Siapa sebenarnya tokoh ekonomi dunia yang bernama Joan Violet Robinson ?

image

Siapa sebenarnya tokoh ekonomi dunia yang bernama Joan Violet Robinson ?

Joan Violet Robinson lahir pada tanggal 31 Oktober 1903 di Surrey dan meninggal pada tanggal 5 Agustus 1983, Cambridge. Dia aadalah seorang ekonom pasca-Keynesian yang terkenal karena pengetahuannya tentang ekonomi monoter dan beragam kontribusi untuk teori ekonomi. Dia adalah putri dari Mayor Jenederal Sir Frederick Maurice Barton dan menikah dengan sesame ekonom Austin Robinson.

Keluarganya adalah keluarga golongan menengah. Ayahnya seorang jenderal, penulis, dan akhir hidupnya menjadi pemimpin sebuah akademi yang selanjutnya menjadi cikal bakal universitas London. Ibunya seorang putri dari seorang profesor di universitas Cambridge. Robinson sekolah di St. Pauls, sebuah sekolah khusus purti, dimana ia belajar sejarah. Kemudian Robinson meneruskan pendidikannya ke Girton College. Kemudian ia meneruskannya lagi ke Cambridge untuk belajar ekonomi. Beberapa tahun ia tinggal di India bersama suaminya (ahli ekonomi Austin Robinson), Robinson menghabiskan waktunya selama setengah abad sesudah kelulusannya pada tahun 1925 untuk mengajar dan sebagai dosen di universitas Cambridge sampai tahun 1984. Pada Tahun 1930 Robinson menjadi aktivis di Cambridge Circus sebuah kelompok kecil para ahli ekonomi yang membantu Keynes.
Karya-karyanya yang berhasil diterbitkan:

  • Economics of Imperfect Competition, London, Macmillan, 1933
  • Introduction to the Theory of Employment, London, Macmillan, 1937a.
  • Essay in the Theory of Employment, London, Macmillan, 1937b.
  • An Essay on Marxian Economics, London, Macmillan, 1942.
  • “The Production Function and the Theory of Capital,” Review of Economics Studies, 21, 2 (1953- 1954). Di cetak ulang dalam Robinson (1980), Vol. 2, hlm. 114-131.
  • The Accumulation of Capital, London, Macmillan, 1956.
  • Economics Heresies: Some Old-Fashioned Question in Economic Theory, New York, Basic Books, 1971.
  • An Introduction to Modern economics, New York, McGraw Hill, 1973, dengan John Eatwell.
  • Collected Economic Pappers, 5vols, Cambridge, Massachuttes, MIT Press, 1980.

Referensi : http://rhilly-lidia.blogspot.co.id/2012/02/10-tokoh-ekonomi-dunia.html