Siapakah Galileo Galilei?

image

Galileo adalah seorang astronom Italia, ahli matematika, ahli fisika, filsuf dan profesor yang membuat pengamatan perintis tentang alam dengan implikasi jangka panjang untuk studi fisika. Bagaimana biografi Galileo Galilei secara lengkap?

Masa muda

Galileo Galilei dilahirkan di Pisa di Kadipaten Florence, Italia, pada 15 Februari 1564. Galileo adalah anak pertama dari enam bersaudara yang lahir dari Vincenzo Galilei, seorang musisi terkenal dan ahli teori musik, dan Giulia Ammannati. Pada 1574, keluarganya pindah ke Florence, tempat Galileo memulai pendidikan formalnya di biara Camaldolese di Vallombrosa.

Pendidikan

Pada 1583, Galileo memasuki Universitas Pisa untuk belajar kedokteran. Berbekal kecerdasan luar biasa dan dorongan, ia segera menjadi terpesona dengan banyak mata pelajaran, terutama matematika dan fisika.

Sementara di Pisa, Galileo dihadapkan pada pandangan dunia Aristoteles tentang dunia, kemudian otoritas ilmiah terkemuka dan satu-satunya yang disetujui oleh Gereja Katolik Roma.

Pada awalnya, Galileo mendukung pandangan ini, seperti intelektual lain pada masanya, dan berada di jalur yang tepat untuk menjadi profesor universitas. Namun, karena kesulitan keuangan, Galileo meninggalkan universitas pada tahun 1585 sebelum mendapatkan gelar sarjana.

Karier sebagai Profesor

Galileo terus belajar matematika setelah meninggalkan universitas, mendukung dirinya dengan posisi mengajar minor.

Selama masa ini, ia memulai penelitian dua dasawarsa tentang objek yang bergerak dan menerbitkan The Little Balance, menggambarkan prinsip-prinsip hidrostatik dalam menimbang jumlah kecil, yang membuatnya terkenal. Ini memberinya pos mengajar di Universitas Pisa, pada 1589.

Sementara di sana, Galileo melakukan eksperimen dongengnya dengan benda-benda jatuh dan menghasilkan naskahnya Du Motu (On Motion), keberangkatan dari pandangan Aristotelian tentang benda gerak dan benda jatuh. Galileo mengembangkan kesombongan tentang karyanya, dan kritik pedasnya terhadap Aristoteles membuatnya terisolasi di antara rekan-rekannya. Pada 1592, kontraknya dengan Universitas Pisa tidak diperpanjang.

Galileo dengan cepat menemukan posisi baru di Universitas Padua, mengajar geometri, mekanika dan astronomi. Pengangkatan itu beruntung, karena ayahnya meninggal pada tahun 1591, meninggalkan Galileo yang dipercayakan dengan perawatan adik laki-lakinya.

Selama 18 tahun masa jabatannya di Padua, ia memberikan ceramah yang menghibur dan menarik banyak pengikut, yang semakin menambah ketenaran dan rasa misinya.

Putri dan Putranya

Pada 1600, Galileo bertemu Marina Gamba, seorang wanita Venesia, yang melahirkan tiga anak di luar nikah: putri Virginia dan Livia, dan putra Vincenzo. Dia tidak pernah menikah dengan Marina, mungkin karena kekhawatiran keuangan dan mungkin takut bahwa anak-anaknya yang tidak sah akan mengancam kedudukan sosialnya.

Galileo khawatir putri-putrinya tidak akan menikah dengan baik, dan ketika mereka lebih besar, menyuruh mereka masuk biara. Pada 1616, di Biara San Mateo, Virginia mengubah namanya menjadi Maria Celeste dan Livia menjadi Suster Arcangela, ketika mereka menjadi biarawati. Maria Celeste tetap berhubungan dan mendukung ayahnya melalui surat sampai kematiannya.

Tidak ada surat dari Arcangela yang selamat. Kelahiran putranya akhirnya disahkan dan ia menjadi musisi yang sukses.

Buku

Galileo menerbitkan sejumlah buku sepanjang karirnya, termasuk:

  • Operasi Kompas Geometrik dan Militer (1604), yang mengungkapkan keterampilan Galileo dengan eksperimen dan aplikasi teknologi praktis.
  • The Starry Messenger (1610), sebuah buku kecil yang mengungkapkan penemuan Galileo bahwa bulan itu tidak rata dan halus tetapi sebuah bola dengan gunung dan kawah.
  • Discourse on Bodies in Water (1612), yang membantah penjelasan Aristotelian tentang mengapa benda-benda mengapung di air, mengatakan bahwa itu bukan karena bentuknya yang datar, melainkan berat benda terkait dengan air yang dipindahkan.
  • Dialog Mengenai Dua Kepala Sistem Dunia (1632), sebuah diskusi di antara tiga orang: orang yang mendukung teori heliosentris Copernicus tentang alam semesta, orang yang membantahnya, dan orang yang tidak memihak. Meskipun Galileo mengklaim bahwa Dialog itu netral, jelas tidak. Pendukung kepercayaan Aristotelian tampil sebagai orang bodoh, terjebak dalam argumennya sendiri.
  • Two New Sciences (1638), ringkasan karya Galileo tentang ilmu gerak dan kekuatan bahan.

Teleskop Galileo

Pada Juli 1609, Galileo belajar tentang teleskop sederhana yang dibuat oleh pembuat kacamata Belanda dan segera mengembangkan salah satu teleskopnya sendiri. Pada bulan Agustus, ia menunjukkannya kepada beberapa pedagang Venesia, yang melihat nilainya untuk navigasi dan melihat kapal. Para pedagang memberi Galileo gaji untuk memproduksi beberapa dari mereka.

Ambisi Galileo mendorongnya untuk melangkah lebih jauh, dan pada musim gugur 1609 ia membuat keputusan yang menentukan untuk memutar teleskopnya ke langit. Menggunakan teleskopnya untuk menjelajahi alam semesta, Galileo mengamati bulan dan menemukan Venus memiliki fase seperti bulan, membuktikannya berputar mengelilingi matahari, yang membantah doktrin Aristoteles bahwa Bumi adalah pusat alam semesta.

Dia juga menemukan Jupiter yang memiliki bulan-bulan yang berputar dan bulan itu tidak berputar di sekitar planet Bumi. Pada 1613, ia menerbitkan pengamatannya tentang bintik matahari, yang juga membantah doktrin Aristotelian bahwa matahari itu sempurna.

Penemuan Galileo

Selain teleskop dan berbagai penemuan matematika dan ilmiahnya, pada 1604 Galileo membangun keseimbangan hidrostatik untuk mengukur benda-benda kecil.

Pada tahun yang sama, ia juga memperbaiki teorinya tentang benda bergerak dan jatuh, dan mengembangkan hukum percepatan universal, yang dipatuhi semua benda di alam semesta. Dia juga menemukan jenis termometer sederhana.