Siapa saya penulis Indonesia yang karyanya mendunia ?

sastra_indonesia

(Bima Satria) #1

Sastrawan

Karya sastra Indonesia sebetulnya tidak dapat dipandang remeh, walaupun masih belum banyak sastrawan dari Indonesia yang mendunia. Siapa saya penulis Indonesia yang karyanya mendunia ?


(Jane Anne) #2

Karya sastra di Indonesia terus berkembang. Ada banyak sastrawan yang terus menghasilkan karya yang luar biasa. Setiap karya yang dihasilkan para sastrawan memiliki keunikannya masing-masing.

Dari beberapa sastrawan terkenal di Indonesia, ada beberapa yang karyanya sudah merambah dunia penulisan dunia.

Berikut ini sebagian penulis Indonesia yang karyanya sudah memasuki pasar dunia.

1. Andrea Hirata

Andrea Hirata

Nama Andrea Hirata mulai tenar sejak menelurkan karya buku berjudul Laskar Pelangi. Karya ini menjadi buku favorit banyak orang. Kisah anak-anak yang penuh inspirasi ini berhasil memenangkan hati para pembaca tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Bukunya tersebut sudah mendapat banyak penghargaan.

Tidak hanya itu, Laskar Pelangi sudah dialih bahasakan menjadi 34 bahasa asing, serta diterbitkan ke berbagai negara.

Sebagai bukti prestasinya. Andrea Hirata mendapat gelar kehormatan dalam bidang sastra dari salah satu universitas Inggris. Andrea Hirata sering mengikuti berbagai pagelaran tentang buku serta memberi pengajaran tentang sastra di beberapa negara di dunia.

2. Chairil Anwar

Chairil Anwar

Jika Anda merupakan pencinta puisi, Anda tentu mengenal tokoh satu ini. Chairil Anwar merupakan penulis yang membuat karya sastra luar biasa yang diberi judul Aku. Karya ini masih sangat populer bahkan di kalangan kaum muda masa kini. Karya puisi Aku, mulai mendapat tempat pada tahun 45-an.

Tulisannya memiliki pemilihan kata yang sangat mengena dalam hati para pembacanya dan dapat mencerminkan berbagai fenomena dalam kehidupan. Tidak mengherankan jika karyanya tidak terkikis oleh waktu. Berbagai karya puisinya telah diterjemahkan dalam bahasa Belanda, Inggris, Rusia, Jerman, dan Latin.

3. Eka Kurniawan

Eka Kurniawan

Walaupun namanya belum lama terkenal di Indonesia. Hasil karya dari penulis ini sudah lebih dahulu dikenal dunia internasional. Karyanya sangat fenomenal dan jadi perbincangan beberapa pencinta sastra kelas internasional. Beberapa karyanya yang memukau yakni Cantik Itu Luka, O, dan Lelaki Harimau.

Bukunya yang berjudul Cantik Itu Luka, sudah diterbitkan secara internasional. Karyanya ini diterjemahkan dalam berbagai bahasa asing seperti Polandia, Spanyol, Vietnam, Jepang, dan lain sebagainya. hal ini tentu menjadi suatu prestasi tersendiri.

Saking berbakatnya, ia mendapat sebutan sebagai Pramoedya Ananta Toer junior. Dalam bukunya ia dapat membuat pembaca terbawa dengan alur cerita dan pemikiran tokoh dalam bukunya.

Kekuatannya dalam menarik pembaca masuk dalam cerita bukunya, membuat karyanya banyak disukai.

Penulis terkenal tersebut sudah membuktikan kemampuannya dalam penulisan dan sastra. Anda mungkin terinspirasi dengan karya tulis dari para tokoh di atas. Tulisan memang sangat bermanfaat untuk berbagai hal, seperti penulisan untuk situs. Saat ini tersedia jasa penulis artikel yang berkualitas.