Siapakah ilmuwan terfavorit menurut anda?


(Dictio Community) #1

Ilmuwan adalah orang yang ahli atau memiliki banyak pengetahuan mengenai suatu ilmu. Dalam arti yang lain, ilmuwan adalah orang yang berkecimpung dalam ilmu pengetahuan.

Siapakah ilmuwan terfavorit menurut anda dan mengapa anda memilihnya sebagai ilmuwan favorit anda?


(Saintia) #2

Tidak banyak ilmuwan wanita yang terkenal dan mendapatkan gelar yang banyak bahkan menolak penghargaan Nobel. Tidak, kecuali seorang Marie Curie

Lihatlah dirinya, satu-satunya wanita yang duduk bersama para ilmuwan tersohor sepanjang masa seperti Picard, Scrodinger, Einstein, Bragg, Dirac, Bohr, Planck, dll di Konferensi Solvay tahun 1927.

Dia berasal dari keluarga miskin di Polandia, ibunya meninggal sedangkan ayahnya bekerja banting tulang untuk menghidupi keluarganya. Perjalanannya menuntut ilmu dan menjadi wanita yang mandiri menemui banyak hambatan karena saat itu stereotip Polandia pada wanita begitu menekan. Wanita tidak diperbolehkan bersekolah dan bekerja setara dengan pria. Oleh sebab inilah Marie pergi ke Perancis pada umur 24 tahun dan akhirnya mendapatkan dua gelar selama belajar disana.

Dialah satu satunya ilmuwan wanita yang datang dan menerima dua penghargaan Nobel di bidang Sains: Fisika dan Kimia.

Saat jaman perang, dia mendirikan institusi radiologi, menciptakan unit x-ray mobile dan mendonasikan uang hasil penghargaan Nobelnya untuk mendukung pemerintah dalam perang. Usaha besarnya ini tetap saja diacuhkan oleh pemerintah Perancis.

Selama hidupnya, Marie dan suaminya, Pierre menolak banyak sekali penghargaan dan mendonasikan semua dana hasil penelitian mereka untuk teman-teman mereka dan badan amal. Marie menyangkal resiko penelitian isotop radioaktifnya, lantas menulis buku berjudul Radioactivity tentang pergolakan racun radioaktif. Dia tidak pernah mematenkan metodenya karena menurutnya dengan begitu ia bisa membantu para ilmuwan di masa mendatang. Marie turut menghargai usaha suaminya dengan menamai jalan sesuai nama suaminya (Rue Pierre-Curie, dimana Institut Radium didirikan) dan menulis sebuah biografi sepeninggal suaminya.

Dia juga dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh dalam bidang sains pada tahun 2015.


(Achmad Lintang Wiranandha) #3

Jika anda menganggap Thomas Alva Edison adalah seorang bapak era elektronik, anda mungkin perlu meneliti sejarah penemuan elektrik sekali lagi.

Sejarah mencatat, saat dunia masih menggunakan penerangan lilin, seseorang menemukan sistem elektrik yang dikenal sebagai "Arus bolak-balik / Altering Current (AC)) yang menjadi dasar energi yang dipakai di setiap rumah di planet ini.

Siapakah jenius yang menemukan sistem ini? Jawabannya adalah Nikola Tesla

(depikasi Nikola Tesla dalam film The Prestige, diperankan oleh David Bowie)

Pernah dengar seorang bernama Marconi? Ia mendapatkan hadiah Nobel di bidang Fisika karena menemukan radio.
Tahukah anda bahwa Marconi menggunakan seluruh hasil pekerjaan jadi Tesla. Setelah Marconi terkenal, Tesla hanya berkata, “Marconi adalah orang baik. Biarkan ia meneruskan pekerjaannya. Dia menggunakan sejumlah 17 hasil kerja patenku.” yang bisa ditarik kesimpulan bahwa Tesla adalah penemu yang murah hati.

Bisa jadi sejarah merekam bahwa Watson-Watt seorang ilmuwan Inggris adalah penemu Radar di tahun 1935. Tapi tebak siapa yang memiliki ide yang sama 18 tahun sebelum Watson-Watt? Seorang Nikola Tesla, tuan dan nyonya.
Dia menawarkan idenya kepada Angkatan Laut Amerika Serikat di awal perang dunia pertama saat dunia digoyahkan dengan kekuatan siluman U-Boat milik Jerman.
Sayangnya, hal ini digagalkan oleh Thomas Edison yang saat itu menjabat sebagai ketua departemen penelitian dan pengembangan Angkatan Laut Amerika Serikat dan menghasut para kolega nya untuk menolak ide brilian tersebut karena menurutnya Radar tidak memiliki pengaplikasian di medan perang sesungguhnya.

Ironisnya, segala yang ia kerjakan tidak mendapatkan balasan yang setimpal baik dari negerinya, maupun dunia. Ia meninggal pada umur 86 tahun sendirian di kamar hotelnya di New York.