Siapakah Gordon Ramsay?

Siapakah Gordon Ramsay ?

Siapakah Gordon Ramsay ?

1 Like

Gordon Ramsay


Gordon Ramsay adalah seorang koki terkenal yang lahir pada 8 November 1966, di Johnstone, Skotlandia. Saat masih muda, Ramsay pindah bersama keluarganya dari Skotlandia ke Inggris, tempat ia dibesarkan di Stratford-upon-Avon. Dia bermain sepakbola asosiasi untuk tim pemuda Oxford United, dan pada usia 15 tahun dia didekati oleh Liga Premier Skotlandia Glasgow Rangers. Setelah mengalami cedera lutut, akhirnya ramsay tidak mengejar karir di sepakbola.

Setelah mendapatkan gelar diploma kejuruan dalam manajemen hotel dari North Oxon Technical College pada tahun 1987, ia pindah ke London dan mulai mengasah keterampilan kulinernya di bawah chef Marco Pierre White di restoran Harvey’s dan di bawah chef Albert Roux di La Gavroche. Selama awal 1990-an Ramsay melakukan perjalanan ke Prancis, dimana ia menyiapkan masakan Prancis klasik di dapur koki utama Joël Robuchon dan Guy Savoy. Pada tahun 1993, Ramsay kembali ke London dan menjadi kepala koki Aubergine, yang pada tahun 1996 telah memenangkan dua bintang maksimum tiga bintang dari Michelin Guide, sebuah publikasi peringkat hotel dan restoran yang sangat bergengsi.

image

Pada tahun 1998, Ramsay membuka restorannya sendiri, Gordon Ramsay yang terkenal, yang dalam waktu tiga tahun memenangkan bintang Michelin ketiganya dan dinilai sebagai salah satu restoran terbaik di dunia. Pada tahun 1999 ia membuka Pétrus, yang mendapatkan bintang Michelin dalam waktu tujuh bulan, dan pada tahun 2001 ia mendirikan Gordon Ramsay di Claridge’s (ditutup 2013), yang memenangkan bintang Michelin dua tahun kemudian. Suksesi tumbuh dari restoran pemenang bintang Michelin diikuti, termasuk Savoy Grill, Boxwood Café (ditutup 2010), Maze, dan La Noisette (ditutup 2008). Pada tahun 2001 Ramsay meluncurkan restoran internasional pertamanya, Verre, di Dubai, Uni Emirat Arab; ia mengakhiri hubungannya dengan restoran itu pada 2011. Lokasi Amerika pertamanya, Gordon Ramsay di London, dibuka pada 2006 di New York City (ditutup 2014), dan pada 2008 Gordon Ramsay au Trianon mulai melayani di Versailles (di luar Paris). Dia kemudian membuka usaha di Jepang, Australia, dan Afrika Selatan.

Selain dari bisnis restoran jutaan dolar, Ramsay juga meraih status bintang sebagai television personality. Pada tahun 2004, ia meluncurkan Kitchen Nightmares seri Inggris pemenang penghargaan Ramsay, dimana ia berusaha mengubah restoran yang gagal menjadi perusahaan yang menguntungkan, dan Hell’s Kitchen, dimana ia mengambil tantangan untuk mengubah pemilik restoran yang ingin menjadi koki berkualitas; yang pertama berakhir pada 2014 dan yang terakhir pada 2009. Pada 2007, ia mulai membintangi versi Amerika dari kedua pertunjukan, dan Hotel Hell — dimana formula Hell’s Kitchen diterapkan pada industri penginapan — mulai ditayangkan di Amerika Serikat pada 2012 Versi AS dari Kitchen Nightmares berakhir pada 2014. Program TV Ramsay lainnya termasuk The F-Word (lakon tentang kata makanan dan sumpah serapah empat huruf favorit Ramsay), yang ditayangkan perdana di Inggris pada tahun 2005, dan versi Amerika dari MasterChef yang memulai debutnya pada tahun 2010. Pertunjukan terakhir, yang Rohay cohosted, menampilkan koki amatir yang bersaing untuk mendapatkan hadiah uang tunai dan kontrak buku resep. MasterChef Junior, yang memiliki anak-anak sebagai kontestan, mulai mengudara pada 2013 di Amerika Serikat. Pada 2017 Ramsay muncul dalam dua bagian seri dokumenter Inggris Gordon on Cocaine, tentang obat terlarang. Dua tahun kemudian Gordon Ramsay: Uncharted melakukan debut; acara TV mengikuti Ramsay saat ia berkeliling dunia untuk mengalami berbagai masakan dan budaya.

Dimulai dengan Gordon Ramsay’s Passion for Flavour (1996), Ramsay menerbitkan banyak buku masak terlaris. Dia menulis otobiografi Humble Pie (2006) dan Gordon Ramsay’s Playing with Fire (2007).

image

Referensi

Schreiber, Barbara A. Gordon Ramsay, SCOTTISH CHEF AND RESTAURATEUR.