Siapakah Andy F. Noya?

Jadilah orang seperti lilin yang rela hancur demi menerangi orang di sekitarnya”
-Andy F Noya

Dibalik kesuksesannya membawakan acara Kick Andy di Metro TV, ternyata Andy F Noya memiliki pengalaman hidup yang menginspirasi. Andy F Noya lahir di Surabaya pada 6 November 1960. Andy lulus dari SD Sang Timur Malang setelah sebelumnya sempat berpindah-pindah sekolah dasar. Kemudian masa SMP Andy melanjutkan ke Sekolah Teknik Negeri Jayapura. Lulus dari Sekolah Teknik Jayapura ia melanjutkan sekolah di STM Jakarta. Andy berkeinginan menjadi wartawan dan akhirnya mendaftarkan diri ke Sekolah Tinggi Oublistik (STP).

Berkat ibunya Andy dapat bersekolah di STP karena lulus STM tidak bisa masuk ke STP.
Andy pun pernah mendapat beasiswa dari British Council Jakarta untuk belajar jurnalistik melalui Thomson Foundation di Cardiff University of Journalism School, Wales, Inggris. Andy pun lulus dalam tes seleksi. Berbicara soal beasiswa andy pun pernah mendapat beasiswa dari Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta untuk belajar televise public di Amerika. Ia beserta seorang temannya terpilih dan melakukan program selama satu bulan. Selain itu Andy pun pernah mendapat beasiswa untuk mengikuti program IDEAS-Indonesia di MIT Sloan School Management, Boston, AmerikaSerikat.

image
Presenter “Kick Andy” memiliki beberapa pengalaman kerja yang luar biasa diantaranya :

a. Tahun 1985 Andy menjadi reporter paruh waktu di proyek penerbitan buku Apa & Siapa Orang Indonesia (Majalah Tempo). Saat itu Andy masih kuliah di STP Jakarta.

b. Andy menjadi reporter Bisnis Indonesia setelah diajak bergabung oleh pimpinan Grafitipers yaitu Lukman Setiawan.

c. 2 tahun di Bisnis Indonesia Andy ditawari Pemimpin Perusahaan Tempo agar ia pindah ke majalah matra. Andy pun sangat tertarik karena ia ingin belajar hal baru lagi.

d. Saat mulai jenuh di Matra, pada tahun 1992 Andy mendapat tawaran untuk bergabung di Media Indonesia . Andy pun memutuskan menerimanya. Andy sangat beruntung karena semua syarat yang ia ajukan diterima oleh Surya Paloh .Surya Palohpun menaruh harapan besar pada Andy untuk memimpin Media Indonesia.

e. Tahun 1999, RCTI menghadapi masalah. Andy dan wartawan senior DjafarAssegaff diutus untuk membantu Seputar Inonesia. banyak sekali langkah-langkah kontroversial yang Andy lakukan demi melakukan perbaikan yang membawa Seputar Indonesia mengalahkan Liputan 6 SCTV saat itu.

f. Tahun 2000, Metro TV Surya Paloh kembali memanggil Andy untuk memimpin Metro TV sebagai pemimpin redaksi dan kala itu Metro TV sudah mengantongi izin siaran.

g. Tahun 2003 Andy ditarik kembali ke Media Indonesia dan menjadi pemimpin redaksi di surat kabar umum terbesar kedua itu.

h. Tahun 2006pemimpin redaksi Metro TV Don Bosco mengundurkan diri, Andy Noya yang menjadi wakil pemimpin umum di Media Indonesia, diminta merangkap menjadi pemimpin redaksi Metro TV menggantikan Don Bosco.

i. Sekarang Andy menjadu presenter acara paaling popular yaitu “Kick andy” . Acara ini selalu menjadi sorotan publik dan disukai banyak orang karena banyak memberikan edukasi dan fakta.

Beberapa penghargaan yang pernah Andy raih :
a. Tahun 2010-2011, Andy memenangkan Panasonic Gobel Award kategori Presenter Berita/Current Affairs.

b. Tahun 20014-2015, Andy menjadi nominasi di Panasonic Award kategori Presenter Presenter Berita & Talkshow Berita.

Kecintaannya dalam tulis menulis mengantarkannya menjadi jurnalis. Mulai dari jurnalis media cetak hingga TV ternama. Ia pindah dari satu media ke media lain karena memang dibutuhkan oleh pengelola medianya. Hampir 31 tahun lamanya, Andi F Noya terjun ke dunia wartawan.

Meski sudah beberapa kali jadi pemimpin redaksi, namanya mulai banyak dikenal orang setelah Metro TV memberikan nama program Kick Andy untuk dirinya. Program yang dikelola oleh Andy F Noya ini mendapat repons yang baik oleh masyarakat.

Menjadi jurnalis adalah meneruskan kecintaaannya sejak kecil. Setelah tamat sekolah menengah, ia memilih masuk Sekolah Tinggi Publisitik (STP) Jakarta yang kini bernama Institut Ilmu Sosial dan Politik (IISIP), Lenteng Agiung, Jakarta. Dari kampus inilah ia mengenyam pendidikan jurnalistik.

Pria kelahiran Surabaya, 6 November 1960, mengawali kariernya sebagai reporter pada 1985 untuk membantu Majalah Tempo dalam penerbitan buku “Apa dan Siapa Orang Indonesia”. Pada tahun yang sama, Andy diajak bergabung bersama oleh Lukman Setiawan pada saat harian ekonomi Bisnis Indonesia hendak terbit.

Dua tahun bergabung di Bisnis Indonesia, Andy diajak oleh Fikri Jufri wartawan senior Tempo untuk memperkuat majalah Matra yang baru diterbitkan Tempo. Ternyata Matra bukanlah pelabuhan terakhirnya, ia ditawari Surya Paloh pemilik surat kabar Prioritas untuk bergabung dengan koran Media Indonesia pada tahun 1992.

Setelah bergabung dengan Media Indonesia, pada tahun 1999, Andy bersama wartawan senior Djafar Assegaf, diutus untuk membantu RCTI yang sedang menghadapi masalah. Di sana terjadi gejolak di kalangan wartawan program berita Seputar Indonesia terkait status perusahaannya.

Satu tahun berikutnya, karier Andy dalam dunia jurnalistik terus naik. Ia dipanggil kembali oleh Surya Paloh untuk memimpin Metro TV sebagai pemimpin redaksi, pada tahun tersebut Metro TV mendapatkan izin untuk siaran. Tiga tahun kemudian Andy ditarik kembali ke Media Indonesia. Di tahun 2006, Andy diminta merangkap menjadi pemimpin redaksi Metro TV menggantikan Don Bosco Selamun.

Kini, ayah tiga anak tersebut menjadi pembawa acara terpopuler “Kick Andy” yang ditayangkan di Metro TV. Acara ini sangat disukai banyak orang dan menjadi sorotan publik, karena banyak memberikan fakta, edukasi, dan inspirasi.

KELUARGA

Istri : Retno Palupi Noya
Anak : Mario randy Lamas Noya
Marco Randy Parama Noya
Marlo Randy Ernesto Noya

PENDIDIKAN

SD, Malang, Jawa Timur
ST, Jayapura
STM, Jayapura
Sekolah Tinggi Publisitik (sekarang IISIP), Jakarta

KARIER

Reporter Majalah Tempo (1985)
Reporter Harian Ekonomi Bisnis Indonesia (1985)
Majalah Matra (1987)
Pemimpin Redaksi Metro TV (2000)
Pembawa Acara “Kick Andy”
Pembawa Acara Big Bang! Show Kompas TV