaannya terlebih dahulu. Baik laki-laki maupun perempuan sama-sama memiliki hak tersebut. Namun kadang, kita terlalu menelan ego kita dalam-dalam sehingga menunggu salah satu untuk menyampaikan perasaan terlebih dahulu. Padahal tak ada salahnya jika laki-laki lebih dulu menyampaikan perasaaannya maupun sebaliknya.

Baik laki-laki maupun perempuan bagiku boleh-boleh saja mengutarakan perasaannya lebih dahulu ke orang yang dia cintai. Tidak ada yang melarang juga kok. Meskipun memang rasanya bikin dag dig dug ser saat ingin mengutarakannya, namun pasti setelah itu rasanya akan plong (terlepas dari diterima atau tidaknya perasaanmu):smiley: Dan yang selalu aku ingat tiap kali sedang di posisi tersebut adalah salah satu penggalan lirik dari lagu When You Love Someone karya Endah N Rhesa dimana berbunyi; when you love someone just be brave to say, that you want him to be with you. when you hold your love don’t ever let it go, or you will loose your chance to make your dreams come true:musical_note:

1 Like

Menurut pendapat Youdics, siapakah yang harus menyatakan cinta lebih dulu? Si lelaki atau perempuan?

Cinta dapat dirasakan oleh pria maupun wanita. Mengungkapkan rasa cinta kita kepada seseorang biasanya banyak dilakukan oleh pria, bukan berarti wanita tidak pernah melakukannya.

Menurut saya, siapa yang menyatakan cinta terlebih dahulu itu sama saja, baik pria dahulu atau wanita terlebih dahulu. Mungkin banyak dari wanita yang merasa “gengsi” atau malu untuk menyatakan cinta terlebih dahulu. Hal ini terjadi karena kebiasaan masyarakat di Indonesia yang kebanyakkan pria lebih dahulu menyatakan cinta.

Mengungkapkan rasa cinta kita kepada seseorang membuat kita lebih merasa lega, meski kita tidak tau apakah orang tersebut nantinya akan menerima cinta kita atau tidak. Baik pria maupun wanita menurut saya selayaknya tidak terpaku pada “gengsi” atau gender terkait siapa yang harus menyatakan cinta terlebih dahulu. Jika kamu merasa cinta kepada seseorang, ya nyatakan saja hehehe…

Menurut saya, orang yang jatuh cinta, ia berhak untuk mengungkapkannya. Berarti memang tidak ada batasan atau aturan yang mewajibkan untuk menyatakannya terlebih dahulu. Tapi memang berdasarkan kebudayaan yang ada, Lelaki lah yang diharapkan untuk dapat mengungkapkan perasaanya terlebih dahulu ketika sepasang laki-laki dan perempuan dalam perasaan yang sama.

Kalo menurutku, baik laki-laki atau perempuan sama saja. Tetapi selama ini kita selalu berpikir bahwa kodrat perempuan adalah menunggu, sehingga hal ini menyebabkan para perempuan merasa gengsi untuk menyatakan perasaan lebih dulu. Tak ayal, memang dalam dunia asmara ada stigma yang melekat di kalangan perempuan bahwa kita tidak boleh mengungkapkan rasa cinta atau suka lebih dulu kepada laki-laki. Stigma itu secara langsung maupun tidak langsung menyebut bahwa menyampaikan perasaan adalah tugas laki-laki, sehingga kita sebagai perempuan diajarkan untuk diam, menunggu, serta menyimpan perasaannya. Kalo perempuan punya nyali yang cukup besar, sah-sah saja jika mau menyatakan perasaan, toh setelah itu kita jadi merasa clear atau at least kita lega lah udah tau perasaanteman kita. Aku mengatakan ada persyaratan “jika perempuan punya nyali cukup besar” karena rata-rata perempuan itu gengsi untuk mengatakan lebih dulu, kadang kami malu jika dikira terlalu agresif apalagi kalo ditolak ahahahaha sakitt :laughing:

Menurut aku, keduanya dapat mengungkapkan perasaan mereka lebih dulu. Biasanya laki-laki yang memulai menyatakannya dan tidak sedikit juga perempuan yang juga menyatakannya.

Masih banyak dari perempuan yang sedikit gengsi dalam menyatakan perasaannya, namun mereka dapat mengungkapkan lewat kode seperti saling percaya, saling peduli, saling perhatian dan saling berkabar.

Menurut saya, perempuan atau laki-laki bebas menyatakan perasannya lebih dulu. Rasa gengsi seorang perempuan untuk menyatakn perasaan lebih dulu ada karena masih jarang terjadi di Indonesia. Namun di negara seperti Jepang, sudah biasa jika perempuan mengungkapkan perasaanya lebih dulu.

menurut saya mau laki-laki atau perempuan dulu tidak masalah siapa yang mengungkapkan peresaan mereka lebih dulu, namun karena dimasyarakat Indonesia masih melekat stigma bahwa perempuan tidak boleh mengungkapkan perasaannya karena gengsi atau lebih baik laki-laki yang mengungkapkan agar terkesan gentle. namun untuk saat ini sudah ada perempuan yang mnyatakan perasaannya terlebih dahulu dan tidak peduli dengan stigma yang ada disini.

Perasaan cinta bisa diungkapkan tanpa harus memandang gender. Bisa dilakukan oleh si pria terlebih dahulu ataupun sebaliknya. Untuk sekarang, Saya rasa tidak ada kata bahwa si pria harus menyatakan cinta terlebih dahulu. Karena nyatanya, saat ini banyak perempuan yang menyatakan cinta terlebih dahulu daripada si pria.

Namun, memang rata-rata bahwa kaum pria biasanya menyatakan cinta terlebih dahulu kepada wanita pujaanya. Hal ini bahkan sudah ada penelitiannya, bahwa pria lebih mungkin untuk menyatakan cinta terlebih dahulu daripada wanita. Hal ini bisa jadi, terjadi karena alasan tradisional mereka, masih adanya unsur patriarki juga bahwa wanita lebih lemah daripada pria, dan karena adanya sifat pria yang sebagai pemimpin.

Saat ini sudah banyak perempuan yang berani untuk mengungkapkan perasaannya terlebih dahulu. Menurut saya, perasaan menyukai seseorang adalah hak setiap orang, tidak berdasarkan gender. Jadi, tidak perlu harus menunggu lelaki untuk membalas perasaannya terlebih dahulu agar lelaki yang menyatakan cinta.

Menurut saya, mengungkapkan unek-unek kita lebih penting daripada memikirkan bagaimana respons dari lawan bicara. Jadi, tidak perlu takut bahwa lawan bicara kita akan menolak pernyataan dari kita atau respons apapun yang tidak diharapkan.

Sependapat dengan teman-teman yang lain, di zaman sekarang ini sebenarnya baik pria maupun wanita boleh menyatakan perasaannya duluan. Tidak ada ketentuan tetap bahwa hanya salah satu pihak yang menginisiasi pernyataan cinta. Barangkali kita semua dibesarkan dalam societal standard yang mengajarkan bahwa laki-lakilah yang harus duluan menyatakan cintanya.

Namun, sebenarnya ada beberapa alasan masuk akal mengapa lebih baik jangan perempuan dahulu yang menyatakan perasaan. Para pakar menyarankan agar prialah yang terlebih dahulu mengakui cintanya. Dikutip dari CNN, dikhawatirkan bahwa jika wanita yang melakukannya, akan berpengaruh terhadap psikisnya seumur hidup.

Loh, maksudnya gimana?

Begini, bayangkan jika wanita mengakui perasaannya, tapi hanya berbalas kata “terimakasih”, atau bahkan kata-kata penolakan yang lebih menyakitkan. Menurut ahli, wanita membutuhkan waktu lebih lama untuk melupakan respons negatif, dalam hal ini penolakan. Sebaliknya, pria lebih bisa cepat melupakan hal seperti itu.

Pengakuan seorang wanita dapat mengubah dinamika hubungan. Jika pria tidak merasakan cinta atau tidak yakin dengan perasaannya, dia akan merasa tertekan untuk mengungkapkan perasaannya. Nah, jika wanita tidak mendapatkan respons yang diharapkan, takutnya ini dapat menyebabkan sakit hati dan kehancuran hubungan.

Jadi, ada beberapa hal yang membuat wanita enggan untuk confess duluan. Pertama, ketakutan terhadap penolakan, yang berpotensi bikin patah hati. Kedua, takut si pria salah sangka. Yang ketiga, karena societal standard yang sudah saya sebutkan tadi diatas.

Referensi

Admin. (2020). Why Should a Girl not Confess Her Feelings First?. Diambil dari Why should a girl not confess her love first? | The nation press

Jain, M. (2018). Confession of love: Why women are afraid of confessing their love to men first. Diambil dari Confession of love: Why women are afraid of confessing their love to men first - lifealth

1 Like

Menurut saya laki-laki lah yang harus menyatakan perasaannya duluan walaupun sekarang banyak sekali terjadi perempuan yang menyataka duluan. Pada kodratnya wanita lah yang harus dikejar bukan mengejar, karena bisa saja wanita jadi dipandang agresih atau ‘rendahan’ karena menyatakan perasaan duluan. Apalagi di Indonesia yang mayoritasnya orang-orang suka mengkritik tanpa di filter dulu kritikannya. Jadi lebih baik untuk para wanita tunggu doi kalian yang menyatakan duluan ya!

Sering kali terjadi bahwa anggapan yang harus menyatakan cinta terlebih dahulu adalah pihak laki-laki, namun sebenarnya perkara seperti itu tidak harus selalu laki” yang memulai. Aku tau hidup memang tak seindah drama korea, namun setiap beberapa kali menonton drakor yang memiliki scene pemeran wanita mengungkapkan perasaannya terlebih dahulu, menurutku itu ada poin plus tersendiri. Menggambarkan betapa hebat dan beraninya seorang wanita yang bisa mengungkapkan perasaannya dengan baik tanpa harus menunggu dan menunggu. Hal ini sebenarnya patut dijadikan contoh, dibanding menunggu tanpa kepastian, lebih baik kita coba mengungkapkan, masalah terbalas atau tidaknya lebih baik tidak usah dipikirkan, anggap saja itu bonus, karena urusan pembalasan sudah bukan urusan diri Kamu sendiri yang mengungkapkan.

Mengungkapkan perasaan itu tidak memandang gender, mau laki-laki lebih dahulu atau perempuan itu tidak maslah, namun karena di Indonesia masih banyak yang menganggap bahwa laki-laki yang harus menyatakan lebih dulu karena laki-laki mempunyai Pride yang tinggi, dan tidak ingin perempuan menurunkan harga dirinya karena menyatakan lebih dahulu.

Wah di zaman sekarang banyak sekali dijumpai perempuan menyatakan perasaan lebih dahulu. tapi, aku bukan tipe perempuan yang menyatakan perasaan terlebih dahulu dan aku tidak menganggap perempuan yang menyatakan perasaan terlebih dahulu itu salah. hanya saja aku kurang agresif dan menganggap bahwa laki-laki yang aku cinta tidak memiliki perasaan yang sama atau tidak menyatakan perasaannya kepada ku, ya itu berarti bukan jodohnya.

karena menurutku jika aku yang menyatakan perasaan terlebih dahulu, aku sebagai perempuan yang ketika berurusan itu kebanyakan menggunakan feeling(perasaan) akan merasa sangat terpukul ataupun sangat sulit untuk bangkit jika ditolak. dan sikap ku akan berubah terhadap orang yang sudah melukai perasaanku, perlakuan ku tidak akan sama seperti dulu dan itu akan merusak hubungan yang sudah terjalin misalnya pertemanan. jadi menurutku, jika aku menyatakan perasaan ku terlebih dahulu kepada laki-laki, aku akan mendapatkan banyak kerugian. jadi aku lebih memilih menunggu dan memperhatikan dari jauh. jika dia memiliki perasaan yang sama ya bersyukur, jika tidak ya sangat bersyukur karena itu bukan pilihanku melainkan pilihan tuhan.

Menurut saya menyatakan cinta tidaklah harus dilakukan selalu dari pihak lelaki, pihak perempuanpun boleh-boleh saja untuk menyatakannya. Hal tersebut tidak ada salahnya, dan juga tak ada aturan bagaimana benarnya.

Menurut saya, baik laki-laki maupun perempuan boleh saja menyatakan cinta terlebih dulu. Tidak ada batasan atau aturan tertentu yang mewajibkan gender mana yang harus menyatakan cinta terlebih dahulu. Hanya karena stigma yang melekat pada masyarakat bahwa perempuan tidak boleh menyatakan cinta terlebih dahulu.

Menurut saya yang menyatakan perasaan terlebih dahulu adalah orang yang memiliki rasa yang tidak dapat ditahan lagi, dalam artian ini sebagai bentuk jujur pada diri sendiri mengungkapkan apa yang dirasakannya.
bagi kebanyakan orang yang harus menyatakan perasaannya terlebih dahulu adalah laki-laki, tetapi menurut saya perempuanpun bisa, sebab laki-laki terkadang berpikir takut untuk menyatakan karena beranggapan bahwa si perempuan tidak menyukainnya.