Siapakah perupa nusantara yang beraliran realisme?


Lukisan beraliran realisme diartikan sebagai karya seni lukis yang penggambarannya sesuai dengan kenyataan hidup. Di Indonesia sendiri, ada banyak tokoh seni lukis yang beraliran realisme. Siapakah tokoh- tokoh tersebut menurut Anda?

Perupa nusantara beraliran realisme


Trubus

Trubus Soedarsono lahir di Wates - Yogyakarta, 23 April 1926. Trubus Soedarsono adalah seorang pelukis dan pematung yang belajar secara otodidak. Berasal dari keluarga petani di Kabupaten Wates, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Trubus tidak pernah tamat sekolah dasar. Namun demikian Trubus di kemudian hari diangkat menjadi dosen ASRI. Pasca kudeta Gerakan 30 September 1965, para anggota Lekra diburu lawan politiknya. Trubus dikabarkan hilang pada tahun 1966, atau diduga mati terbunuh di Yogyakarta.
Lukisan karya trubus

“Puteri Indonesia” by Trubus


Tarmizi

Itji Tarmizi lahir di Lintau, Batu Sangkar, Sumatera Barat, 21 Juli 1939. Belajar melukis secara otodidak, hingga pada tahun 1953, ia bergabung di Sanggar Pelukis Rakyat bersama pelukis Hendra Gunawan, Affandi, Soedjojono, Trubus, Permadi Leosta, dan Tatang Ganar.

Lukisan karya tarmizi

“pasar ikan” by Tarmizi


Dullah

Pelukis Dullah lahir di Solo, Jawa Tengah, 17 September 1919, ia dikenal sebagai seorang pelukis realis. Corak lukisannya realistik. Mempunyai kegemaran melukis portrait (wajah) dan komposisi-komposisi yang menampilkan banyak orang (group). Diakui, Dullah belajar melukis dari dua orang Gurunya yang sekaligus merupakan pelukis ternama, yaitu S. Sudjojono dan Affandi.

Lukisan karya dullah

“Gadis Bali” by Dullah