Siapa yang dimaksud dengan Aspelta?

image

Baru-baru ini terdapat sebuah penggalian yang dilakukan di Dangeil, sebuah situs arkeologi di Sudan. Di dalam kuil Dewa Amun, peneliti menemukan fragmen yang dicari-cari. Fragmen tersebut termasuk di antara bagian-bagian yang hilang dari sebuah patung yang ditemukan di lokasi yang sama bertahun-tahun sebelumnya. Ketika fragmen-fragmen itu disusun, para peneliti berhasil mengungkap wajah Aspelta yang dipatungkan. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai Aspelta ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, ketika fragmen tersebut disusun secara keseluruhan, para peneliti berhasil mengungkap wajah Aspelta yang dipatungkan. Usia patung itu sendiri kurang lebih2.600 tahun. Dalam huruf hieroglif Mesir, Aspelta dipuji sebagai “Raja Mesir Atas dan Bawah” sekaligus raja kesayangan Dewa Matahari Ra.

Patung tersebut diperkirakan memiliki ukuran yang sama dengan wajah aslinya, diukir sekitar enam abad setelah kuil Dewa Amun tersebut dibangun di samping Sungai Nil. Menariknya, berabad-abad setelah bangunan itu ditinggalkan, sebuah kelompok elit mengubur anggota mereka di antara reruntuhan. Tidak ada yang tahu siapa orang-orang tersebut.

Referensi: https://science.idntimes.com