Siapakah sosok jasad yang ditemukan di dekat makam Hathor ini?

image

Sekitar 3.200 tahun yang lalu, seorang perempuan Mesir meninggal jauh dari rumahnya. Dia berusia dua puluhan dan sedang hamil. Penemuan jenazahnya di sebuah tambang tembaga di Israel, mengubah pandangan para arkeolog yang mengira mereka paham tentang tempat wanita itu meninggal. Pada saat itu, Mesir menguasai wilayah yang disebut Israel itu. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai musini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, lokasi tambang tembaga tempat dimana wanita hamil tersebut meninggal itu berada di tempat yang disebut Timna. Timna merupakan sebuah daerah yang gersang dan hampir tak berpenghuni.

Konon hanya orang-orang yang memiliki status sosial yang bisa mendapat penguburan di Timna. Para ahli percaya bahwa wanita itu mungkin seorang musisi atau penyanyi kuil. Memang, kuburannya ditemukan di dekat kuil yang didedikasikan untuk Hathor.

Hathor sendiri merupakan seorang dewi pertambangan, wanita dan musik Mesir. Penemuan langka ini sama tragisnya dengan perubahan sejarah sendiri. Jenazah perempuan ini hanya meninggalkan kerangka. Lengan dan kepala ibu muda ini semuanya hilang akibat penjarahan.

Tetapi alasan mengapa wanita ini meninggal tetap menjadi misteri yang mungkin tidak akan pernah bisa dipecahkan.

Referensi: https://science.idntimes.com