Siapakah Amitabh Bachchan?


Amitabh Bachchan adalah seorang aktor film, produser film, pembawa acara televisi, penyanyi playback, dan mantan politikus asal India.
Siapakah Amitabh Bachchan ?

1 Like

Amitabh Bachchan adalah aktor Bollywood. pada tahun 1969, Ia memulai debut di Saat Hindustani. Perannya dalam film Zanjeer tahun 1972 membuatnya menjadi bintang film laga. Pada 1980-an, Bachchan memegang kursi di Parlemen India. Pada 1990-an, ia mulai membuat perusahaan sendiri. Dia kembali berakting pada tahun 1997, bersama Mrityudaata. Pada tahun 2000, ia mulai menjadi pembawa acara Who Wants to Be a Millionaire versi India ?.

Masa muda

Amitabh Harivansh Bachchan, lebih dikenal sebagai Amitabh Bachchan, lahir di Allahabad, India pada 11 Oktober 1942. India masih menjadi koloni Inggris pada saat itu, dan tidak akan mencapai kemerdekaan sampai lima tahun kemudian. Ayah Bachchan adalah penyair Hindi terkenal, Dr. Harivansh Rai. Ibunya, Teji Bachchan, adalah seorang sosialita Sikh. Dia memiliki satu adik laki-laki, bernama Ajitabh.

Bachchan pergi ke sekolah asrama Sherwood College sebelum mendaftar di Universitas Delhi, dimana ia memperoleh gelar Sarjana Seni. Begitu dia lulus, dia menjadi broker pengiriman di Calcutta. Setelah beberapa tahun di Calcutta, Bachchan siap untuk melakukan perubahan. Dia memutuskan untuk pindah ke Bombay dan mencoba bisnis pertunjukan Bollywood.

Karier Dunia Film

Pada tahun 1969, Bachchan melakukan debut filmnya di Saat Hindustani. Meski filmnya macet di box office, Bachchan tetap berhasil menarik perhatian sutradara. Segera setelah itu, penawaran pun mulai bergulir.

Pada awal 1970-an, Bachchan telah mengumpulkan popularitas dengan penonton sebagai “pemuda yang pemarah” dalam serangkaian film sukses berbahasa Hindi. Peran utamanya di Zanjeer sangat mendukung dalam menjadikannya bintang film aksi pahlawan. Pertunjukan Bachchan dalam film-film seperti Laawaris, Coolie, Naseeb, Silsila, Shaarabi dan Jaadugar terus memikat penggemar aksi jagoan yang tinggi dan tampan, dan juga mengantarkannya memperoleh beberapa Fanfare Awards. Dari tahun 1970-an hingga awal 1980-an, Bachchan yang suka berkelahi muncul di lebih dari 100 film. Dia mengambil peluang untuk bekerja dengan sutradara India yang paling terkenal, seperti Prakash Mehra, dan mendominasi layar perak dengan film-film seperti Trishul, Sholay dan Chashme Buddoor. Selain akting, peran Bachchan sering mengharuskannya untuk bernyanyi.

Politik dan Bisnis

Pada 1982, Bachchan mengalami kecelakaan serius saat syuting. Para penggemar mendukung untuk kesembuhannya. Bachchan selamat dari kecelakaan itu, tetapi justru mendorongnya untuk mengubah jalur karier. Pada 1984, ia menukar ketenaran Bollywood dengan kursi di Parlemen India. Aspirasi politiknya terbukti berumur pendek. Pada tahun 1987, ia meninggalkan kursinya karena kontroversi yang tak terduga.

Pada 1990-an, pusat perhatian di sekitar Bachchan mulai memudar. Tetapi keputusannya untuk memulai perusahaan produksi hiburannya sendiri, Amitabh Bachchan Corporation Limited, dan menjadikan dirinya CEO, menempatkannya kembali di berita utama.

Kembali Berakting

Bachchan mengikuti panggilan sejatinya dan kembali ke layar perak pada tahun 1997 dengan film Mrityudaata, yang diproduksi oleh ABCL. Pada tahun 2000, ia juga mulai menjadi pembawa acara versi game televisi India, Who Wants to Be a Millionaire ?. Meskipun beberapa kegagalan box-office pada 1990-an, pada 2000-an, Bachchan naik kembali menjadi bintang sebagai aktor film, mendapatkan nominasi Filmfare dan Penghargaan Film Internasional tambahan untuk karyanya di film-film seperti Baghban (2003), Khakee (2004) dan Paa (2009).

Kehidupan pribadi

Bachchan menikah dengan aktris film Jaya Bhaduri pada tahun 1973. Pasangan ini memiliki dua anak, seorang putri dan seorang putra. Putri mereka, Shweta Bachchan Nanda, menikah dengan industrialis, Nikhil Nanda, yang kakeknya adalah sutradara film Raj Kapoor. Putra Bachchan dan Bhaduri, Abhishek Bachchan, juga seorang aktor dan menikah dengan aktris Aishwarya Rai.

Selain menjadi ayah dan aktor, Bachchan mencurahkan waktunya untuk kegiatan amal. Pada tahun 2003 ia diangkat sebagai duta niat baik untuk Dana Anak-anak PBB (UNICEF).

Referensi

https://www.biography.com/actor/amitabh-bachchan