Siapakah Samuel L Jackson?

Samuel L Jackson
Samuel Leroy Jackson adalah aktor Amerika Serikat yang diunggulkan dalam Academy Award. Ia juga memerankan tokoh Nick Fury dalam film-film “The Avengers”. Selain itu ia juga berperan dalam film “Jumper” dan “Coming to America”.

Siapakah Samuel L Jackson?

Jackson tumbuh dalam masa dan tempat yang sangat terpisah, Chattanooga pada 1950-an, tempat ia dibesarkan oleh bibi, paman, dan kakek-nenek. Ibunya tidak tinggal bersamanya sampai Jackson di kelas empat. Ayahnya, seorang pemabuk, tidak pernah melakukannya. Dia memainkan terompet dan sangkakala Prancis di sekolah menengah, kemudian masuk ke Morehouse College serba hitam, mengambil jurusan drama dan menciptakan beberapa miliknya sendiri. Pada tahun 1969, Jackson termasuk di antara sekelompok kecil siswa radikal yang menyandera beberapa anggota Dewan Pengawas sekolah, menuntut perubahan kurikulum dan reformasi manajemen sekolah lainnya. Karena kejahatannya, Jackson ditangguhkan tetapi tidak dituntut.

Dia adalah seorang mahasiswa di Morehouse lagi pada tahun 1972, ketika dia membuat debut filmnya dengan peran pendukung di Together for Days, sebuah drama berbiaya rendah tentang kencan antar ras. Setelah lulus, Jackson membuat iklan TV lokal, dan akhirnya bergabung dengan Negro Ensemble Company di New York pada tahun 1976. Selama bertahun-tahun sebagai aktor yang berjuang, ia bekerja sebagai penjaga pintu, memiliki peran kecil dalam Ragtime (film terakhir James Cagney), bekerja sebagai Bill Stand-in Cosby di The Cosby Show, dan muncul dalam dua episode Spenser: For Hire with Robert Urich.

Jackson juga banyak minum dan melakukan lebih dari bagian kokain. Dia menyelesaikan rehabilitasi narkoba pada tahun 1991, kemudian berperan sebagai pecandu narkoba di Spike Lee’s Jungle Fever, peran pasca-rehabilitasi pertamanya dan kinerja terobosannya. Ketenaran asli datang dengan Pulp Fiction Quentin Tarantino, berlawanan John Travolta sebagai sepasang pembunuh bayaran.

Jika Anda menghitungnya dengan benar, Samuel L. Jackson adalah bintang film terbesar dalam sejarah. Dia sering mendapat tagihan kedua atau ketiga, atau bahkan lebih jauh ke bawah kredit, tetapi jika Anda hanya menghitung uang yang diperoleh film-filmnya, itu menambah hingga lebih dari $ 3.000.000.000 - lebih dari aktor lain dalam sejarah. Harrison Ford di tempat kedua, Tom Hanks di tempat ketiga.

Dalam film stand-up Eddie Murphy Raw, Jackson memerankan paman Murphy dalam satu sketsa. Dalam berbagai peran “orang jahat” minimal, Jackson berada di hit besar Murphy Datang ke Amerika, Lautan Cinta Al Pacino, dan ia dibunuh oleh Joe Pesci di Goodfellas. Ketika bintang Jackson naik, ia adalah sahabat karib Ford di Patriot Games, dan seorang teknisi di Jurassic Park mega-blockbuster karya Steven Spielberg. Blockbuster pasca-ketenarannya termasuk tiga film Star Wars, Die Hard: With A Vengeance with Bruce Willis, A Time to Kill dengan Sandra Bullock, xXx dengan Vin Diesel, S.W.A.T. dengan Colin Farrell, dan The Incredibles, di mana Jackson menyuarakan sidekick beku Frozone (“Di mana super-suit saya, wanita?”). Baru-baru ini dia terlibat dengan Snakes on A Plane, dan dia mengatakan dia ingin bermain superhero buku komik Nick Fury.

Ringkasan

https://www.nndb.com/people/563/000023494/