Siapakah hacker paling hebat yang pernah ada?


(Saintia) #1

Peretas (hacker) adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.


(Saintia) #2

Mencari hacker terbaik di dunia sama saja dengan mencari cheetah tercepat di padang Afrika. Jawabannya tidaklah pasti karena diluar sana banyak sekali hacker dengan kemampuan diatas rata-rata dan menyembunyikan identitas mereka adalah prioritas utama.

Akan tetapi, ada satu nama yang terkenal di seluruh komunitas hacker dunia yaitu Jonathan James (meninggal tahun 2008). Jonathan lebih dikenal dengan username c0mrade di jagat internet. Pada masa minornya, Jonathan terkenal sebagai peretas handal dan sudah bolak balik masuk keluar penjara karena tuduhan cyber crime.


Dalam usia 15 tahun saja, ia mampu meretas banyak network termasuk milik perusahaan besar swasta dan pemerintah seperti Bell South, Miami-Dade, Departemen Pertahanan Nasional Amerika Serikat dan Badan Antariksa Nasional Amerika (NASA).
Sulit dipercaya tapi benar adanya. Jonathan meretas network NASA dan men-download banyak source code untuk mempelajari bagaimana sistematika kerja Stasiun Luar Angkasa Internasonal. Jumlah total harga aset yang ia download setara hingga $1,7 juta dollar. NASA juga masih dipermalukan karena mereka harus menutup network selama tiga minggu sementara mereka menginvestigasi peretasan tersebut yang mana mengeruk biaya hingga $41.000 dollar.
Sayangnya, kisah sepak terjang Jonathan James berakhir tragis. Pada tahun 2007, beberapa perusahaan besar mengaku menjadi korban serangan besar malware (virus komputer/software berbahaya) pada network mereka. Meski Jonathan menyangkal keterlibatan dirinya dalam kasus ini, pemerintah tetap mencurigai dan menyelidiki dirinya. Pada tahun 2008, Jonathan James bunuh diri karena ia yakin bahwa dirinya akan terus dicurigai atas perbuatan yang tidak ia lakukan.