Siapakah Dorothy Johnson Vaughan?

Dorothy Johnson Vaughan adalah seorang insinyur matematika berkebangsaan Afrika-Amerika yang bekerja dibalik program peluncuran satelit ke luar angkasa.

Dorothy Johnson Vaughan adalah seorang guru matematika Afrika-Amerika yang menjadi salah satu insinyur matematika terkemuka di masa-masa awal industri dirgantara. Setelah industri pertahanan A.S. tersegegregasi, Vaughan bekerja dengan operator dan insinyur komputer terkemuka dan menjadi ahli dalam bahasa pemrograman pemrograman FORTRAN di NASA. Dia bekerja pada Program Kendaraan Peluncuran SCOUT yang menembak satelit ke luar angkasa. Vaughan dan matematikawan Afrika-Amerika wanita lainnya adalah subjek dari film 2016 Hidden Figure.

Masa muda

Dorothy Johnson lahir di Kansas City, Missouri pada 20 September 1910. Pada usia tujuh tahun, orang tuanya, Leonard dan Anne Johnson, memindahkan keluarga ke Morgantown, Virginia Barat. Dia lulus dari Beechurst High School pada tahun 1925, dan empat tahun kemudian, menerima gelar Bachelor of Science dari Wilberforce University di Ohio. Pada 1932, ia menikah dengan Howard Vaughan.

Karir dalam Matematika

Selama sebelas tahun berikutnya, Vaughan membagi waktunya antara menjadi ibu rumah tangga dan guru matematika di Sekolah Menengah Robert Russa Moton di Farmville, Virginia. Pada 1943, keluarga itu pindah ke Newport News, Virginia, dan Vaughan dipekerjakan sebagai ahli matematika di Komite Penasihat Nasional untuk Aeronautika (lembaga pendahulu NASA) dalam apa yang dia pikir akan menjadi pekerjaan sementara. Sebagai penerima manfaat Executive Order 8802 dari Presiden Franklin D. Roosevelt, Vaughan adalah di antara kelompok pertama orang Afrika-Amerika yang dipekerjakan sebagai ahli matematika dan ilmuwan. Perintah eksekutif itu melarang diskriminasi berdasarkan ras, agama, dan etnis di industri pertahanan.

Bekerja dalam Kondisi Terpisah

Namun, bahkan dengan perintah eksekutif, undang-undang negara bagian dan lokal mengharuskan matematikawan “berwarna” untuk bekerja secara terpisah dari rekan-rekan perempuan kulit putih mereka. Vaughan ditugaskan ke unit “Area Komputasi Barat” yang terpisah, di mana ia diminta untuk menggunakan fasilitas ruang makan dan kamar mandi terpisah. Di NACA, ia bertanggung jawab untuk menghitung perhitungan matematis untuk insinyur yang melakukan eksperimen aeronautika di terowongan angin pada variabel yang mempengaruhi drag dan lift pesawat.

Pada tahun 1949, Vaughan menjadi supervisor kulit hitam pertama di NACA ketika ia dipromosikan menjadi manajer West Area Computers. Kelompok kerja ini seluruhnya terdiri atas matematikawan perempuan Afrika-Amerika. Judul itu memberinya visibilitas yang langka dan dia berkolaborasi dengan operator komputer terkenal lainnya di berbagai proyek. Dia juga menjadi advokat yang berdedikasi bagi karyawan wanita yang pantas mendapatkan promosi atau kenaikan gaji, seringkali mendukung wanita kulit putih juga.

Bekerja dengan NASA dan Program Luar Angkasa

Vaughan memimpin program Komputasi Area Barat selama satu dekade. Kemudian pada tahun 1958, ketika NACA beralih ke Administrasi Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA), badan tersebut menghapuskan lingkungan kerja yang terpisah. Vaughan bergabung dengan Divisi Analisis dan Komputasi yang baru, menjadi programmer FORTRAN yang ahli, dan bekerja pada Program Peluncuran SCOUT (Solid Controlled Orbital Utility Test), salah satu kendaraan peluncuran paling sukses dan andal di negara ini, yang digunakan untuk meluncurkan satelit 385 pound. menjadi orbit 500 mil.

Masa-masa selanjutnya

Vaughan berusaha mendapat promosi, tapi ia tidak pernah menerima posisi manajemen lain di NASA. Dia pensiun pada tahun 1971. Selama dekade terakhir karirnya, Vaughan bekerja erat dengan sesama ahli matematika NASA Katherine G. Johnson dan Mary Jackson dalam peluncuran astronot John Glenn ke orbit, yang membawa kepercayaan kembali ke program luar angkasa Amerika. Vaughan meninggal pada 10 November 2008. Warisannya dan kisah tentang wanita-wanita Barat lainnya hidup dalam film 2016 Hidden Figure.

Berikut adalah link film Hidden Figure (full movie)