Siapa pelawak pertama di dunia?


(Nonny Windarti) #1

mr bean

Pelawak atau komedian adalah orang yang menghibur penonton, terutama dalam membuat mereka tertawa, dengan cara melawak, yaitu suatu usaha untuk membuat orang lain tertawa, atau sekadar membuat orang lain gembira. Caranya bermacam-macam, tergantung si pelawak dan biasanya disesuaikan dengan kondisi orang yang akan dibuat tertawa. Cara yang paling umum adalah dengan mengucapkan lelucon, dengan subjek lelucon orang lain, atau diri sendiri. Cara lainnya adalah dengan tingkah laku yang dibuat-buat hingga dapat terlihat lucu dan pentas ditertawakan di hadapan orang lain.


(Hikma Zakia) #2

Menurut saya Charlie Chaplin. Tak banyak yang tahu nama lengkap sang legenda ini. Charlie Chaplin terlahir di London, 16 April 1889 dengan nama asli Charles Spencer Chaplin. Charlie Chaplin adalah komedian Inggris yang menjadi bintang Hollywood pada era film bisu. Komedi layar lebar yang ditampilkan Charlie waktu itu sangat dominan dengan gerak pantomim dan slapstik. Bahkan hingga kini, gerak pantomim Charlie masih menginspirasi banyak pantomim dunia, termasuk pemain pantomim Indonesia Septian Dwi Cahyo.

Chaplin aktor penting yang sangat kreatif di dunia perfilman di masanya. Dia bahkan sering merangkap jabatan , mulai dari peran utama, sutradara, penulis naskah, hingga pengisi ilustrasi musik. Karier di dunia hiburan berlangsung selama 65 tahun, dirintisnya sebagai pemeran cilik di panggung zaman Victoria dan pertunjukan komedi music hall di Inggris, dan terus berkarya hingga sebelum meninggal di usia 88 tahun. Kehidupan Chaplin penuh pasang surut, mulai dari masa kecil yang dibalut kemiskinan, hingga tiba di puncak ketenaran bintang Hollywood sekaligus simbol budaya. Kehidupan pribadinya yang gemerlap mengundang banyak sanjungan sekaligus kontroversi.

Di dalam film-filmnya, Chaplin sering memerankan karakter “The Tramp”, seorang gelandangan berpotongan kumis petak yang memiliki etiket dan martabat seorang bangsawan. Kostum berupa jas kesempitan, celana panjang yang kebesaran, serta ke mana-mana membawa tongkat dan memakai topi tinggi.