Siapakah John Hall?

image
John Hall adalah salah satu dokter yang memiliki kelainan seksual
Siapakah John Hall ?

BIOGRAFI JON L HALL

John Lewis Hall (Jan) lahir pada 21 Agustus 1934 di Denver, Colorado. Putra dari Jon Ernest Hall, seorang yang dilatih sebagai insinyur listrik dan bekerja untuk Biro Reklamasi A.S. yaitu proyek pembangkit listrik tenaga air, sedangkan ibu Jan, Rae (Long) berada di luar negeri, yang bekerja sebagai seorang guru dan penyanyi di sekolah dasar. Jan memiliki minat di bidang kelistrikan dan radio, yangmana minat ini juga mendapat dukungan dari orangtua, tetapi penelitiannya tentang roket serbuk hitam secara bertahap digantikan oleh kegiatan sosial seperti pengintai dan kelompok pemuda gereja. Setelah menyelesaikan sekolah umum di Denver, Jan mendapat beasiswa Westinghouse di Carnegie Institue of Technology (sekarang Carnegie Mellon University) dan mendapat gelar B.S pada 1956, M.S pada 1958, dan Ph.D pada 1961 di bidang fisika. Pekerjaan tesisnya ia kerjakan dengan Profesor Robert T.Schumacher menggunakan spektrometer resonansi spin elektron microwave buatan sendiri untuk mempelajari spektrum yperfine atom hidrogen intestisial dalam kristal CaF2. Bebarengan dengan pertimbangan yang dilakukan untuk berbagai peluang pascasarjana, ia berkesempatan menyerukan pemohonan untuk menjadi Anggota Dewan Riset Nasional di Biro Standar Nasional (saat itu) di Washington, DC. Menjelang akhir postdoc, ia diundang untuk bergabung dengan orang lain dari NBS , memulai grup riset baru di University of Colorado Boulder. Ia juga menjadi penanggung jawab sejumlah inovasi besar dan perkembangan teknologi laser di JILA (yang sebelumnya bernama Institut Gabungan untuk Astrofisika Laboratoium), yang dioperasikan oleh University of Colorado dan Institut Nasional Standar dan Teknologi, sejak 1962.

Jan telah menulis sebanyak 230 lebih artikel di jurnal wasit dan memegang sepuluh paten A.S. Jan adalah anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional, dan anggota dari Perhimpunan Optik Amerika dan Masyarakat Fisik Amerika. Jan juga seorang Senior Fellow Emeritus dari National Institue of Standards and Technology, dan Rekan Adjoint dari JILA. Jan telah melatih banyak mahasiswa pascasarjana dan mengirim dokumen di Departemen Fisika di University of Colorado, Boulder. Jan peniun dari NIST pada November 2014, tetapi masih aktif di JILA dan perusahaan konsultannya (Hall Stable Lasers, LLC). Hobi elektronik dan desain sistem elektro optiknya memberikan outlet yang memuaskan baginya, sering kali mengarah pada instrumen khusus dan inovasi teknis lainnya, dan terkadang paten.

Jan dan rekannya mendapat banyak penghargaan dari Optical Society dan Amerika Physical Society. Pada 2004, ia mendapat penghargaan IEEE Rabi dan menjadi anggota Legion d’Honneur Perancis. Pada 2005, berbgai hadiah Nobel Fisika dengan T.W Hansch dan Roy Glauber untuk ‘kontribusi pada pengembangan spektroskopi presisi berbasis laser, termasuk teknik sisir frekuensi optik.

Lindy, istrinya juga merupakan lulusan Carnegie Mellon, mendapat gelar sarjana pada 1957 dari Margaret Morrison Carnegie College, dan gelar master pada 1959 dari Carnegie Library School. Istrinya mengajar baasa inggris kelas 7 di SMP Boulder selama 17 tahun, diikuti 5 tahun sebagai spesialis media di sana. Juga tetap aktif menjadi konsultan dalam pengembangan kurikulum. Mereka memiliki tiga anak, dua di Colorado: Carey, yang mengajar di sekolah menengah di Jefferson County School District, dan Jon, yang berspesialiasai dalam komputer otomotif dan pemecahan masalah mesin. Thomas adalah insinyur lapangan untuk perusahaan komputer di dekat Boston. Bersama istrinya, Margaret, dan dua putrinya, serta putranya, mereka sering menerima kunjunagn kakek-nenek di rumah mereka.

Referensi

https://www.nobelprize.org/prizes/physics/2005/hall/biographical/