Siapakah Andrew M Niccol?

Andrew M. Niccol lahir pada tanggal 10 Juni 1964 di Paraparaumu, Selandia Baru dan dibesarkan di Auckland, tempat dimana dia menempuh pendidikan pada Auckland Grammar School awal tahun 1973. Dia meninggalkan Selandia Baru pada usia 21 tahun dan mulai menjadi pengarah pada iklan TV di London, yang dia lakukan selama lebih dari sepuluh tahun sebelum menyutradarai film Gattaca (1997).

Niccol menikah dengan Susan Grace Jennifer Sullivan tahun 1991 sampai dengan 2002 dan memiliki satu anak, Mia Grace Ella yang lahir pada bulan Desember 2000 sebelum akhirnya mereka bercerai. Selama produksi film Simone, ia bertemu model dan aktris Rachel Roberts yang pada akhirnya memiliki dua anak, yaitu Jack Niccol (yang juga bermain " Young Nicolai " dalam film Lord of War , 2005) dan Ava Niccol.

Niccol adalah seorang penulis skenario, produser, dan sutradara film. Ia telah dikenal secara luas dan mendapatkan berbagai penghargaan baik sebagai sutradara, produser maupun sebagai penulis naskah film. Beberapa film yang pernah disutradarainya selain In Time (2011) yaitu Gatacca (1997), Simone (2002), Lord of War (2005), The Host (2013) dan Good Kill (2014). Untuk film Gatacca (1997), Andrew Niccol memenangkan penghargaan film dari Stiges - Catalonian International Film Festival sebagai sutradara terbaik. Sementara untuk film Lord of War (2005), Andrew Niccol telah menerima penghargaan khusus dari National Board of Review dengan kategori Excellence in Filmmaking (Andrew M. Niccol, en.wikipedia.org , Diakses 25 Februari 2017). Adapun posisi atau pengakuan ( credited as ) Niccol dapat dilihat pada tabel berikut.

Tahun Film Posisi yang diakui (Credited as )Director Producer Writer)

Sebagai sutradara, produser maupun penulis naskah film, Niccol telah menerima beberapa penghargaan. Adapun daftar penghargaannya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.