Siapakah orang yang mengantarkan makanan kepada Nabi Muhammad Saw selama beliau berada di Gua Tsur?

Siapakah orang yang mengantarkan makanan kepada Nabi Muhammad Saw selama beliau berada di Gua Tsur?

Rasulullah Saw berdiam di gua Hira selama tiga hari. Selama beberapa hari itu, ada beberapa orang yang mengetahui tempat persembunyian Nabi Saw. Sebagian berpendapat bahwa orang-orang yang tahu tempat persembunyian Nabi itu ada 5 orang dan sebagian yang lainnya berkeyakinan ada 3 orang.

Dalam kitab Ihtijāj Thabarsi, terdapat sebuah riwayat yang dinukil dari Ali :

Bersumpahlah Anda demi Tuhan! Apakah ada orang selain Anda yang membawa makanan bagi Nabi selama di gua? Mereka menjawab: Tidak (tidak ada orang selain Anda yang melakukan hal ini).

Namun tentu saja, sebagian ahli sejarah berkata bahwa seseorang yang mengirimkan makanan untuk Nabi Saw adalah Asma binti Abu Bakar.

Dalam “Sirah Halabiyah” tertulis: Keluarga Abu Bakar tidak mengetahui keberadaan Nabi Muhammad sampai ada kabar dari jin bahwa Nabi Saw berada di gua.

Sebagaimana yang Anda perhatikan, riwayat pertama mengabarkan bahwa Ali bertanggung jawab untuk menyiapkan makanan bagi Nabi Saw dan berdasarkan riwayat yang lainnya Asma-lah yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan penting ini. Namun kedua riwayat ini dapat disatukan dengan penjelasan sebagai berikut: Karena gerak-gerik Ali diawasi oleh kaum kafir Mekah, meskipun berdasarkan penggalan riwayat pertama bahwa yang mengatur pengiriman makanan Nabi adalah Ali, namun Asma-lah yang bertanggung jawab dari sisi keamanan untuk membawakan makanan kepada Nabi dan ayahnya.