Siapakah Robert Downey?


Robert Downey Jr. adalah seorang aktor Amerika. Kariernya sudah termasuk keberhasilan dan kepopuleran di masa mudanya, diikuti dengan penyalahgunaan zat terlarang dan masalah hukum, serta kesuksesannya pada usia remaja.
Siapakah Robert Downey ?

Robert Downey Jr telah berevolusi menjadi salah satu aktor paling disegani di Hollywood. Dengan daftar kredit luar biasa untuk namanya, ia telah berhasil tetap baru dan segar bahkan setelah lebih dari empat dekade dalam bisnis ini.

Downey dilahirkan pada tanggal 4 April 1965 di Manhattan, New York, putra dari penulis, sutradara dan pembuat film Robert Downey Sr. dan aktris Elsie Downey (née Elsie Ann Ford). Ayah Robert adalah keturunan Yahudi Lituania, seperempat Yahudi Hongaria, dan seperempat Irlandia, keturunan, sedangkan ibu Robert adalah keturunan Inggris, Skotlandia, Jerman, dan Swiss-Jerman. Robert dan saudara perempuannya, Allyson Downey, tenggelam dalam film dan seni pertunjukan sejak usia sangat muda, memimpin Downey Jr untuk belajar di Pusat Pelatihan Seni Pertunjukan Stagedoor Manor di New York bagian utara, sebelum pindah ke California dengan ayahnya mengikuti jejak ayahnya. perceraian orang tua tahun 1978. Pada tahun 1982, ia keluar dari SMA Santa Monica untuk mengejar akting penuh waktu. Downey Sr., yang juga pecandu narkoba, memaparkan putranya pada narkoba pada usia yang sangat dini, dan Downey Jr akan terus berjuang dengan penyalahgunaan selama beberapa dekade.

Downey Jr memulai debutnya sebagai aktor pada usia lima tahun dalam film Pound (1970), ditulis dan disutradarai oleh ayahnya, Robert Downey Sr. Ia membangun repertoar filmnya sepanjang 1980-an dan 1990-an dengan peran dalam Tuff Turf ( 1985), Weird Science (1985), True Believer (1989), dan Wonder Boys (2000) di antara banyak lainnya. Pada tahun 1992, Downey menerima nominasi Academy Award dan memenangkan BAFTA (British Academy Award) untuk Aktor Terbaik untuk penampilannya dalam peran utama Chaplin (1992).

Dalam Robert Altman Short Cuts (1993), ia tampil sebagai calon make-up artist film yang sahabatnya melakukan pembunuhan. Dalam Natural Born Killers karya Oliver Stone (1994), bersama Woody Harrelson dan Juliette Lewis, Downey membintangi sebagai jurnalis TV tabloid yang mengeksploitasi pembunuhan membunuh pasangan pembunuh untuk meningkatkan peringkatnya. Untuk komedi Heart and Souls (1993), Downey membintangi sebagai pria muda dengan hubungan khusus dengan empat hantu. Pada 1995, Downey membintangi Restoration (1995), bersama Hugh Grant, Meg Ryan dan Ian McKellen, disutradarai oleh Michael Hoffman. Juga pada tahun itu, ia membintangi Richard III (1995), di mana ia muncul di hadapan rekan main Restorasi (1995) nya McKellen.

Pada tahun 1997, Downey terlihat dalam The Gingerbread Man karya Robert Altman (1998), bersama dengan Kenneth Branagh, Daryl Hannah dan Embeth Davidtz; dalam One Night Stand (1997), disutradarai oleh Mike Figgis dan dibintangi oleh Wesley Snipes dan Nastassja Kinski; dan dalam Hugo Pool (1997), disutradarai oleh ayahnya, Robert Downey Sr. dan dibintangi oleh Sean Penn dan Patrick Dempsey. Pada bulan September 1999, Downey muncul dalam Black and White (1999), ditulis dan disutradarai oleh James Toback, bersama dengan Ben Stiller, Elijah Wood, Gaby Hoffmann, Brooke Shields dan Claudia Schiffer. Pada Januari 1999, ia membintangi Annette Bening dan Aidan Quinn dalam In Dreams (1999), disutradarai oleh Neil Jordan.
Pada 2000, Downey ikut membintangi Michael Douglas dan Tobey Maguire dalam Wonder Boys (2000), disutradarai oleh Curtis Hanson. Dalam komedi dramatis ini, Downey memainkan peran sebagai agen sastra biseksual. Pada tahun 2001, Downey membuat debut televisi prime-time ketika ia bergabung dengan para pemeran serial Fox-TV Ally McBeal (1997) sebagai pengacara “Larry Paul”. Untuk peran ini, ia memenangkan Golden Globe Award untuk Kinerja Terbaik oleh Aktor dalam Peran Pendukung dalam Serial, Seri-Mini atau Film Bergambar yang Dibuat untuk Televisi, serta Penghargaan Screen Actors Guild untuk Kinerja Luar Biasa oleh Laki-laki dalam Seri komedi. Selain itu, Downey dinominasikan untuk Emmy untuk Aktor Pendukung Luar Biasa dalam Seri Komedi.

Masalah aktor terkait narkoba meningkat dari tahun 1996 hingga 2001, yang mengarah ke penangkapan, kunjungan rehabilitasi dan penahanan, dan ia akhirnya dipecat dari Ally McBeal (1997). Muncul bersih dan sadar pada tahun 2003, Downey Jr mulai membangun kembali karirnya.

Dia menandai debutnya ke dalam musik dengan album debutnya, berjudul “The Futurist”, di Sony Classics Label pada tanggal 23 November 2004. Delapan lagu asli album itu, yang ditulis Downey, dan dua nomor musiknya yang memulai debut ketika lagu-lagu penutup mengungkapkan pengapnya. suara menyanyi dan bakat musiknya. Downey menampilkan kepandaiannya dalam dua film berbeda pada Oktober 2003: musikal / drama The Singing Detective (2003), sebuah remake dari hit BBC dengan nama yang sama, dan thriller Gothika (2003) yang dibintangi Halle Berry dan Penélope Cruz. Downey membintangi peran yang kuat namun merendahkan, yang diilhami oleh kisah kehidupan nyata dari beberapa rahasia yang paling berharga yang disimpan dalam sejarah, termasuk Richard Linklater’s A Scanner Darkly (2006) pada 2006 yang dibintangi bersama oleh Keanu Reeves, Winona Ryder dan Woody Harrelson, dan Fur: An Imaginary Potret Diane Arbus (2006) yang dibintangi bersama Nicole Kidman, sebuah film yang terinspirasi oleh kehidupan Diane Arbus, fotografer yang dihormati yang gambarnya menarik perhatian pada awal 1960-an. Peran-peran ini menunjukkan momentum Downey dari tahun 2005 sebelumnya, di mana ia membintangi film fitur yang dinominasikan oleh Academy Award®, Good Night, dan Good Luck. (2005), disutradarai oleh George Clooney dan dalam komedi aksi Shane Black, Kiss Kiss Bang Bang (2005) yang dibintangi bersama Val Kilmer. Pada tahun 2007, ia ikut membintangi film Zodiac (2000) David Fincher yang penuh ketegangan, bersama Jake Gyllenhaal dan Mark Ruffalo, tentang pembunuh berantai terkenal yang menghantui San Francisco selama tahun 1970-an.

Pada bulan Mei 2008, Downey meraih pujian kritis dan keberhasilan box office di seluruh dunia untuk perannya yang dibintangi di Iron Man (2008), rendering layar lebar Jon Favreau tentang pahlawan super komik Marvel. Film ini dibintangi bersama oleh Gwyneth Paltrow, Jeff Bridges dan Terrence Howard. Pada Agustus 2008, Downey membintangi Ben Stiller dan Jack Black dalam komedi Tropic Thunder (2008), dan kemudian menerima nominasi Academy Award® untuk Aktor Pendukung Terbaik untuk aktornya, Kirk Lazarus.

Pada Desember 2009, Downey membintangi aksi-petualangan Sherlock Holmes (2009). Film ini, yang disutradarai oleh Guy Ritchie, ikut membintangi Jude Law dan Rachel McAdams dan mendapatkan Downey Golden Globe untuk Kinerja Terbaik oleh Aktor dalam Film Bergerak - Komedi atau Musik pada Januari 2010. Pada awal Musim Panas 2010, Downey kembali bekerja sama dengan sutradara Jon Favreau dan mengulang perannya sebagai “Tony Stark / Iron Man” dalam sekuel yang sangat sukses dengan film aslinya, Iron Man 2 (2010), yang dibintangi oleh Gwyneth Paltrow, Scarlett Johansson, Samuel L. Jackson dan Mickey Rourke.

Downey selanjutnya membintangi Due Date (2010), sebuah komedi yang disutradarai oleh Todd Phillips, di mana ia memainkan peran sebagai ayah yang sedang menunggu perjalanan balap untuk kembali pada waktunya untuk kelahiran anak pertamanya. Due Date (2010), dibintangi oleh The Hangover (2009 )'s Zach Galifianakis, dirilis pada November 2010.

Ringkasan

https://www.imdb.com/name/nm0000375/bio