Siapakah Itu Johann Fischart?

image
Johann Fischart lahir pada tahun 1546/47 di Strasbourg (sekarang di Perancis) dan meninggal pada 1590 di Forbach, Lorraine (Prancis). Seorang satiris Jerman, lawan sastra utama Jerman dari Kontra-Reformasi.

Bagaimanakah kehidupan Johann Fischart?

Fischart menerima pendidikan yang baik dsebelum 1570 melakukan perjalanan secara luas, mengunjungi Belanda dan mungkin Inggris dan belajar di Paris, Strasbourg, dan Siena, Italia. Pada 1574 ia menerima gelar doktor hukum di Basel, tetapi dari 1570 hingga 1580 ia kebanyakan tinggal di Strasbourg. Dalam dekade ini karya sastra utamanya muncul. Tiga tahun di Speyer sebagai advokat di Reichskammergericht (pengadilan kekaisaran) diikuti dengan penunjukan pada 1583 sebagai hakim di Forbach, Lorraine.

Dari karya-karya utamanya, yang paling awal adalah serangan terhadap kepausan, Fransiskan, dan Dominikan, dan dua yang terbaru adalah sindiran polemik terhadap gereja Katolik Roma dan terutama para Yesuit. Diawali sebagai seorang Lutheran, dia datang untuk membela doktrin Calvinis (satu-satunya penulis besar Jerman yang melakukannya). Karya-karyanya juga mengolok-olok mode zaman.

Karya utama Fischart adalah Affentheurliche und ungeheurliche Geschichtsschrift (1575) - bernama Geschichtklitterung dalam edisi selanjutnya (1582, 1590) - versi prosa François Rabelais Gargantua yang sangat diperluas. Yang juga patut diperhatikan adalah Das glückhafft Schiff von Zürich (1576; Kapal Keberuntungan dari Zurich), salah satu puisi narasi abad ke-16 yang dibangun dengan sangat hati-hati, untuk mengenang muatan kapal warga Zürich yang membawa ke Strasbourg selembar bubur, masih hangat setelah perjalanan satu hari.

Referensi

https://www.britannica.com/biography/Johann-Fischart