Siapa itu Irawati Kusumorasri?

Irawati Kusumorasri adalah seniman berkebangsaan Indonesia. Beliau merupakan penari tetap Pura Mangkunegaran Keraton Surakarta yang kerap diutus mewakili Indonesia ke sejumlah negara untuk misi kebudayaan.

Berdasarkan sumber, sebagai bagian dari usaha pelestarian tari, khususnya tari Jawa, tahun 1998 beliau mendirikan sanggar tari yang diberi nama Semarak Candra Kirana. Dalam 2 tahun terakhir, Semarak Candra Kirana berkembang menjadi sebuah yayasan. Sanggar ini menjadi lebih resmi dimata pemerintah, sehingga lebih mudah jika akan mengadakan perhelatan, atau pengajuan proposal.

Sampai saat ini, Semarak Candra Kirana mempunyai delapan tenaga pelatih tari, sebagian besar lulusan ISI. Murid-murid sanggar tari ini sangat beragam, mulai dari usia empat hingga 25 tahun, setara dengan anak-anak TK hingga tingkat mahasiswa. Teknik pengajaran pun dibagi menurut usia dan keahlian para murid. Di sanggar ini semua tari diajarkan mulai dari tari tradisional, tari kontemporer, maupun tari modern.

Adapun tarif belajar tari di sanggar ini cukup terjangkau. Biaya pendaftaran hanya Rp75.000 dengan biaya bulanan Rp25.000. Setiap bulan sanggar ini rutin mengadakan pentas di berbagai Mall di kota Solo, sebagai apresiasi sekaligus ujian bagi para murid sanggar. Sekarang ini Semarak Candra Kirana mempunyai kurang lebih 150 murid aktif, sebagian lulusannya sekarang aktif mengajar di Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) dan berbagai perguruan seni.

https://kesolo.com/irawati-kusumorasri-pelestari-seni-tari-di-kota-solo/