Short Stories : Janganlah Memaksa

image

Seorang kakek sedang berjalan-jalan sambil menggandeng cucunya di jalan pinggiran pedesaan. Mereka menemukan seekor kura-kura. Anak itu mengambilnya dan mengamat-amatinya. Kura-kura itu segera menarik kakinya dan kepalanya masuk di bawah tempurungnya. Si anak mencoba membukanya secara paksa.
“Cara demikian tidak pernah akan berhasil, nak!” kata kakek, “Saya akan mencoba mengajarimu.”
Mereka pulang. Sang Kakek meletakkan kura-kura di dekat perapian. Beberapa menit kemudian, kura-kura itu mengeluarkan kakinya dan kepalanya sedikit demi sedikit. Ia mulai merangkak bergerak mendekati si anak.
“Janganlah mencoba memaksa melakukan segala seuatu, nak!” nasihat kakek, “Berilah kehangatan dan keramahan, ia akan menanggapinya.”

Sumber

“Anda bukanlah orang lain dan orang lain bukanlah anda”. Ini sepatah frase yang menggambarkan bahwa manusia berbeda-beda satu sama lain. Tidak ada yang sama di bumi ini, semuanya penuh dengan keanekaragaman. Perbedaan seharusnya mendatangkan keindahan sebab dalam persamaan tidak ada yang menonjol sedangkan dalam keanekaragaman ada keunikan tersendiri.Lagipula di dunia ini tidak ada yang sempurna. Setiap orang yang memiliki kelebihan pasti juga memiliki kelemahan. Justru dalam posisi inilah semua pihak ada untuk saling melengkapi satu sama lain. Tidak berhak rasanya untuk memaksakan kehendak kepada orang lain yang jelas-jelas tidak mampu ia penuhi. Oleh karena itu sebaiknya kita santai saja dalam bergaul dengan orang lain agar lebih-kurangnya tidak begitu mencolok.