Siapakah pendiri Nike?


Nike, Inc. adalah salah satu perusahaan sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga Amerika Serikat yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Mereka terkenal karena mensponsori beberapa olahragawan terkenal di dunia seperti Tiger Woods, Ronaldo, Courtois, Hazard, Ronaldinho dan Wayne Rooney dan Michael Jordan.

Siapakah pendiri Nike ?

Nike, Inc. , sebelumnya (1964–1978) Blue Ribbon Sports , perusahaan pakaian olahraga Amerika yang berkantor pusat di Beaverton, Oregon . Perusahaan ini didirikan pada tahun 1964 sebagai Blue Ribbon Sports oleh Bill Bowerman , pelatih trek-dan-lapangan di University of Orego , dan mantan mahasiswanya Phil Knight. Mereka membuka gerai ritel pertama mereka pada tahun 1966 dan meluncurkan sepatu merek Nike pada tahun 1972. Perusahaan ini berganti nama menjadi Nike, Inc., pada tahun 1978 dan go public dua tahun kemudian. Pada awal abad ke-21, Nike memiliki gerai dan distributor eceran di lebih dari 170 negara, dan logonya — tanda centang melengkung yang disebut “swoosh” —diakui di seluruh dunia.

Logo Nike

Nike logo Logo Nike.© pixfly / Shutterstock.com

Dari akhir 1980-an, Nike terus mengembangkan bisnisnya dan mendiversifikasi lini produknya melalui berbagai akuisisi, termasuk perusahaan sepatu Cole Haan (1988; dijual pada 2012) dan Converse, Inc. (2003), produsen peralatan olahraga Canstar Sports, Inc. (1994; kemudian dipanggil Bauer dan dijual pada 2008), dan perusahaan pakaian dan peralatan atletik Umbro (2008; dijual pada 2012). Pada tahun 1996 perusahaan menciptakan Nike ACG (“semua-kondisi gear”), yang memasarkan produk-produk untuk olahraga ekstrim seperti snowboarding dan bersepeda gunung. Pada awal abad ke-21 Nike mulai menjual aksesori teknologi-olahraga, termasuk monitor detak jantung portabel dan kompas pergelangan tangan ketinggian tinggi.

Bagian dari kesuksesan Nike adalah berkat dukungan dari atlet seperti Michael Jordan , Mia Hamm , Roger Federer. Toko rantai NikeTown, yang pertama dibuka pada tahun 1990, memberikan penghormatan kepada ini dan juru bicara perusahaan lainnya sambil menawarkan konsumen berbagai produk Nike. Pada 1990-an, citra perusahaan mengalami pengungkapan singkat tentang buruknya kondisi kerja di pabrik-pabrik di luar negeri.

Sumber

https://www.britannica.com/topic/Nike-Inc