Siapakah Lutfi Dervishi?

image
Lutfi Dervishi adalah salah satu dokter yang menjual organ tubuh manusia.
Siapakah Lutfi Dervishi ?

Lutfi Dervishi

Ia adala seorang ahli urologi dan Sokol Hadjini, seorang ahli anestesi, yang melakukan operasi pada donor ginjal dan dibawa ke Kosovo terutama dari Turki, Rusia, Moldova, dan Kazakhstan. Ginjal mereka dipanen dan dijual kepada pasien, terutama Israel. Dimana donor tersebut masing-masing hanya dibayar € 15.000.

Ia dituduh melakukan pengambilan organ secara ilegal. Ia dan rekannya, Hajdinidinyatakan bersalah atas “perdagangan orang”, pengadilan di Pristina mengatakan dalam sebuah pernyataan, menambakan bahwa ia dipenjara selama tujuh setengah tahun dan didenda € 8.000. hajdini dipenjara selama satu tahun.

Pengadilan mendengar kedua dokter tersebut bekerja bersama di klinik Medicus di Pristina pada 2008. Putra sang dokter, juga bekerja di klinik, didakwa dalam kasus ini tetapi saat ini sedang dalam pelarian. Pengadilan melarang Dervishi dari praktik kedokteran selama dua tahun. sedangkan rekannya awalnya dihukum pada tahun 2013, tetapi mahkamah agung membatalkan keputusan tentang masalah prosedural dan memerintahkan pengadilan ulang. Polisi menggerebek klink Medicus pada 2008 setelah seorang lelaki Turki yang dinjalnya telah dilepas roboh di bandara Pristina ketika ia menunggu penerbangan kembali ke Istanbul.

Tersangka lain, seorang warga negara Israel, ditangkap di Siprus dengan surat perintah Interpol pada Januari setelah beberapa tahun bersembunyi. Kosovo telah meminta ekstradisinya. Seorang dokter Turki, Yusuf Sonmez, saat ini diyakini berada di Turki, juga menjadi tesangka dalam kasus ini.

Referensi

https://www.theguardian.com/world/2018/may/24/lutfi-dervishi-sokol-hajdini-kosovan-doctors-jailed-selling-harvested-kidneys