Siapakah Raditya Dika?


Dika Angkasaputra Moerwani atau lebih dikenal dengan Raditya Dika (lahir di Jakarta, 28 Desember 1984; umur 33 tahun) adalah seorang penulis, komedian, sutradara & aktor

Raditya Dika lahir di Jakarta tanggal 28 Desember 1984. Pemuda ini mengawali karirnya pertama kali menjadi penulis novel. Novel pertama yang ia tulis berjudul Kambing Jantan. Novel tersebut sebelumnya hanya ditulisnya di blog pribadinya.

Setelah tulisannya tersebut mendapatkan penghargaan, maka ia pun mencetak tulisnnya dalam bentuk novel dan laku keras. Karena kepopuleran novelnya, akhirnya novel tersebut diangkat menjadi sebuah film pada tahun 2009. Sampai saat ini Dika sudah merilis sekitar 7 novel yang sebagian besar juga telah difilmkan.

Saat film Kambing Jantan ia belum menjadi sutradara. Ia hanya menjabat sebagai pemeran utama dan penulis skenario. Di film-film selanjutnya pun ia masih melanjutkan kedua peran tersebut seperti di Cinta Brontosaurus (2013) dan Manusia Setengah Salmon (2013).

Raditya Dika memulai karir sebagai sutradara saat mengarahkan film adaptasi dari serial Youtube ciptaannya yang berjudul Malam Minggu Miko The Movie (2014). Lalu ia pun akhirnya mengomandoi film-filmnya sendiri seperti Marmut Merah Jambu (2014), Single (2015) dan Koala Kumal (2016). Jadi di setiap filmnya sekarang ia selalu menjabat 3 posisi penting yaitu sutradara, penulis skrip dan pemeran utama.