Siapakah CEO Terbaik yang Anda Ketahui?


(Bima Satria) #1

Pepatah mengatakan, Kapal Besar Memiliki Kapten Yang Tangguh. Kalimat ini cocok jika kita sandingkan dengan Perusahaan besar memiliki CEO yang hebat. Hebat disini memiliki perspektif berbeda dari setiap individu yang menilai, ada yang menilai dari segi kepemimpinan, cara memberdayakan sumber daya, atau cara erhadapan dengan customer.

Sumber: cio.com

Sangat banyak CEO hebat yang kita ketahui, sebut saja Jack Ma dan Steve Jobs, mereka memimpin perusahaan besar dengan gaya kepemimpinan yang berbeda. Menurut Anda siapakah CEO hebat lainnya dengan prestasi gemilang? Apakah tolak ukur Anda sehingga mengatakan CEO tersebut Hebat?


(Priyo Danu Narpati) #2

Gabe Newell CEO dari Valve adalah pribadi yang lumayan unik.
Dia banyak melemparkan cemooh dan komentar pedas pada pesaing-pesaingnya di dunia game. Ada juga saat dimana dia menyindir Microsoft dengan Xbox Live-nya. Uniknya, ia pernah bekerja di Microsoft.

Terlihat dari perusahaan yang ia miliki dan kembangkan yaitu Valve yang memiliki profil antagonistik, sebenarnya Gabe adalah orang yang ramah dan mudah ditemui, baik secara langsung atau lewat media sosial.
Ia memiliki sebuah page fans di reddit yang dicatut untuk dirinya dan fans fansnya. Ya, dia memiliki fans diseluruh dunia terlepas game maupun platformnya.
Gabe banyak membaca dan membalas email yang dikirimkan kepadanya, meski email tersebut adalah email iseng yang dikirim oleh anonim.

Itulah satu dari sekian banyak keunikan dari Gabe Newell.

Sumber: SAINTIA


(Himawat Aryadita) #3

Sumber gambar : computermuseum.li

CEO terbaik menurut saya adalah Thomas J. Watson, Sr, Chairman and CEO of IBM 1914-1956

Watson Sr, sukses mengembangkan IBM di awal berdirinya, dan menjadi panutan banyak CEO hingga saat ini.

Salah satu legacy-nya yang sangat populer hingga saat ini adalah motto THINK yang disebarkan kepada seluruh karyawan IBM pada saat itu, dan masih menjadi motto IBM sampai saat ini.

Sumber gambar : newyorker.com

All the problems of the world could be settled easily if men were only willing to THINK. The trouble is that men very often resort to all sorts of devices in order not to think, because thinking is such hard work.

Pada saat itu, Thomas J. Watson, Sr juga menekankan kepada seluruh pegawai IBM bahwa mereka harus “read, listen, discuss, observe, and then take the time to sit down and think”

I hope you come to an opinion based on reading, listening, discussing, observing and then thinking. Then it will be strong to you. Thomas J. Watson, Sr

Didalam kepemimpinan, salah satu arahan beliau yang paling terkenal adalah “Every manager’s first duty is to help the men under his direction”. Hal itu juga menjadi motto Steve Job dalam memimpin teamnya di Apple.

Beberapa quote Thomas J. Watson, Sr, yang terkenal, dan banyak menjadi motto perusahaan besar saat ini, seperti Google, Apple dll, antara lain,

Pengembangan diri

Don’t make friends who are comfortable to be with. Make friends who will force you to lever yourself up.

It is better to aim at perfection and miss it than to aim at imperfection and hit it

You can be discouraged by failure, or you can learn from it. So go ahead and make mistakes, make all you can. Because, remember that’s where you’ll find success

Develop your initiative. Do something no one else has done.

You cannot stay in one place : you either go forward or go backward

If you want to increase your success rate, double your failure rate.

To be successful, you have to have your heart in your business and your business in your heart.

If you stand up and be counted, from time to time you may get yourself knocked down. But remember this: A man flattened by an opponent can get up again. A man flattened by conformity stays down for good.

Kesuksesan IBM

Every time we’ve moved ahead in IBM, it was because someone was willing to take a chance, put his head on the block, and try something new.

The forces that produce success are manpower and brain-power.

To visualize the future of IBM you must know something of the past. Plan for the future.

We must never feel satisfied

Once an organization loses its spirit of pioneering and rests on its early work, its progress stops.

A manager is an assistant to his men.

Sumber :

ibm.com



(Iqbal Putra Santosa) #4

Dari sekian banyak CEO dengan perusahaan terbaik, CEO terbaik yang saya ketahui ialah Larry Page dengan Google Inc-nya. Saya katakan yang terbaik karena menurut saya Larry Page benar-benar memperhitungkan dan memberdayakan sumber daya manusianya. Mulai dari perekrutan SDM yang ketat, biaya untuk meningkatkan keterampilan yang efektif, insentif financial yang dapat memotivasi karyawan untuk bekerja lebih semangat, fasiltas yang diberikan kepada karyawan google seperti laundry, gym, panti pijat, layanan antar-jemput dan masih banyak lagi.

Sumber gambar: plimbi.com

“Anda akan lebih mudah untuk masuk CIA daripada Google” salah satu lelucon orang barat. Artinya untuk masuk sebagai karyawan Google minimal anda harus ber IQ 160 (ya harus jenius lah kasarnya). Itupun belum pasti anda diterima, karena masih banyak seleksi lainnya.

Dalam proses perekrutannya, Google sangat memperhatikan sekali prosesnya, dalam sehari ratusan aplikasi diterima dan sedikitnya ada 5 orang di interview setiap harinya. Pada dasarnya yang membuat Google menjadi perusahaan besar adalah sumber daya manusianya dan dalam proses perekrutannya ada beberapa hal yang ditekankan pada calon karyawan Google yaitu : mempunyai tingkat kesukaan dan dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan, energetik, mengerti tentang produk Google, komitmen terhadap pekerjaan, kreatif dan mampu menghasilkan sesuatu yang besar.

Dedikasi terhadap karyawan

Seperti yang dikatakan Larry Page (penemu Google) “We don’t just want you to have a great job. We want you to have a great life. We provide you with everything you need to be productive and happy on and off the clock.”

Larry Page mengetahui bahwa faktor penting yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam segi investasi adalah sumber daya manusianya.

Sumber :
wisnudewobroto.com
kompas.com
blogsangpemenang.blogspot.com