Siapa Saja Yang Anda Ketahui Sebagai Pelukis Realis Terkenal di Indonesia?

Salah satu aliran seni yaitu realis juga terkenal di Indonesia. Siapa sajakah pelukis yang terkenal akan lukisan realisnya di Indonesia?

  1. Raden Saleh

Maestro pertama yaitu raden shaleh sjarif boestaman atau sering kita kenal dengan raden saleh yang lahir pada tahun 1881 di semarang jawa tengah.
dengan bakat nya yang dia punya semenjak kecil dan lebih mengasah lagi dengan belajar ke Belanda pada tahun 1829 dengan di dukung serta di biayai oleh gubenur Jenderal G.A.G.Ph. van der Capellen .

Semenjak belajar di Belanda dia terpengaruh dengan tokoh romantisme Delacroix yang menciptakan karya lukis romastisme nya yang begitu realis pada abad 19.
melalui karyanya ia menyindir nafsu manusia yang terus mengusik makhluk lain. Misalnya dengan berburu singa, rusa, banteng, dll. Berkat usaha dan reputasi karya nya Raden saleh reputasi yang ditunjukkan oleh prestasi artistiknya, membuat nya dikenang di indonesia maupun di luar negeri.
karya-karya lukisannya pernah di pamerankan di museum akbar seperti Rijkmuseum, Amsterdam, Belanda, dan dipamerkan di museum bergengsi Louvre,Paris, Perancis.

Pada tahun 1883 di adakan pameran di amsterdam untuk memperingati wafat nya Raden Saleh, Lukisan yang di pamerkan yaitu Hutan Terbakar, Berburu Kerbau di Jawa, dan Penangkapan Pangeran Diponegoro. Raden saleh juga memdapatkan penghargaan dari tanah air nya Indonesia berupa Piagam Anugerah Seni sebagai Perintis Seni Lukis di Indonesia pada tahun 1969.

  1. Basuki Abdullah

Basuki Abdullah yang lahir di surakarta jawa tengah pada tanggal 25 januari 1915, seorang pelukis terkenal di indonesia beraliran realis serta terkenal sebagai pelukis di istana merdeka jakarta yang karya-karya nya menghiasi istana negara dan kepresidenan indonesia. BAsuki Abdulah lebih dominan melukis potret seperti sesosok perempuan yang di perindah lewat lukisannya.
Jiwa seni yang dia punya turun menurun dari seorang ayah nya yang bernama Abdullah Suriosubroto yang seorang pelukis dan penari.

semenjak kecil bakat seni nya sudah terlihat dengan melukiskan toko terkenal seperti Mahatma Gandhi, Rabindranath Tagore, Yesus Kristus dan Krishnamurti. Kepandaian yang dimilikinya dia memperoleh beasiswa yang membawa nya ke belanda untuk sekolah seni rupa (Academie Voor Beeldende Kunsten) di Den Haag, dengan waktu singkat selama 3 th. Beliau jg sempat mengajar seni lukis pada tahun 1943 di gerakan poetra atau pusat tenaga kerja. serta aktif di Keimin Bunka Sidhosjo (sebuah Pusat Kebudayaan milik pemerintah Jepang) bersama-sama Affandi, S.Sudjoyono, Otto Djaya dan Basoeki Resobawo.

Pada tanggal 6 September 1948, Basuki Abdullah mengikuti sayembara melukis di belanda amsterdam sewaktu penobatan Ratu Yuliana. dan memenangkan sebagai pemenang dari 87 pelukis Eropa. Pada saat itulah Basoeki Abdullah mulai terkenal dunia.

  1. Sindoesoedarsono Soedjojono

Inilah Bapak Seni Lukis Indonesia Modern Sindoesoedarsono Soedjojono atau di sebut juga S. Sudjojono serta orng pertama yang menjadi kritikus seni rupa, Lahir di Sumatra Utara, 14 Desember 1913, Sebelum mentekadkan sebagai pelukis, dia sempat menjadi salah satu guru di Taman siswa pada tahun 1931di banyuwangi. selama mengajar, dia mulai untuk menekuni bakat yang ada pada dirinya sebagai pelukis. Dengan ciri khas kasar atau bertekstur yang berbeda dengan yang lain.

Lantas dia mengikuti pameran pada tahun 1937 di Kunstkring Jakarya, Jakarta. bersama peserta pelukis eropa, berawal dari situ lah S. Sudjojono terkenal menjadi pelukis dan menjadi pionir mendirikan Persatuan Ahli Gambar Indonesia (Persagi), dan awal seni lukis modern berciri Indonesia. Karya Lukis yang terkenal dari S. Sudjojono yaitu : Di Depan Kelambu Terbuka, Cap Go Meh, Pengunso serta Seko.