Siapakah Philo T. Farnsworth?

Ringkasan

Dilahirkan di Beaver, Utah, pada 19 Agustus 1906, Philo T. Farnsworth adalah seorang ilmuwan dan penemu berbakat dari usia muda. Pada tahun 1938, ia meluncurkan prototipe televisi all-electric pertama, dan melanjutkan untuk memimpin penelitian dalam fusi nuklir. Meskipun keberhasilan ilmiahnya terus berlanjut, Farnsworth dihadang oleh tuntutan hukum dan meninggal, dalam utang, di Salt Lake City pada 11 Maret 1971.

Masa muda

Penemu Philo Taylor Farnsworth lahir pada 19 Agustus 1906, di Beaver, Utah. Dia dilahirkan di pondok kayu yang dibangun oleh kakeknya, seorang perintis Mormon. Frensworth adalah seorang ilmuwan amatir pada usia muda. Farnsworth mengubah peralatan rumah keluarganya menjadi tenaga listrik selama tahun-tahun sekolah menengahnya dan memenangkan kontes nasional dengan penemuan aslinya berupa kunci anti-perusak. Di kelas kimia di Rigby, Idaho, Farnsworth menggambarkan sebuah ide untuk sebuah tabung hampa udara yang akan merevolusi televisi — meskipun gurunya maupun teman-temannya tidak memahami implikasi konsepnya.

Pelopor di Televisi

Farnsworth melanjutkan studinya di Universitas Brigham Young, di mana dia diterima sebagai mahasiswa pada tahun 1922. Dia terpaksa putus sekolah setelah kematian ayahnya dua tahun kemudian. Meskipun demikian, rencana dan eksperimennya terus berlanjut. Pada 1926, ia dapat mengumpulkan dana untuk melanjutkan karya ilmiahnya dan pindah ke San Francisco dengan istri barunya, Elma “Pem” Gardner Farnsworth. Tahun berikutnya, ia meluncurkan prototipe televisi elektroniknya — yang pertama dari jenisnya — yang menggunakan tabung kamera video atau " immage dissector ." Ini adalah perangkat yang sama dengan yang digambarkan pada sketsa Farnsworth di kelas kimia saat remaja.

Farnsworth menolak tawaran pertama yang ia terima dari RCA untuk membeli hak atas perangkatnya. Dia sebaliknya menerima posisi di Philco di Philadelphia, bergerak di seluruh negeri dengan istri dan anak-anaknya. Sepanjang akhir 1920-an dan awal 1930-an, Farnsworth berjuang dengan tuduhan hukum bahwa penemuannya melanggar paten yang diajukan sebelum oleh penemunya Vladimir Zworkyin. RCA, yang memiliki hak atas paten Zworkyin, mendukung klaim-klaim ini di banyak uji coba dan banding, dengan keberhasilan yang cukup besar. Pada tahun 1933, Farnsworth yang dipermalukan meninggalkan Philco untuk melanjutkan penelitiannya sendiri.

Kontribusi Farnsworth terhadap sains setelah meninggalkan Philco sangat penting dan berjangkauan luas. Beberapa tidak terkait dengan televisi, termasuk proses yang dikembangkannya untuk mensterilkan susu menggunakan gelombang radio. Dia juga terus mendorong idenya mengenai transmisi televisi. Pada tahun 1938, ia mendirikan Farnsworth Television and Radio Corporation di Fort Wayne, Indiana. RCA akhirnya dapat memasarkan dan menjual televisi elektronik pertama untuk pemirsa rumahan, setelah membayar biaya sejuta dolar kepada Farnsworth.

Kehidupan kelak

Setelah menerima kesepakatan dari RCA, Farnsworth menjual perusahaannya tetapi melanjutkan penelitiannya pada teknologi termasuk radar, teleskop inframerah, dan fusi nuklir. Dia pindah kembali ke Utah pada tahun 1967 untuk menjalankan laboratorium fusi di Universitas Brigham Young. Laboratorium pindah ke Salt Lake City pada tahun berikutnya, beroperasi sebagai Philo T. Farnsworth Association.

Perusahaan goyah ketika pendanaan semakin ketat. Pada tahun 1970, Farnsworth terbelit dalam utang serius dan terpaksa menghentikan penelitiannya. Farnsworth, yang telah berjuang melawan depresi selama beberapa dekade, beralih ke alkohol di tahun-tahun terakhir hidupnya. Dia meninggal karena pneumonia pada 11 Maret 1971, di Salt Lake City, Utah.

Pem Farnsworth menghabiskan bertahun-tahun mencoba menghidupkan kembali warisan suaminya, yang sebagian besar telah dihapus sebagai akibat dari pertempuran hukum yang berkepanjangan dengan RCA. Philo Farnsworth sejak itu telah dilantik ke dalam Hall of Fame San Francisco dan Hall of Fame Televisi Academy. Patung Farnsworth berdiri di Pusat Seni Digital Letterman di San Francisco.