Siapakah Valak?

valak

Valak merupakan setan yang muncul pada film The Conjuring 2, kemunculannya langsung menjadi populer.

Dalam ilmu demonologi atau ilmu yg mempelajari satanisme, dengan buku panduan Lesser Key of Solomon, Valac (dibaca Valak) adalah salah satu dari 72 panglima iblis yg terbesar. Buku yg masih berstatus ‘anonymous’ sejak tahun abad ke 17 diyakini memuat mitos semua iblis yg ada di bumi dari dulu hingga saat ini. Valak sendiri menempati posisi no. 62 dengan predikat Presiden dan diyakini adalah penguasa neraka sekaligus tangan kanan Lucifer yg memimpin 30 legion setan. Satu legion sesuai definisi manusia adalah sekitar 5.000 setan. Selain itu, Valak sering dilukiskan sebagai seorang anak kecil yang menunggangi naga yg disembah manusia untuk mendapatkan kekuatan sihir.

Sebagaimana Lucifer, nama Valak memang tidak tercatat jelas dalam Alkitab, sebagai kitab suci penganut iman Kristen. Namun hingga saat ini sebagian besar umat Kristiani meyakini Lucifer adalah pemimpin tertinggi para setan, yaitu Iblis yg menguasai seluruh dunia kegelapan. Lucifer diyakini adalah malaikat yg memberontak kepada Allah dan merupakan bintang timur yg dicampakkan ke bumi (Yesaya 14:12) dengan membawa 1/3 jumlah malaikat dari surga. Berapapun jumlah tersebut diyakini adalah sangat banyak dan bahkan melebihi jumlah penduduk di bumi saat ini. Nama Lucifer memang sering muncul dalam proses excorsime atau pengusiran setan yg dilakukan pihak gereja.

Sosok Valak dalam Conjuring 2 jelas mengundang pro dan kontra. Valak dalam mitos digambarkan adalah sosok yg penuh dengan keindahan bahkan menggemaskan karena hanya seorang bocah, sedangkan dalam Conjuring 2 penuh dengan kengerian. Hal ini tidak mengherankan, karena Valak ataupun Lucifer dan sebagian iblis lainnya awalnya memang adalah malaikat yg penuh keindahan, namun karena pemberontakan para iblis inilah yang membuat mereka harus terusir dari surga.

1 Like