Shugborough inscription: pahatan kuno yang masih menjadi misteri

image

Ukiran Shugborough merupakan sebuah pahatan tulisan kuno yang terdapat pada monumen Shepherd di Staffordshire, Inggris. Diperkirakan ukiran ini berasal dari abad pertengahan 18. Monumen ini memiliki ukiran yang sama persis dengan lukisan Nicolas Poussin berjudul Arcadian Shepherds. Namun maksut yang disampaikan ukiran ini hingga kini masih menjadi misteri. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai ukiran ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, pahatan tersebut terdapat sebuah tulisan latin “Et in arcadia ego” yang berarti “Saya juga ada di Arcadia.” Relief itu sendiri didasarkan dari sebuah gambar.

Uniknya, ada yang berbeda dari gambar itu. Pada gambar itu, huruf R pada ARCADIA ditunjuk, sedangkan relief itu menunjuk ke huruf N. Relief itu juga menambahkan peti mayat dari batu (sarkofagus) yang diletakkan di atas tulisan latin. Di bawah monumen itu juga ada huruf:

D O.U.O.S.V.A.V.V M

image

Nah, tulisan ini bersama dengan relief inilah yang menjadi misteri. Tulisan ini sendiri ada 3 gambar Nicholas Pussin, Lantai di Shugborough Hall, dan Monumen yang dijelaskan sebelumnya. Beberapa mempercayai bahwa jika itu dapat dipecahkan, maka akan memberikan petunjuk ke sebuah cawan suci (Holy Grail). Beberapa orang juga mengatakan arti dari huruf-huruf itu adalah “Orator Ut Omnia Sunt Vanitas Ait Vanitas Vaniatatem” yang berarti “Kesia-siaan Belaka, Demikianlah Firman Pengkhotbah, Semua Adalah Kesia-siaan.” Namun tidak ada yang tahu mengenai kebenarannya.

Referensi: http://www.tahupedia.com