Siapa saja musisi dengan aliran Jazz pada musiknya di Indonesia?

Musik Jazz tidak hanya populer di luar negeri, aliran musik mellow ini pun sudah lama populer di Indonesia. Beberapa penyanyi bahkan sudah khas dengan aliran musiknya yang bergenre Jazz ini. Lalu siapakah penyanyi-penyanyi tersebut?

  1. RAISA
    Siapa tak kenal penyanyi berparas cantik Raisa, salah musisi berbakat yang didaulat sebagai musisi jazz paling populer di tanah air saat ini. Dalam waktu singkat, Raisa telah banyak mengeluarkan single yang easy listening dan terbukti digemari masyarakat Indonesia. Sebut saja Could It Be, Teka Teki, serta Serba Salah. Wanita kelahiran Jakarta, 6 Juni 1990 ini memang sering kali membawakan lagu-lagu bergenre jazz.

  2. TOMPI
    Musisi jazz terpopuler selanjutnya adalah Tompi. Musisi yang juga berprofesi sebagai dokter ini sudah malang melintang di dunia musik Tanah Air sejak 2003. Total ada 9 album yang telah dihasilkan pemilik nama Teuku Adi Fitrian ini di antaranya Sedari Dulu dan Menghujam Jantungku. Suara melengking menjadi ciri khas dan karakter Tompi di atas panggung. Hanya dengan mendengarkan suaranya saja, kita sudah bisa tahu bahwa sang pemiliki suara adalah Tompi.

  3. INDRA LESMANA
    Pria kelahiran Jakarta, 28 Maret 1966 ini pernah mengenyam sekolah musik di Australia. Selama di Australia, Indra mendapatkan banyak ilmu sejumlah musisi jazz Negeri Kangguru, dari Don Burrows, Roger Frampton dan Paul McNamara. Putra musisi jazz kawakan Indonesia Jack Lesmana ini pun juga melebarkan sayapnya di kancah internasional, salah satunya pada tahun 2008 di mana dirinya diundang tampil di acara Asia-Pacific Weeks di Berlin, Jerman.

  4. ANDIEN
    Andini Aisyah Haryadi, atau yang biasa dikenal dengan Andien adalah satu dari sedikit musisi jazz wanita Indonesia. Sejak 2000, dia telah menghasilkan 6 album, yaitu Bisikan Hati (2000), Kinanti (2002), Gemintang (2005), Kirana (2010), #Andien (2013), Let It Be My Way (2014). Selain itu dia juga membentuk sebuah grup vokal bersama dengan Rieka Roeslan, Nina Tamam, Iga Mawarni, dan Yuni Shara dengan nama 5 Wanita.

  5. TULUS
    The Rising Star, sebutan ini memang cocok diberikan kepada pria bernama lengkap Muhammad Tulus. Pria yang satu ini memang sedang melejit akhir-akhir ini. Semenjak single pertamanya dirilis dengan judul Sewindu, dia tidak pernah absen melantunkan hits yang selalu menempati tangga lagu teratas musik Indonesia. Misalnya seperti Teman Hidup, Sepatu, Gajah dan Jangan Cintai Aku Apa Adanya. Walaupun Tulus sering bernyanyi dengan nuansa musik jazz, namun ia tidak mengatakan aliran musiknya jazz. Dia lebih senang mengatakan aliran musiknya dengan nama “Eklektik”.

  6. MALIQ & D’ ESSENTIALS
    Maliq & D’Essentials adalah sebuah grup musik beraliran jazz asal Jakarta. Maliq merupakan kepanjangan dari Music And Live Instrument Quality. Grup band yang lahir semenjak tahun 2002 ini saat ini beranggotakan 6 orang, yaitu Angga dan Indah (vokal), Jawa (bass), Widi (drum), Lale (gitar), Ilman (Kibord). Semenjak penampilanya di Jakarta International Jazz Festival 2005, Maliq tidak pernah absen mencetak lagu hits di antaranya Terdiam (2004), Itu Adanya (2007), Mata Hati Telinga (2009), Menari (2010), Setapak Sriwedari (2013), dan Himalaya (2014).

  7. CALVIN JEREMY
    Berparas tampan dan suara merdu memang menjadi daya tarik pria kelahiran Jakarta, 6 Mei 1991 ini. Calvin sampai saat ini telah membuat 2 album, yaitu Selamanya (2010) dan Calvin Jeremy (2012). Nama Calvin Jeremy mulai melejit saat menyanyikan lagu utamanya Dua Cinta Satu Hati pada 2010. Namanya kian tersohor setelah ia sering mengupload videonya bermusik di YouTube dengan menyanyikan lagu-lagu John Mayer.

  8. DIRA SUGANDI
    Penyanyi kawakan ini memang sudah tidak diragukan lagi kiprahnya di belantika musik Indonesia. Salah satu moment paling spesial perempuan bernama lengkap Dira Julianti Sugandi ini adalah saat berduet dengan penyanyi latin Keith Martin pada 2005 dan Jason Mraz pada tahun 2009 pada acara Java Jazz Festival. Di album terakhirnya, Dira menggarap album tersebut bersama dengan musisi bertaraf internasional yaitu Bluey dan Incognito.