Siapakah Steve Wozniak?


Steve Wozniak adalah pendiri Apple Computer. Ia dianggap sebagai pelopor dari masuknya komputer ke dalam kehidupan rumah pribadi.

**Siapakah Steve Wozniak? **

Steve Wozniak adalah seorang ilmuwan, penemu dan pemrogram komputer Amerika. Dalam kemitraan dengan temannya Steve Jobs, Wozniak menemukan komputer Apple I. Pasangan ini mendirikan Apple Computers pada tahun 1976 dengan Ronald Wayne, merilis beberapa komputer pribadi pertama di pasaran. Wozniak juga secara pribadi mengembangkan model berikutnya, Apple II, yang menetapkan Apple sebagai pemain utama dalam komputer mikro.

Stephen Gary Wozniak, lahir pada 11 Agustus 1950, di San Jose, California. Wozniak adalah putra seorang insinyur di Lockheed Martin dan terpesona oleh elektronik pada usia dini. Meskipun ia tidak pernah menjadi siswa bintang dalam pengertian tradisional, Wozniak memiliki bakat untuk membangun elektronik yang berfungsi dari awal.

Selama masa kerjanya yang singkat di University of California di Berkeley, Wozniak bertemu Steve Jobs, yang masih di sekolah menengah, melalui seorang teman. Keduanya kemudian berpasangan untuk membentuk Apple Computer pada 1 April 1976, mendorong Wozniak untuk berhenti dari pekerjaannya di Hewlett-Packard.Awal Mula Komputer Apple
Bekerja di garasi keluarga, ia dan Jobs berusaha menghasilkan alternatif yang ramah pengguna terhadap komputer yang diperkenalkan oleh International Business Machines pada waktu itu. Wozniak bekerja pada penemuan produk, dan Jobs bertanggung jawab untuk pemasaran.

Tidak lama setelah Apple didirikan, Wozniak menciptakan Apple I, desain yang sebagian besar dibangun di kamar tidur dan garasi Jobs. Dengan pengetahuan Wozniak tentang elektronik dan keterampilan pemasaran Jobs, keduanya sangat cocok untuk melakukan bisnis bersama. Wozniak melanjutkan untuk memahami Apple II sebagai bagian dari seri komputer pribadi perusahaan, dan pada tahun 1983, Apple memiliki nilai saham $ 985 juta.Wozniak mengakhiri pekerjaannya dengan Apple pada tahun 1985.

Pada bulan Februari 1981, Wozniak terluka ketika pesawat pribadi yang dia pilot jatuh ketika lepas landas dari Santa Cruz Sky Park. Pemulihan yang melelahkan berlangsung selama dua tahun, karena ia menderita berbagai cedera dan amnesia.

Setelah kecelakaan dan pemulihan selanjutnya, Wozniak melanjutkan untuk menemukan banyak usaha, termasuk CL 9, perusahaan yang bertanggung jawab atas kendali jarak jauh universal pertama yang dapat diprogram.

Disebut sebagai salah satu “insinyur paling kreatif di Lembah Silikon,” pada tahun 1990, ia bergabung dengan Mitchell Kapor dalam mendirikan Electronic Frontier Foundation, sebuah organisasi yang menyediakan bantuan hukum bagi peretas komputer yang menghadapi tuntutan pidana. Wozniak juga mendirikan Wheels of Zeus (WoZ) pada tahun 2002, sebuah usaha dimulai dengan tujuan mengembangkan teknologi GPS nirkabel.
Setelah WoZ ditutup pada 2006, Wozniak menerbitkan otobiografinya, iWoz: Dari Computer Geek to Cult Ikon: Bagaimana Saya Menciptakan Komputer Pribadi, Rekan Pendiri Apple, dan Bersenang-senang Melakukannya. Pada 2008, ia bergabung dengan Fusion-io start-up yang berbasis di Salt Lake City sebagai ilmuwan utama.

Jobs biopik yang sangat dinanti-nantikan dirilis pada 2013 dan menampilkan aktor Ashton Kutcher sebagai salah satu pendiri Apple Jobs dan aktor komedi Josh Gad sebagai Wozniak. Selain kritik negatif yang diterima film tersebut, Wozniak sendiri memberikan ulasan negatif pada situs web Gizmodo. Dalam analisisnya, ia menulis, “Saya merasa sedih bagi banyak orang yang saya kenal baik yang digambarkan secara salah dalam interaksi mereka dengan Jobs dan perusahaan.” Dia kemudian menulis bahwa ketidakakuratan dalam penggambaran Jobs dalam film kemungkinan besar berasal dari citra Kutcher tentang dirinya.

Kutcher merespons dengan mengklaim bahwa film tersebut kehilangan dukungan dari Wozniak karena dia sudah mendukung film lain yang menggambarkan kehidupan maestro teknologi. Dia juga mengatakan bahwa Wozniak “sangat tidak tersedia” selama proses pembuatan film.Kehidupan pribadi. Bukan orang yang memamerkan kehidupan pribadinya, Wozniak menikah dengan Janet Hill, seorang eksekutif pengembangan pendidikan Apple. Wozniak telah tampil di reality show Kathy Griffin: My Life on the D-List dan ABC’s Dancing with the Stars (Musim 8).

Ringkasan

https://www.biography.com/inventor/steve-wozniak