Siapa saja pencipta lagu yang menjadi penyanyi?

Sebelum dikenal sebagai penyanyi terkenal, mereka merupakan seorang pencipta lagu. Mereka berada di belakang layar, menciptakan lagu dan kemudian memberikan lagu tersebut untuk dinyanyikan oleh penyanyi lain.

3 Composer Saat Pencipta Lagu Jadi Penyanyi
3-composer-saat-pencipta-lagu-jadi-penyanyi
Menyatukan isi tiga kepala lalu menuangkannya ke dalam sebuah karya bukanlah perkara mudah. Namun hal itu tak menjadi sulit bagi Tengku Shafick, Bemby Noor, dan Mario Kacang. Ya, mereka memang penulis lagu dan hanya dikenal melalui lagu-lagu ciptaan mereka. Menyajikan sebuah harmoni baru dalam industri musik Tanah Air dan menciptakan karya baru yang mampu diterima telinga para pecinta musik Indonesia. Dan, kini mereka sepakat bergabung dalam grup 3 Composer.
Perkenalan mereka bertiga terbilang unik, melalui media sosial. “Di Twitter saya tahu soal Bemby dan Mario. Saya melihat mereka berdua sebagai pengarang lagu sungguh luar biasa. Saya merasa, mereka orang-orang hebat. Jadi, awalnya benar-benar hanya tahu nama tanpa kenal mereka secara pribadi,” ungkap Shafick yang langsung menawarkan pertemuan.

Dasarnya sama-sama pencipta lagu, dalam pertemuan pertama saja, mereka sudah menghasilkan karya. “Begitu ketemu, saya langsung ajak jamming bareng, menggabungkan lagu-lagu penggalan yang pernah kami ciptakan. Medley lagu Cinta 2 Hati, Dia Dia Dia, dan Cinta Diam Diam, kemudian kami posting ke Youtube. Iseng saja, hanya untuk seru-seruan saja. Setahun kemudian, kami sudah sibuk masing-masing lagi.”
Siapa sangka, apa yang mereka posting setahun silam itu rupanya mengesankan bagi salah satu media yang lantas melakukan interview sekaligus mengajak ketiga komposer ini tampil di berbagai acara off-air. Saat itulah timbul niat mereka untuk rekaman. “Kami pikir, enggak apa-apa deh dicoba, untuk menambah warna dalam industri musik. Kami ciptakan lagu Salah Benar dan kami tawarkan ke berbagai label sampai akhirnya diterima oleh perusahaan rekaman Keci Musik,” tutur Shafick.
Sempat Ragu
Kebersamaan mereka juga ikut menumbuhkan chemistry satu sama lain sehingga tak merasa ada kesulitan untuk menyatukan ide membentuk 3 Composer. “Nama 3 Composer sudah ada sejak kami posting proyek jamming. Saat itu chemistry di antara kami sudah mulai tumbuh, apalagi dengan semakin banyak respons positif dari penonton video di Youtube, membuat kami terpacu membuat karya sebagai 3 Composer,” ungkap Bemby, pria yang telah menciptakan lagu sejak SMP.
Hanya saja, terbiasa berada di balik layar dan menciptakan lagu bagi penyanyi lain, membuat mereka sempat ragu saat beralih jadi penyanyi, “Biasanya mencipta lagu, sekarang kami harus nyanyi dan menyiapkan performance. Tapi berkat dukungan banyak orang, ditambah materi yang fresh dan unik untuk membangun karakter komposer, ya, alhamdulillah bisa berjalan sampai ke titik ini,” ungkap Shafick, diamini Bemby.
“Saat materi itu jadi, kami berpikir ini seru kalau ditunjukkan ke orang lain. Sebagai pencipta lagu pasti mengerti, dong, lagu mana yang asyik dan bisa diperdengarkan ke masyarakat luas. Ya, sudah dengan dukungan yang ada, bisa berjalan,” tambah Bemby.
Proses pembuatan single Salah Benar yang dicetuskan Bemby juga menerbitkan banyak cerita. “Bemby ada ide bikin lagu baru dengan judul yang pernah kami buat lalu dijadikan liriknya. Sebenarnya ini lebih susah, tapi kebanyakan orang awam berpikir 3 Composer lagunya gampang karena cuma menggabungkan lagu ini dan itu,” kata Mario.
“Padahal, lebih susah karena lebih mudah membuat sesuatu dari nol dan enggak dibatasi. Sementara ini liriknya dibatasi dan enggak semua lagu kami bisa masuk. Apalagi latar nada belakang lagunya juga beda-beda dan kami harus bisa buat cerita baru dari lirik-lirik itu tanpa jadi cerita yang melantur. Itu, sih, keseruannya,” cerita Mario.
Lirik lagu Salah Benar merupakan gabungan dari beberapa lirik lagu yang merupakan karya mereka yang sudah populer. Total ada sekitar sembilan lagu yang digabungkan untuk mendapatkan lagu ini. “Jadi, kami bukan nyaplok karya orang, melainkan karya kami sendiri,” jelas Mario.
Diakui mereka, melejitnya single Salah Benar akhirnya membuat nama Shafick, Mario, dan Bemby ikut melejit dan makin dikenal. Ketiganya pun sepakat untuk memberi berbagai warna dalam industri musik, tak hanya sebagai pencipta lagu tapi juga sebagai penyanyi. “Kami memiliki komitmen. Kalau ada pekerjaan di luar ini (menciptakan lagu), akan kami sesuaikan dengan jadwal 3 Composer,” ujar Bemby.

Sukses pada single pertama, 3 Composer kembali merilis single kedua berjudul Pemberi Harapan Palsu (PHP), yang bercerita tentang curahan hati seseorang yang menyesal telah jatuh cinta kepada orang yang salah, yakni seorang pemberi harapan palsu. “Lagu ini ciptaan kami bertiga. Idenya simpel saja, tanpa ada kisah nyata dari kami yang terselip di lagu ini. Yang pasti, lagunya lebih serius dan lebih galau,” tutur Mario.
Caroline Pramantie

Wardrobe & Hair Do Tengku Safick: BensIND & Rosiyati FOTO: Daniel supriyono/nova

3 Komposer : Tabloid Nova