Siapakah Jack Dorsey?

image
Jack Patrick Dorsey adalah seorang pengembang web dan pengusaha Amerika Serikat yang dikenal sebagai pencipta Twitter dan pendiri serta CEO Square, layanan pembayaran pada perangkat seluler.
Siapakah Jack Dorsey ?

Jack Dorsey adalah pengusaha asal Amerika yang dikenal sebagai pendiri situs jejaring sosial Twitter pada tahun 2006 dan pendiri serta CEO Square pada tahun 2010, layanan pembayaran pada perangkat seluler.

Jack Dorsey lahir dan tumbuh di St. Louis, Missouri pada 19 November 1976. Sejak usia dini, Jack Dorsey sudah memiliki ketertarikan di bidang komputer dan komunikasi. Sejak menjadi siswa, Jack Dorsey sudah mulai pemrograman di Sekolah Menengah Bishop DuBourg. Ketertarikan teknologi pada saat itu dalam hal mengoordinasikan pengemudi taksi, mobil pengantar, dan armada kendaraan lain yang perlu tetap berkomunikasi secara real time satu sama lain. Hingga saat usia Dorsey mencapai 15 tahun, ia menulis perangkat lunak pengiriman yang tetap digunakan oleh perusahaan taksi selama beberapa dekade sesudahnya.

Kisah Dorsey hampir sama dengan Bill Gates, Steve Jobs, dan Mark Zuckerberg. Ia pernah putus kuliah sebelum menerima gelar. Pada tahun 200, Dorsey pindah ke Oakland, California dan memulai bisnis perusahaan yang menawarkan peangkat lunak dimana pengirimannya melalui internet. Dan tidak lama kemudian, muncullah ide untuk situs yang akan menggabungkan jangkauan luas perangkat lunak pengiriman dengan kemudahan pengiriman pesan secara instan.

Dorsey mendekati perusahaan Silicon Valley untuk menjalin kerjasama. Dorsey menawarkan konsep ‘Bagaimana jika Anda bisa berbagi status Anda dengan semua teman Anda dengan sangat mudah, sehingga mereka tahu apa yang Anda lakukan?’.akhirnya Dorsey, Stone dan Odeo, Evan Williams memulai sebuah bisnis bernama Obvious, yang kemudian berkembang menjadi Twitter. Dalam waktu dua minggu, Dorsey telah membangun situs sederhana dimana pengguna dapat secara instan memposting pesan pendek 140 karakter atau kurang, yang dikenal dalam bahasa Twitter sebagai ‘tweets’.

Saat awal peluncuran twitter, banyak yang menganggap twitter sebagai alat yang dangkal dan egois untuk menyiarkan hal-hal kecil ( real life ) ke dunia maya. Bahkan ada olokan pengguna layanan dengan ‘twitter tracker’. Selain itu situs yang sering mengalami pemadaman layanan. Hingga muncullah gerakan ‘microblogging’ yang menjadikan witter menjadi platform yang kuat.

Twitter menjadi terkenal di dunia internasional setelah pemilihan presiden Juni 2009 di Iran, ketika ribuan pendukung oposisi turun ke jalan untuk memprotes kemenangan yang diklaim sebagai petahana Mahmoud Ahmadinejad. Pada 2010, Twitter memiliki lebih dari 105 juta pengguna yang bersama-sama menge-tweet sekitar 55 juta kali sehari. Namun, Dorsey telah mengarahkan pandangannya pada proyek-proyek lain. Dia menjadi investor di perusahaan jejaring sosial Foursquare dan meluncurkan usaha baru, Square, yang memungkinkan orang untuk menerima pembayaran kartu kredit mealui perangkat kecil yang terhubung ke ponsel atau komputer mereka. Square mengajukan IPO pada Oktober 2015, dan menjadi perusahaan publik pada bulan berikutnya.

Pada November 2013, kekayaan Dorsey meningkat pesat hingga menjadi miliarder. Pada 2015, Dorsey kembali ke Twitter. Dia pertama kali menjabat sebagai CEO sementara dan kemudian menjadi CEOnya.

Referensi

https://www.biography.com/business-figure/jack-dorsey