Siapa dan bagaimana dia tahu?

Detektif Holmes dipanggil ke tempat pembunuhan di pantai. 2 petugas berseragam sudah ada disana, sedang mencoba merangkai rantai peristiwa yang menyebabkan kematian korban.

“Namanya Jina Lange, 27 tahun, seorang pelayan dari Club ‘Jake’s Palace’. Dia berlari dari seseorang, tapi tertangkap. Dan menjatuhkannya dengan keras. Mengangkat kepalanya lalu melingkarkan sabuk ke lehernya. Mencoba untuk mencekiknya hingga mati, tapi dia tidak mati ketika si pelaku mengira dia sudah mati dan langsung pergi. Jina pasti merangkak sekitar 6 meter, tapi dia salah karena malah menuju ke arah laut. Ketika dia menyadari itu, pandangannya mungkin sudah tidak jelas dan akan hilang kesadaran, dia tahu dia tidak akan selamat. Sepertinya dia menulis sebuah kata “HELP” di pasir menggunakan jari nya, namun sebagian telah tersapu ombak. Lihat disana, huruf “H” nya sebagian hilang dan huruf “P” nya kehilangan bagian bawahnya. Tapi kami sudah mengambil beberapa gambar untuk laporan.” kata salah satu petugas kepada Holmes.

Holmes melihat kebawah dimana mayat itu terbaring. Menggigil saat dia memikirkan seperti apa rasanya mati di tangan orang lain. Apa yang di pikirkan Jina untuk terakhir kalinya? Apa yg ingin disampaikan Jina yang dimana pelaku tidak ingin “Dunia” mendengarnya? Holmes diam penuh pemikiran.

Tiba2, polisi lain datang dengan 3 orang pria dibelakangnya. Yang pertama bernama Jersey, mengamuk saat dibawa, hingga celana nya yg longgar turun sampai lututnya. “Aku tidak bersama Jina! Aku hanya membelikannya minuman, tapi dia pergi tanpa mengucapkan terima kasih.” Selanjutnya ada pria yang lebih tua, pemilik Club tempat Jina bekerja. “Namaku Shelbi, detektif. Dia wanita yang baik. Ini adalah sebuah tragedi, aku akan melakukan apapun untuk membantu. Aku melihat dia pergi dengan orang yang ada disana, tapi hanya itu yang aku tahu.” Dia menunjuk pria ke3. “Yeah, so? Dia pergi dengan ku, tapi hanya sebentar, hanya untuk mengambil beberapa rokok di mobilku. Lalu dia kembali lagi, aku berkata jujur!”

Pada saat itu Holmes terfikirkan tentang petunjuk yang sangat penting, dan tahu pasti siapa yang bertanggung jawab atas kematian Jina.

Siapa dan bagaimana dia tahu?

Pelakunya adalah Shelby
Kode huruf yg tertulis di pasir sebenarnya bukan HELP tapi nama Shelby huruf P yg terhapus bagian bawahnya sebenarnya huruf b , shelby bukan help, yg terhapus huruf s, e, l, dan y. serta bagian atas huruf b