Siapa ya pelopor musik kontemporer?

Teknik musik kontemporer terdapat dua macam, yaitu teknik menggunakan idiom tradisi barat dan mengubah tata gramatika musik tradisi. Pengertian musik kontemporer sendiri merupakan sebuah cabang seni musik yang muncul sekitar abad ke-19an hingga sekarang. Seni musik kontemporer juga menjadi sebutan untuk musik baru. Siapa ya pelopor musik keren ini?

Beberapa penyanyi atau grup yang mewakili aliran Musik Kristen kontemporer ini antara lain Avalon, Barlow Girl, Jeremy Camp, Casting Crowns, Steven Curtis Chapman, David Crowder Band, Amy Grant, Natalie Grand, Jars of Clay, MercyMe, Newsboys, Chris Tomlin, Hillsong, Michael W. Smith, Rebeca St. James, Thrid Day, TobyMac, dan masih banyak yang lain lagi. Memang tidak semua musik populer Kristen saat ini serta merta dianggap sebagai musik Kristen kontemporer misalnya banyak grup funk, hardcore, hip hop walaupun mengusung thema tentang iman Kristen. Artis seperti Bob Dylan,The Byrds, Lifehouse dan U2 pun tidak tergolong sebagai artis CCM.

Sejak munculnya Musik Kristen Kontemporer tahun 1970an, musik kristen seolah terbagi menjadi dua: Hymne (tradisional) dan kontemporer. Hymne cenderung terkesan dengan suasana yang tenang (tidak bersemangat) dan khidmat (terkesan kolot). Hymne juga sangat didekatkan pada musik yang berat, notasinya cukup sulit dan kadang sulit dimengerti apalagi dinikmati, sehingga membentuk image bahwa hymne adalah lagu yang ‘jadul’ (kuno). Sedangkan musik kristen kontemporer cenderung terkesan dinamis, penuh semangat dan “ringan”. Musiknya mudah dimengerti dan dinikmati. Ini hanyalah beberapa poin kontroversi seputar merebaknya musik kristen kontemporer, sehingga pro dan kontra sudah menjadi bagian sejarah musik gereja saat ini.