Siapa tokoh favoritmu yang dapat kamu jadikan inspirasi?

Tokoh terkenal

Banyak tokoh hebat, baik dalam negeri maupun luar negeri. Begitu juga tokoh di masa lalu maupun di masa sekarang. Siapa tokoh favoritmu yang dapat kamu jadikan inspirasi?

Ada banyak tokoh-tokoh sukses yang menginspirasi agar kita tidak mudah putus asa, di antaranya adalah tokoh-tokoh sukses berikut.

1. Kisah Si Jenius, Albert Einstein

Sekarang siapa yang tidak tahu dengan sosok jenius Albert Einstein. Sebelum meraih sukses dan menjadi tokoh jenius yang terkenal, ternyata Albert Einstein pernah mengalami banyak penolakan. Albert Einstein bahkan baru bisa membaca saat usianya 7 tahun. Kemampuan membacanya ini tentu terlambat jika dibandingkan dengan anak-anak seusianya.

Sang jenius ini pun pernah mengalami penolakan saat mendaftar masuk di Swiss Federal Institute of Technology karena ujian masuknya gagal. Meski banyak kegagalan dialaminya, Albert Einstein tak menjadikannya sebagai alasan untuk berputus asa, apalagi menyerah. Ia terus berusaha dan malah berhasil menginspirasi banyak orang sekaligus mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai manusia jenius dengan berbagai teori relativitasnya.

2. Si Penerang, Thomas Alva Edison

Lampu menjadi alat penting untuk penerangan di saat gelap seperti malam hari. Berkat penemuan hebat dari sosok Thomas Alva Edison, bumi yang gelap tidak lagi menakutkan dengan cahaya dari lampu-lampu. Bisa dibilang penemuan ini sangat berguna bagi umat manusia hingga kini.

Sang penemu lampu pijar ini juga memiliki kisah inspiratif yang bisa menjadi penyemangat untuk Anda yang sering mendapat sindiran atau pun hinaan karena usaha yang Anda jalankan. Tidak hanya Anda yang disindir orang, seorang Edison pun pernah mengalami hal serupa.

Lebih parahnya lagi, guru di sekolah Edison pernah mengirimkan surat pemberitahuan ke orangtua Edison agar Edison segera dibawa pulang ke rumah dan tidak perlu sekolah lagi karena dianggap terlalu bodoh. Mungkin jika waktu itu Edison menyerah, tidak akan ada penemuan hebatnya yang tercatat dalam sejarah

3. Pengusaha Ikan Hingga Ikan Terbang, Susi Pudjiastuti

Sosok wanita sukses dari dalam negeri, yakni Susi Pudjiastuti yang sekarang menjabat sebagai menteri, juga bisa menjadi motivasi bagi Anda yang hampir putus asa. Susi Pudjiastuti kini dikenal sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, dan sebelumnya ia terkenal sebagai pengusaha ikan yang sukses hingga masuk ke pasar ekspor.

Bukan hanya ikan laut saja, Susi Pudjiastuti juga sukses dengan ikan terbang, yaitu pesawat. Sang menteri sendiri merupakan pemilik dari bisnis maskapai penerbangan yang diberi nama Susi Air. Di balik kisah suksesnya, ada kisah perjalanan yang begitu menginspirasi.

Susi Pudjiastuti merupakan lulusan SMP karena sewaktu SMA beliau berhenti sebelum lulus. Lalu ia memilih bekerja di bidang perikanan. Modal yang awal yang digunakan pun tidak besar. Susi Pudjiastuti diketahui hanya memilki modal 750 ribu, itu pun hasil dari penjualan perhiasannya.

Dengan modal yang ada, Susi Pudjiastuti bangkit dari keterpurukan, kemudian memulai usaha dengan membeli ikan dari tempat lelang yang selanjutnya ia jual ke restoran-restoran. Pengorbanan dan perjuangannya pun terbayar dengan kesuksesan bisnisnya di perikanan melalui ekspor ikan dan lobster, yang kemudian membawanya duduk di jajaran menteri Republik Indonesia.

4. Eksportir Muda, Nicholas Kurniawan

Apakah Anda pernah mendengar nama Nicholas Kurniawan, mungkin belum. Nicholas merupakan salah satu anak muda bangsa yang sukses pada bisnis ekspor ikan hias. Di usianya yang masih muda, Nicholas berhasil menjual ikan hias ke luar negeri dengan omzet mencapai 100 juta lebih.

Awal kisah sukses dari Nicholas dimulai ketika kondisi ekonomi keluarganya sedang terpuruk dengan pinjaman uang yang menumpuk. Keluarga yang sedang terlilit banyak utang membuat Nicholas berniat mengubah nasib hidupnya dan keluarganya. Berbagai bisnis pun dicoba dan berulangkali jatuh bangun.

Bahkan Nicholas pernah tidak naik saat duduk di kelas 2 SMA. Namun Nicholas tidak patah semangat dan tetap berusaha dengan usaha atau bisnisnya hingga sekarang menjadi sukses.

5. Gibran Rakabuming

Nama Gibran Rakabuming mungkin sudah dikenal oleh semua warga Indonesia. Sebagai anak dari orang terpandang tidak membuat Gibran menggantungkan hidupnya dengan status orangtuanya. Buktinya anak presiden tersebut memilih bisnis katering yang berbeda jauh dengan bisnis mebel yang dimiliki keluarganya.

Gibran merupakan salah satu sosok yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda yang patah semangat. Diketahui sebelum Gibran sukses dengan Chili Pari, Gibran pernah ditolak bank untuk pinjaman sebagai modal bisnisnya. Berkat keuletannya, kini Gibran sukses dengan bisnis Chili Pari yang sudah banyak menangani berbagai pesanan besar.

6. Entrepreneur muda, Yasa Singgih

Mungkin Anda pernah mendengar Mens Republic, merek pakaian yang sukses dengan konsumen yang sangat banyak. Di balik brand pakaian ternama tersebut ada sosok Yasa Singgih yang merupakan pemilik dari bisnis Mens Republic. Wirausahawan muda kelahiran 1995 ini menjadi pemilik dari bisnis pakaian Mens Republic dan juga bisnis konsultasi yang disebut MS Consulting.

Anda bisa mencontoh Yasa Singgih yang pantang menyerah meski banyak diremehkan orang. Hingga pada usianya yang baru 16 tahun, Yasa memulai bisnis modenya yang sebelumnya menjalankan bisnis lampu hias. Yasa pun berhasil membuktikan dirinya sebagai salah satu tokoh muda tanah air yang sukses.

7. Sang Legenda Bisnis, Bob Sadino

Siapa yang tidak kenal dengan sosok yang gemar menggunakan kemeja dan celana pendek. Ya, Bob Sadino sosok yang terkenal dan menjadi legenda sebagai pengusaha Indonesia yang sukses. Bob Sadino memang mempunyai perjalanan kesuksesan dengan kisah yang menarik dan sering menjadi inspirasi bagi pengusaha lain, terutama untuk pemula.

Perjalanannya sebagai pegawai selama 9 tahun diakhiri dengan beralih membuka bisnis penyewaan mobil. Sayangnya rencana besar dengan bisnis penyewaan mobil ternyata gagal karena Bob Sadino tidak bisa mengemudi setelah mengalami kecelakaan. Tidak patah semangat, Bob Sadino tidak malu dengan beralih profesi dari pegawai menjadi buruh bangunan.

Di pertengahan perjalanannya sebagai buruh bangunan, Bob Sadino melihat peluang usaha lain, yaitu bisnis ternak dan telur ayam. Bisnis ayam tersebutlah yang mengantar sang pengusaha menjadi tokoh sukses yang banyak diceritakan. Menjadi begitu menginspirasi, apalagi sosok Bob Sadino yang selalu tampil sederhana walaupun sudah menjadi pengusaha sukses.

Setelah menjadi pengusaha sukses, Bob Sadino lebih sering terlihat mengenakan celana pendek dibandingkan pakaian resmi seperti kebanyakan pengusaha sukses. Ia juga dikenal sebagai sosok yang ramah dan sering melayani pelanggannya sendiri.