Siapakah Az Zubair bin Al 'Awwam

Beliau adalah Az Zubair bin Al ‘Awwam bin Khuwailid bin Asad bin Abdil Uzza bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Lu-ay. Beliau berasal dari Bani Asad. Nasabnya bertemu dengan nasab Rasulullah pada Qushay bin Kilab. Dan Az Zubair adalah saudara satu ayah Khadijah bintu Khuwailid, istri Rasulullah. Dari jalur ibu, Az Zubair adalah sepupu Rasulullah. Sebab ibu Az Zubair adalah Shafiyyah bintu Abdil Muththalib radhiyallahu ‘anha, bibi Rasulullah.

Az Zubair bukan sembarang orang. Beliau dikenal sebagai hawari Rasulullah atau pembela Rasulullah. Kuniyah Az Zubair adalah Abu Abdillah dan beliau adalah suami Asma’ bintu Abi Bakar Ash Shiddiq radhiyallahu ‘anhuma.

Az Zubair masuk Islam pada umur delapan tahun, dua tahun lebih muda dari Ali. Sejak masuk Islam, Az Zubair sudah dikenal sebagai orang yang membela Islam. Ketika di Madinah, beliau selalu menjadi andalan Rasulullah dan kaum muslimin ketika menghadapi musuh. Az Zubair selalu menyertai Rasulullah dalam perang-perang yang diikuti beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, sehingga pantaslah jika Rasulullah menjulukinya dengan hawari Rasulullah.

Sepeninggal Rasulullah, Az Zubair menjadi salah satu andalan Abu Bakar untuk menghadapi musuh-musuh Islam. Ketika pasukan Islam dikonsentrasikan menghadapi orang-orang murtad, Az Zubair adalah salah seorang sahabat yang ditugaskan menjaga perbatasan kota Madinah.

Demikian pula ketika terjadi Perang Yarmuk. Az Zubair ikut serta dalam barisan kaum muslimin, sebagaimana Abu Ubaidah, Khalid bin Walid, Yazid bin Abi Sufyan. Seperti Thalhah, Az Zubair meninggal dunia selepas mereda Perang Jamal yang terjadi pada tahun 36 H. Az Zubair dibunuh oleh Amr bin Jurmuz.

Semasa hidupnya, Az Zubair menikahi beberapa orang wanita. Mereka adalah Asma’ bintu Abi Bakar (darinya lahir Abdullah, Urwah, Al Mundzir, Khadijah Al Kubra, Ummul Hasan, dan Aisyah), Ummu Khalid bintu Khalid bin Sa’id (darinya lahir Amr, Khalid, Habibah, Saudah, dan Hindun), Ummu Ribab bintu Unaif (darinya lahir Mush’ab, Hamzah, dan Ramlah), Zainab bintu Bisyr (darinya lahir Ubaidah, Ja’far, dan Hafshah), dan Ummu Kultsum bintu ‘Uqbah (darinya lahir Zainab).